Sebuah kolaborasi melalui konten YouTube yang bisa menginspirasi banyak orang di tengah masa pandemi ini.


“Permisiii! Paket!”

Ah, suara itu rasanya cukup menyenangkan bukan? Suara yang bisa tiba-tiba membuat kita bersemangat untuk membuka pintu. Bersemangat menemui orang yang mengeluarkan suara tersebut, yang biasanya seorang pria dengan seragam khusus dan kotak di tangannya. Kotak yang biasanya sudah kita nantikan. Kotak dari sebuah market place yang beberapa hari lalu mengisi waktu kita.

Selama masa pandemi, tercatat aktivitas belanja daring atau belanja online meningkat sampai 28,9%. Jumlah yang cukup siginifikan mengingat banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah selama masa karantina dan usaha memutus rantai penyebaran Covid 19. Aktivitas belanja daring itu baik melalui aplikasi pemesanan daring, maupun lewat market place. Bisa dibilang, kehadiran usaha belanja daring ini cukup memberi warna di tengah suramnya kehidupan kita di masa pandemi.

Beberapa public figure juga mengakui kalau aktivitas belanja daring mereka juga meningkat cukup pesat selama masa pandemi. Gabungan antara bosan di rumah dan menahan diri untuk tidak keluar rumah membuat mereka menghabiskan waktu di aplikasi belanja daring yang biasanya berakhir dengan mengisi keranjang.

Kalau bicara soal belanja daring, maka tentu kita tidak bisa lepas dari yang namanya kurir kan? Tidak mungkin dong kita belanja daring, tapi barangnya diambil sendiri. Itu kan aneh. Belanja daring berarti butuh jasa kurir dan logistik yang membantu penyaluran barang dari produsen atau pengecer kepada para konsumen yang berbelanja.

Survei juga mencatat bahwa bisnis kurir dan logistik tumbuh cukup positif di tengah masa pandemi seperti sekarang. Bisnis ini dianggap sebagai salah satu bisnis yang masih bertahan di tengah pandemi di saat banyak bisnis lain mulai melemah atau bahkan terancam sekarat.

Dari beberapa jasa penyedia layanan kurir, salah satu yang cukup konsisten untuk berpartisipasi adalah Ninja Xpress. Ninja Xpress adalah salah satu usaha pengiriman yang berkomitmen untuk mendukung usaha lokal, utamanya usaha kecil dan menengah di masa pandemi ini untuk tumbuh bersama. Di masa pandemi ini pun, Ninja Xpress juga menjadi salah satu usaha pengiriman yang ikut memberi kontribusi positif.


Suasana di sebuah konter Ninja Xpress, sumber: Tribun News

“Kenaikan kiriman kita mencapai 2,5 sampai 3,5 lipat saat ada porogram sale 11-12 di 2019. Kita saat ini memang bertumpu pada bisnis e-commmerce. Kenaikan bisnis ini sampai 20 persen setiap tahunnya,” kata Head of Brand Reputation Ninja Xpress Ribka Pratiwi yang saya kutip dari laman Tribun News.

Kolaborasi yang Menginspirasi

Pertumbuhan positif tersebut ternyata tidak ingin dinikmati sendiri oleh Ninja Xpress. Selama bulan Juli hingga September 2020, Ninja Xpress berkolaborasi dengan orang-orang yang menginspirasi untuk berbagi pengalaman dan ilmu melalui kanal YouTuber resmi mereka @Ninjaxpressid.

Mereka punya program kampanye yang bernama #ObsesiUntukNegeri yang bekerjasama dengan konten kreator lokal untuk mendukung UMKM, dan brand lokal. Mereka membuat konten-konten YouTube yang salah satu tujuannya adalah bersiap menghadapi situasi normal yang baru atau new normal.

Konten-konten tersebut dibagi dalam beberapa tema seperti Jajal, yang berisi konten yang berusaha membuktikan kualitas produk lokal yang dianggap layak bersaing di pasar. Lalu ada juga segmen Bedah (berita daerah) yang memberikan informasi tentang sebuah produk dari UMKM di daerah tertentu yang dianggap berkualitas.

Salah satu segmen yang menarik adalah Obrol Obsesi. Di segmen ini dihadirkan kisah-kisah inspiratif dari beragam orang yang diharapkan bisa memberikan semangat baru untuk kita semua. Semangat yang sangat dibutuhkan saat musim pandemi yang cukup memukul mental ini.


Salah satu episode Obrol Obsesi

Saat ini Ninja Xpress sedang berkolaborasi dengan Yayasan Pita Kuning untuk mengisi konten di segmen Obrol Obsesi tersebut. Yayasan Pita Kuning adalah sebuah yayasan yang fokus pada anak-anak dengan kanker. Awalnya ini adalah sebuah inisiatif kecil dari radio Hard Rock FM Jakarta untuk anak-anak penderita kanker di Rumah Sakit Kanker Dharmais tahun 2006 yang lalu berkembang menjadi sebuah komunitas bernama Community for Cildren with Cancer (C3). Komunitas itu kemudian berubah menjadi Yayasan Pita Kuning.

Kolaborasi antara Ninja Xpress dan Yayasan Pita Kuning melalui konten YouTube di segmen Obrol Obsesi adalah untuk memberikan ruang bagi Yayasan Pita Kuning untuk membagikan kisah-kisah mereka. Selain itu, ada juga kisah-kisah inspiratif dari anak-anak dengan kanker yang terus bertahan dan bersemangat. Di segmen ini, Ninja Xpress juga ingin memperlihatkan komitmen mereka untuk tumbuh bersama UMKM yang salah satunya adalah memberikan diskon pengiriman barang kepada anak-anak pita kuning, atau anak-anak dengan kanker.

Salah satu video di kanal YouTube Ninja Xpress yang sudah berkolaborasi dengan Yayasan Pita Kuning dapat disimak di sini: https://bit.ly/Obsesi_E2_DG


Salah satu kegiatan Yayasan Pita Kuning

Lewat kolaborasi ini, Ninja Xpress dan Yayasan Pita Kuning ingin berbagi inspirasi dan semangat dari inisiatif mereka maupun dari kisah anak-anak dengan kanker tersebut. Konten ini diharapkan bisa mendorong lebih banyak orang untuk menjadi pendukung kegiatan Yayasan Pita Kuning. Baik sebagai donatur yang membantu dengan obat-obatan, maupun sebagai bagian dari support system yang tetap menyemangati anak-anak dengan kanker. Dengan dukungan pengobatan, perawatan, dan support system yang memadai diharapkan anak-anak ini bisa terus memiliki semangat dan kebahagiaan yang akan membantu proses penyembuhan mereka.

*****

Masa pandemi akibat virus Covid 19 masih terus berlangsung. Banyak lini kehidupan kita yang terkena imbasnya. Banyak semangat yang tergerus, bahkan mungkin ada harapan yang memudar. Tapi tidak seharusnya kita terus berada dalam situasi seperti itu. Selalu ada harapan meski sekecil apapun itu. Harapan yang harus tetap dibiarkan menyala agar jalan masa depan bisa tetap kita jelang.

Apa yang dilakukan oleh Ninja Xpress yang berkolaborasi dengan Yayasan Pita Kuning adalah salah satu upaya untuk membagi inspirasi dan semangat. Belajar dari usaha Yayasan Pita Kuning dan cerita inspirasi dari anak-anak dengan kanker tersebut, semoga kita pun tertular semangat itu. [dG]

About Author

a father | passionate blogger | photographer wannabe | graphic designer wannabe | loves to read and write | internet junkie | passionate fans of Pearl Jam | loves to talk, watch and play football | AC Milan lovers | a learner who never stop to learn | facebook: Daeng Ipul| twitter: @dgipul | ipul.ji@gmail.com |

Comments (1)

  1. Di Jogja, Ninja ini ada dekat kosan. Bahkan kawan mahasiswa yang satu kos denganku kerja di sini. Hehehhehehe

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.