Random Post

Grup Tidak Bermutu ?

Wajah-wajah anggota grup "Tidak Bermutu" itu

Milis Blogger Makassar sedang heboh. Sebuah email dari seorang anggota tiba-tiba memancing reaksi dari beberapa anggota yang lain. Ini ada kaitannya dengan banjir email dalam sehari yang biasanya cukup menyiksa bagi para anggota yang belum akrab, apalagi bagi yang menggunakan email selain gmail dan applikasinya. Berikut adalah ceritanya :

Sebuah email dengan tajuk : pengen keluar dan isinya : Gua Pengen keluar dari group nggak bermutu ini gimana caranya….? masuk ke milis Blogger Makassar hari Jumat malam. Dengan segera email ini mendapat sambutan luar biasa dari para member aktif milis Blogger Makassar. Dari yang serius menunjukkan arah jalan keluar hingga yang isinya becanda dan terkesan mengerjai si pengirim email. Belakangan thread dengan judul pengen keluar itu isinya malah sudah ke mana-mana alias Out Of Topic ( OOT ) dan dalam kurun waktu sekitar 3 jam isi emailnya sudah mencapai 100 email.

Sang pembuat email adalah pengguna akun yahoo mail, selama ini memang dia tidak pernah ikut berinteraksi di milis Blogger Makassar, bahkan tidak jelas kenggotaannya karena memang tidak pernah ikut acara Anging Mammiri juga. Seingat saya ?cuma sekali dia mengirim email, isinya cuma menawarkan beberapa kopi film silat, khususnya film silat jaman dulu.

Ada point yang menarik buat saya pada email minta keluar tersebut. Kata-kata “group yang nggak bermutu” sedikit banyak mengusik saya. Benarkah grup ini adalah grup nggak bermutu ?

Kalau melirik isi milis Blogger Makassar, sepintas memang apa yang disebutkan si orang itu ada benarnya. Anda hanya akan menemukan 98% thread yang isinya amburadul dan tidak jelas. Judul threadnya ke mana, isinya ke mana. Itu belum termasuk tingkat keaktifannya yang luar biasa,dalam sehari bisa ratusan email yang masuk dan seperti biasa, sebagian besarnya memang berisi hal-hal tidak penting.

Hal-hal tidak penting apa gerangan ? Saya kasih contoh thread berjudul ABSEN. Isinya ya absensi anggota, jam berapa dan posisi di mana. Bagi sebagain orang thread ini mungkin sangat tidak penting, buat apa sih tahu posisi orang lain ? buat apa sih mengetahui orang lain lagi ngapain ? gak penting banget kan ? Apalagi isi thread ini kemudian makin lama makin tidak jelas, bahkan kadang berubah seperti obrolan chating antara satu anggota dengan anggota lainnya. Tidak ada bedanya dengan chatting via YM yang kemudian dimasukkan ke milis dan dibaca orang banyak. Sungguh mengganggu bagi sebagian orang yang merasa tidak punya hubungan dengan isi percakapan selain menambah-nambah isi inbox dengan hal-hal tidak penting.

Kurang lebih dua tahun yang lalu ada anggota milis yang protes keras soal ini, beliau kemudian mengusulkan semacam pembaharuan di mana milis diharapkan berisi lebih banyak email berguna, entah informasi seputar blogging atau informasi lainnya, bukan sekedar hal remeh temeh yang tidak berguna. Tak berapa lama setelah anjuran itu keluar, milis menjadi sepi . Hampir sepanjang 2010 milis Blogger Makassar menjadi sangat sepi, hanya puluhan email setiap bulannya. Ini sebagian karena efek himbauan tersebut di samping karena memang nyaris sepanjang 2010 Anging Mammiri sedang dalam masa vakum.

Baru setelah lepas Pesta Blogger 2010 ( bulan Oktober ) milis kembali ramai. OOT dan email remeh temeh kembali meramaikan milis, milis kembali hidup oleh keceriaan seperti yang dulu biasa dinikmati. Istilah Intan, milis sedang lucu-lucunya.

Kemudian, apakah kegiatan itu benar-benar tidak bermutu dan berguna ?

Jawabannya pasti relatif. Bagi yang berniat serius bergabung untuk mendapatkan informasi tentang blog dan lain-lain maka email remeh temeh tersebut pasti dianggap menganggu dan tidak ada gunanya. Tapi bagi kami yang menganggap kebersamaan dan keakraban sebagai pondasi utama dalam membangun komunitas maka email remeh temeh itu jadi bahan bakar utama.

Saya tidak bisa membayangkan bagaimana susahnya membangun kebersamaan di antara para anggota Anging Mammiri bila seluruh pembicaraan harus serius dan berbobot. Anak-anak AM bukan tipe anak-anak yang bisa selalu serius, bahkan dalam meeting persiapan kegiatanpun pembicaraan pasti menjadi ke mana-mana kalau tidak betul-betul dikawal dengan baik. Kebersamaan dibangun justru lewat joke-joke ringan di milis, tukar menukar celaan, dan beragam hal ringan lainnya.

Bagi yang belum pernah ikut kopdar plus sedikit pemalu memang akan sulit untuk mengikuti ritme pembicaraan di milis, tapi bagi yang pernah ikut kopdar plus punya sedikit rasa malu untuk nimbrung ( bahasa Makassarnya : coddo? ) maka saya pastikan rasa akrab akan segera menjalari anda. Banyak anggota milis yang belum pernah bertemu muka tapi dengan keakraban yang terjalin di milis rasanya semua jadi keluarga sehingga keakraban makin terjalin.

Saya kebetulan ikut satu milis komunitas yang lain yang rasanya juga 11-12 soal aktifnya dengan milis Anging Mammiri. Meski jarang berinteraksi di sana tapi saya bisa merasakan kalau keakraban antar anggota memang lahir dari rangkaian email OOT yang remeh-temeh itu.

Jadi, kalau dibilang tidak bermutu ya mungkin memang ada benarnya kalau anda melihat dari sisi tertentu, tapi dari sisi yang lain kami justru merasakan sisi positifnya. Percayalah.

Lagipula, masih banyak kok thread yang membahas soal blogging, info gadget, sharing ilmu menulis, ilmu fotografi dan ilmu-ilmu lainnya. Walaupun memang presentasinya lebih sedikit.

Bagikan Tulisan Ini:

About Author

a father | passionate blogger | photographer wannabe | graphic designer wannabe | loves to read and write | internet junkie | passionate fans of Pearl Jam | loves to talk, watch and play football | AC Milan lovers | a learner who never stop to learn | facebook: Daeng Ipul| twitter: @dgipul | [email protected] |Connect ke Google+ profile

Comments (33)

  1. Daengrusle

    Hmmm…postingan gak mutu nih
    😀

  2. Huh! Postingan tidak bermutu! :p #dikeplak

  3. Hehhee..
    Saya juga diam2 suka baca mail dari milis yang masuk. Cuma lebih suka jadi pengamat aja deh 🙂 Kadang mau juga ikutan co’do biasanya bingung balasnya lewat mana (maklum masih katro milis 🙂 + koneksi lelet.. yah hancur dah sudah 🙂
    Satu thread yg masuk, harus benar2 cepat ngepost. krn semakin lama semakin OOT, kalo sudah panjang postnya kadang start post-nya gak kebaca lagi. So, arah pembicaraan jadi gak jelas. Yah, mungkin itu alasan si post-er “pengen keluar” :). Tapi kalo saya pribadi sih fine2 aja.. krn udah dibuatin folder khusus buat milis Blogger Makassar 🙂

  4. kejadian yang seharusnya tidak terjadi, turut prihatin ada peristiwa seperti ini ….

  5. baiknya postingan ini dimasukkan ke milis, dan cc ke para TS bersangkutan. hehehehe. *ngajak ribut*

  6. eh bermutu lho.. di tret absen ndak bermutu itu, bisa jadi tempat janjian kopdar hahaha..

  7. padahal dari milist itu banyak tercetus ide2 brilian lho….
    *benar2 komentar ndak mutu* hihihi

  8. Wah ternyata ada kerusuhan disini, semoga saja ini menjadi kritik yang membangun..
    Jangan dibalas dengan yang negatif juga..

  9. Emang iya sih kalau kebanyakan e-mail sampah dan gak jelas jadi ribet, apalagi kalo sehari terima 100 e-mail jika 7 hari gak buka e-mail Ups…. 700 e-mail unread.

    • kalo mau gampang sih pake Gmail, trus di-filter
      kalo pas buka ya gampang, tinggal select all : mark as read..
      beres..:)

  10. saya yakin milis lain yg 11-12 itu pasti sama sama gak mutunya daenggggg *di ban mendadak* LOL

  11. hahahaha yang bikin treat lupa cara subscribe mungkin hihi
    Lah klo mau milis yang mutu ikut aja milis pemerintahan :))

  12. bermutu atau tidak itu kan relatif ya…lagian..mau bermutu atau nggak, nggak masalah ah…yang penting kita hepi…hehehe 😉

  13. eh yang poto sm iqko dan rambut sebahu itu mba rara yah daeng..beda banget disini :)? *bener2 komen gak mutu*

  14. tret absen sudah menggantikan foursquare 😀 checkin nya di milis hahaha

    kalimat trakhir 😀

    “Lagipula, masih banyak kok thread yang membahas soal blogging, info gadget, sharing ilmu menulis, ilmu fotografi dan ilmu-ilmu lainnya. Walaupun memang presentasinya lebih sedikit.”

    dan ujung?nya pasti OOT *ndak mutu*

    *kaburr*

  15. Jadi teringat sebuah milis yang kemudian ‘memaksa’ saya untuk keluar 😀
    Tapi pas keluar ga pake komen INI MILIS TIDAK BERMUTU!
    Saya cukup berlalu tanpa jejak,
    jadinya malah kayak seleb dadakan karena dicariin banyak orang xixixi *gaya*

    Sepertinya memang begitu ya rata2 milis,
    tapi ada juga satu milis yg saya ikuti lumayan fokus pada segmen milis itu,
    buat yang mau OOT boleh, asal subjek nya tetap di OOT
    kalau s udah menyimpang, moderator siap2 njitakin
    kalau OOT di hampir semua subject hmmm … gimana ya

    *maafkan jika komen ini tak bermutu* Hahahaha

    • saya juga kebetulan ikut sebuah milis yang topiknya “lurus” mau OOT diharuskan pasang tag OOT
      atau..jangan2 kita ikut miis yang sama ?
      hehehehe

  16. ada gak fotoku yah? *ngaca: semoga wajahku belum bermuka tua (bermutu)* 😀

  17. Salam. pasti orang itu org itu super serius kali ya..namanya juga milis, milis bukan dihadirkan umelulu untuk berbicara hal2 selalu serius. ya mirip2 pos rondalah kalau di rt/rw. tempat gumpulx orang berbagi cerita dan kisah sampai hal2 sangat serius, dan pasti berbedalah kalau kita berada di kantor lurah. bagi saya sebuah komunitas untuk bisa bertahan mesti memberi ruang kepada setiap anggota untuk bisa mengekspresikan potensi kemanusiaan yang lumrah kita miliki, ya ada selera, common sense, daya creatif dan yang lainnya. dan semua itu harus tersalurkan. ya dengan karakter dari semua anggota yang berbeda2, semua harus diwadahi dan perhatikan.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.