Random Post

[Foto] Perjuangan Di Lapangan Hijau

Tarian di Lapangan

Sepakbola bukan sekadar permainan

Sepakbola adalah olahraga dengan jumlah penggemar terbanyak di muka bumi. Setiap ajang berskala internasional pasti mampu menyedot perhatian besar penduduk Bumi. Puncaknya adalah pada ajang Piala Dunia. Seluruh dunia tiba-tiba seperti terkena demam sepakbola, bahkan mereka yang tak suka sepakbolapun seperti terpaksa tersedot dalam pusaran demam sepakbola.

Selasa kemarin saya diminta teman-teman mendokumentasikan pertandingan final sepakbola dalam grup kantor kami. Ini bukan pertamakalinya saya duduk di pinggir lapangan dan memotret pertandingan, tapi tetap saja saya belum bisa memotret dengan baik.

Bukan pekerjaan gampang untuk mengabadikan pertandingan. Banyak faktor yang harus dipikirkan, di antaranya adalah faktor gear atau senjata. Lensa panjang tentu jadi pilihan utama mengingat jarak antar fotografer dan pemain bola yang kadang memang jauh.

Faktor lainnya adalah ?insting. Saya pernah membaca bahwa dalam memotret sebuah pertandingan di lapangan hijau, insting berperan sangat dominan. Bagaimana kita memilih lokasi yang tepat dan menangkap momen yang tepat, semua tergantung pada insting kita.

Tentu masih banyak faktor lain yang jadi perhatian dalam memotret perjuangan di lapangan hijau, dan sampai sekarang saya masih terus belajar untuk bisa memotret pertandingan sepakbola lebih baik lagi. Saya ingat dulu pernah bercita-cita menjadi fotografer olahraga, khususnya sepakbola. Kelihatannya sangat mengasyikkan karena bisa berada di pinggir lapangan hijau dan hanya berjarak beberapa meter dari superstar lapangan hijau. Plus, tak perlu membeli tiket.

Tapi, ternyata tidak segampang itu. Berada di pinggir lapangan sebagai fotografer membuat kita harus terus membuka mata dan menganalisa pertandingan untuk mendapatkan momen terbaik. Belum lagi keharusan memicingkan mata di lubang intip kamera hampir sepanjang pertandingan. Jadinya malah tidak bisa menikmati pertandingan 100%.

Okeh, berikut saya mau coba pamerkan beberapa foto yang berhasil saya tangkap di pertandingan kemarin. Dari ratusan foto yang saya tangkap, setidaknya hanya 7 ini yang saya anggap bagus. Selebihnya biasa saja kalau tidak mau dibilang jelek.

Teman-teman, saya tunggu tanggapannya.

Sang hakim garis

 

Tekel keras

 

Mengejar Bola

 

Berjibaku

 

Menunggu serangan tiba

 

Fair Play

 

 

Bagikan Tulisan Ini:

About Author

a father | passionate blogger | photographer wannabe | graphic designer wannabe | loves to read and write | internet junkie | passionate fans of Pearl Jam | loves to talk, watch and play football | AC Milan lovers | a learner who never stop to learn | facebook: Daeng Ipul| twitter: @dgipul | [email protected] |

Comments (4)

  1. inimi foto-foto yang filenya corrupt kemarin,daeng?
    itu foto yang pertama bagus tapi miringki garis horisonnya (eh, garis horison k itu namanya?) pokoknya garisnya lapangan yang ketemu sama pagar itu ehh..jadi lain2 diliat.
    heheh, sok taunya deh mama rani ;p

    saya suka foto yang berjibaku di atas 🙂

  2. Saya paling suka dengan foto “Mengejar Bola”, ada semangat, emosi, dan perjuangan di dalamnya..

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.