Review

Menikmati Airy Rooms di Makassar

Halaman depan website Airy Rooms

Mungkinkah hotel di bawah Rp.300.000,- menawarkan kenyamanan? Mungkin saja. Ini adalah cerita mencoba layanan Airy Rooms di Makassar.

HOTEL. Dua tahun belakangan ini saya sungguh akrab dengan kata yang satu itu – selain penerbangan. Pekerjaan mengharuskan saya melintasi udara Indonesia, mendatangi kota dari barat di Sumatera hingga kota paling timur di Papua. Karena pekerjaan itu akhirnya saya akrab dengan yang namanya penerbangan dan hotel. Satu sebagai media untuk berpindah pulau, satu lagi sebagai media mengistirahatkan tubuh selepas pekerjaan berat.

“Tiket sudah di-email ya,”

“Voucher hotel sudah dikirim tadi,”

Baca juga: Dari hotel berbintang ke hotel Rp.60rban.

Dua pesan yang begitu akrab dan menjadi bagian hidup dalam kurun dua tahun ini. Menyenangkan, karena pundi-pundi pengalaman hidup saya bertambah. Pun dengan jumlah provinsi yang sudah saya datangi di Indonesia.

Mencari Hotel yang Pas

Bila perjalanan tersebut adalah perjalanan karena dinas maka tentu saja saya tidak perlu pusing untuk memikirkan di hotel mana saya akan menginap. Semua diurus kantor sesuai standar, saya tinggal turun dari pesawat, menumpang taksi, chek in dan voila! Saya sudah terlelap di kamar hotel.

Berbeda bila saya melakukan perjalanan sendiri, utamanya untuk urusan perjalanan berlibur. Mencari hotel adalah sebuah pekerjaan yang mutlak dilakukan dan tentu saja membutuhkan banyak pertimbangan.

Pertama soal biaya. Karena saya bukan seorang yang punya rekening gendut seperti perut seorang pria yang jarang berolahraga, maka tentu saja biaya menjadi pertimbangan utama. Sebisa mungkin saya akan mencari hotel yang murah, harga terjangkau tapi tetap nyaman untuk dinikmati selama berlibur.

Sayangnya, pilihan untuk itu tidak terlalu banyak, apalagi standar murah bagi saya berarti harga di bawah Rp.300.000,- per malam. Susah bukan?

Tapi saya rasa saya cukup beruntung. Beberapa kali berlibur baik di Jakarta ataupun ketika berlibur di Lombok, saya bisa menemukan hotel dengan harga murah tapi nyaman. Dua-duanya menggunakan layanan hotel dari Airy Rooms.

Saya sudah lupa berapa kali saya menginap di hotel Airy Rooms di Jakarta. Mungkin lebih dari lima kali. Sedangkan layanan Airy Rooms di Lombok saya nikmati sekali ketika berlibur bersama istri November tahun lalu.

Terus terang awalnya ragu juga. Dengan harga di bawah Rp.300.000,- semalam, kenyamanan seperti apa yang bisa didapatkan? Apalagi perjalanan dilakukan berdua dengan istri. Jangan-jangan mau cari yang nyaman jatuhnya malah tidak bisa tidur, kegerahan, ada kecoak, ribut, atau semacamnya. Percayalah, kami sudah pernah merasakan yang seperti itu dan itu bukan pengalaman yang ingin kami ulang lagi.

Ketika pertama kali mencoba pelayanan Airy Rooms di Mataram, Lombok tahun lalu, kekhawatiran saya hilang. Lenyap tak berbekas. Rupanya dengan harga yang tak sampai Rp.300.000,- pelayanan yang kita terima justru jauh di atas itu.

Lokasi hotel yang strategis, tidak jauh dari pusat keramaian, kamar yang luas dan nyaman dan layanan yang juga sama nyamannya, benar-benar paduan yang membuat kami tidak percaya kalau harga semalamnya di bawah Rp.300.000,-.

Akhirnya jadi semacam koleksi tas Airy Rooms x))

Berikutnya, kami sudah seperti berlangganan dengan Airy Rooms. Beberapa kali perjalanan ke Jakarta kami juga memilih menggunakan layanan Airy Rooms. Saya sampai seperti seorang kolektor tempat alat mandinya Airy Rooms, ha-ha-ha. Sudah ada beberapa tempat alat mandi Airy Rooms yang saya bawa pulang. Selain karena bentuknya yang pas, juga karena warna birunya yang segar.

Airy Rooms di Makassar.

Oke, fix sudah saya menempatkan Airy Rooms sebagai pilihan untuk hotel yang murah tapi nyaman di beberapa kota di Indonesia. Tapi, bagaimana dengan Makassar? Apakah kualitas Airy Rooms-nya juga sama nyamannya?

Kebetulan akhir bulan April yang lalu saya ingin staycation di dekat Pantai Losari, jadi bisa sekalian mencicipi Airy Rooms di Makassar.

Kalau mengecek dari website resmi Airy Rooms, jumlah hotel yang bekerjasama dengan jaringan Airy Rooms di Makassar memang masih terbilang sedikit. Jumlahnya baru 34 hotel. Tersebar dari bagian timur kota di daerah Panakkukang hingga bagian pusat dan barat kota Makassar di sekitaran Pantai Losari. Kisaran harganya pun beragam, dari angka di atas Rp.300.000,- hingga yang antara Rp.140.000 dan Rp.200.000.

Karena saya tinggal di sekitaran timur kota tidak jauh dari Panakkukang, maka saya berniat mencoba layanan Airy Rooms yang ada di bagian timur kota, tidak jauh dari pusat kota Makassar dan tidak jauh dari ikon kota Makassar: Pantai Losari.

airy rooms di Makassar
Halaman pemesanan Airy Sawerigading Sutomo Makassar

Setelah memilah dan memilih, saya menjatuhkan pilihan pada Airy Sawerigading Sutomo yang letaknya berada di antara Jln. Doktor Sutomo dan Jln. Emmy Saelan. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Losari, kira-kira 1 Km dan bisa ditempuh dengan jalan kaki santai di pagi atau sore hari. Pas lah, kata saya. Ada ketakutan bila terlalu dekat dengan Pantai Losari bisa-bisa suasana akan telalu ramai, apalagi periode menginap saya adalah akhir pekan. Tahu sendiri kan bagaimana raminya Pantai Losari di akhir pekan?

Ternyata pilihan saya tidak salah. Airy Sawerigading Sutomo yang jadi salah satu jaringan Airy Rooms di Makassar memang memberikan layanan yang prima, jauh di atas harga yang dibayar. Dengan harga per malam di bawah Rp.300.000,- . Hotel Airy Sawerigading Sutomo adalah pilihan tepat untuk menghabiskan waktu, entah itu alasan berlibur, bisnis atau bersama keluarga.

Airy Rooms di Makassar
Bagian depan Airy Sawerigading Sutomo
Airy Rooms di Makassar
Lobby Airy Sawerigading Sutomo

Kamar yang luas dan nyaman, kamar mandi yang bersih –dan tentu saja dilengkapi dengan tas alat-alat mandi khas Airy Rooms serta lokasi yang tepat memang memenuhi syarat untuk jadi pilihan. Kualitas layanan Airy Rooms memang sepertinya dibuat standar, tidak peduli di mana lokasinya. Menginap di salah satu Airy Rooms di Makassar sama nyamannya dengan pengalaman menginap di jaringan Airy Rooms lainnya yang pernah saya coba di Jakarta dan Lombok.

Kesimpulannya, menginap di Airy Rooms bisa jadi pilihan yang pas untuk kebutuhan bisnis, liburan atau bahkan keluarga. Harga yang terjangkau tidak lantas membuat layanannya jadi abal-abal. Bahkan, bisa jadi layanan yang kita terima harganya jauh dari yang kita bayarkan. Setidaknya itu yang saya rasakan.

Jadi, ketika kamu memilih untuk datang ke kota Makassar, baik untuk urusan liburan, bisnis atau bersama keluarga, maka hotel Airy adalah solusi akomodasi terbaik di Makassar. Percayalah, it will be comfortable! [dG]

About Author

a father | passionate blogger | photographer wannabe | graphic designer wannabe | loves to read and write | internet junkie | passionate fans of Pearl Jam | loves to talk, watch and play football | AC Milan lovers | a learner who never stop to learn | facebook: Daeng Ipul| twitter: @dgipul | ipul.ji@gmail.com |

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.