Perjalanan

Mending Pilih Apartemen Atau Hotel?

Semakin banyak pilihan dan semakin banyak kemudahan membuat orang zaman now banyak yang mulai lebih memilih apartemen daripada hotel. Kenapa? Simak jawabannya di artikel ini.


Sumber: beach-stay.com.au

APARTEMEN. Kata itu pertama saya kenal waktu masih kecil, mungkin sekitar akhir 80an atau awal 90an. Beberapa film drama seri produksi Amerika di televisi menggunakan apartemen sebagai setting lokasinya. Salah satunya adalah Friends. Ini sitcom favorit saya dan sebagian besar adegannya berlangsung di apartemen yang ditinggal keenam tokoh utamanya. Saya kemudian tahu kalau apartemen adalah pilihan untuk orang kota yang sudah mulai kekurangan lahan. Tidak ada pilihan lain selain rumah tinggal vertical yang tidak makan banyak lahan.

Meski sudah mengenal apartemen sejak kecil, namun saya baru merasakan tinggal di apartemen bertahun-tahun kemudian. Bahkan mungkin belasan tahun kemudian.

Saya ingat itu sekitar bulan Oktober 2010. Sebuah tugas kantor mengharuskan saya ke Jakarta bersama beberapa teman. Karena kebetulan salah seorang dari teman tim itu sudah terbiasa ke Jakarta, dia memilih memesan apartemen daripada hotel. Lebih murah, katanya.

Sepertinya memang benar. Karena untuk satu apartemen dengan dua kamar biaya sewanya lebih murah dari sebuah kamar hotel. Plus, apartemen seluas itu bisa menampung kami bertiga. Sangat murah bila dibandingkan dengan kamar hotel. Apalagi apartemen punya dapur sendiri yang memungkinkan kita memasak sendiri makanan yang kita mau. Tinggal beli bahan, dan sempatkan sedikit waktu memasak maka voila! Jadilah makanan sesuai yang kita inginkan.

Kalau ingat pengalaman itu, rasanya norak juga. Maklum, sebagai anak kampung itulah kali pertama merasakan tinggal di apartemen ha-ha-ha. Sebuah tempat yang sebelumnya hanya saya lihat di layar kaca dan akhirnya bisa saya rasakan sendiri. Menyenangkan karena apartemen sudah punya furnitur lengkap yang berkesan moderen. Benar-benar serasa di rumah, hanya lebih kecil dan tentu saja lebih lengkap.

Semakin Jamak di Zaman Now

Seiring perkembangan zaman, ternyata menyewa apartemen jadi semakin umum. Orang-orang yang bepergian akhirnya banyak yang lebih memilih untuk menyewa apartemen daripada hotel. Apalagi untuk mereka yang bepergian bersama keluarga atau dalam jumlah lumayan besar.

Alasan pertama tentu saja karena harga. Harga sewa satu apartemen jelas lebih murah daripada harus menyewa beberapa kamar hotel. Plus, dengan satu apartemen semua kebutuhan sudah bisa terpenuhi. Semua bisa berkumpul bersama, bisa bercengkerama dan bahkan bisa memasak bersama. Seperti villa, hanya saja ini letaknya di kota besar dan disainnya lebih moderen.


Sumber: Traveloka

Di artikel ini, ada beberapa penjelasan kenapa apartemen lebih sering dipilih daripada hotel.

Ada beberapa alasan. Pertama soal harga dan ukuran. Memilih apartemen jelas memberikan keunggulan daripada hotel. Harga sewa apartemen lebih murah dibanding hotel, apalagi kalau kamu datang dalam jumlah lebih dari satu dan berniat tinggal lebih lama. Menyewa apartemen jelas lebih menguntungkan karena harganya yang lebih murah daripada hotel.

Alasan lain adalah kelengkapan fasilitas. Apartemen biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas standar yang memadai. Dari televisi, wifi, pendingin ruangan sampai tentu saja peralatan mandi dan kamar tidur. Sebagai tambahan, apartemen juga punya furnitur lain sebagai pelengkap seperti sofa atau bahkan ruang kerja. Cocok buat yang bepergian untuk urusan bisnis.

Satu lagi tambahannya; apartemen biasanya sudah dilengkapi dengan dapur. Ini sangat membantu buat mereka yang hobi memasak atau punya waktu luang untuk lebih mendekatkan diri bersama pasangan atau teman. Memasak bersama tentu lebih berkesan daripada sekadar memesan makanan dari luar, bukan?

Tapi apartemen juga punya kekurangan. Biasanya kekurangannya ada di soal servis. Apartemen tidak punya servis 24 jam seperti hotel. Jadi, setidaknya kita sebagai penyewa harus siap untuk memenuhi kebutuhan sendiri karena tidak ada bell boy yang bisa dimintai tolong 24 jam.

Tapi sepertinya ini bukan masalah besar, bukan? Toh kita sudah bisa mengantisipasinya dari awal.

Alasan itulah kiranya yang membuat pemesanan apartemen jadi semakin jamak di zaman now. Banyak orang yang kemudian lebih memilih untuk memesan apartemen daripada hotel.

Hal lain yang juga ikut mendorong semakin banyaknya orang memilih apartemen daripada hotel adalah semakin banyak tawaran apartemen yang disewakan harian. Selain itu, aplikasi untuk memesan apartemen juga semakin banyak. Salah satunya adalah Traveloka. Kita bisa cari apartemen di Traveloka dengan sangat mudah, benar-benar tanpa harus mengeluarkan keringat. Maka lengkaplah sudah. Pilihan makin banyak, cara memesan pun makin mudah.

*****

Sejak kejadian di Jakarta tahun 2010 itu saya memang belum pernah lagi mencoba menyewa apartemen harian. Selama ini saya lebih banyak memilih tinggal dari hotel ke hotel. Mungkin karena sebagian besar perjalanan saya dibiayai kantor yang artinya saya tidak bisa memilih mau tinggal di mana. Tapi sepertinya saya ingin mencoba kembali menghabiskan hari di tempat wisata dengan tinggal di apartemen harian.

Mungkin di lain waktu, ketika ada kesempatan lagi berlibur bersama pasangan saya akan memilih menginap di apartemen harian. Toh sekarang pilihannya makin banyak dan memilihnya pun makin mudah.

Bagaimana dengan kalian? Lebih memilih hotel atau apartemen? [dG]

About Author

a father | passionate blogger | photographer wannabe | graphic designer wannabe | loves to read and write | internet junkie | passionate fans of Pearl Jam | loves to talk, watch and play football | AC Milan lovers | a learner who never stop to learn | facebook: Daeng Ipul| twitter: @dgipul | ipul.ji@gmail.com |

Comments (4)

  1. Kalau perjalanan sendiri bagiku hotel tetap menjadi pilihan. Tapi kalau misalkan membawa beberapa anggota keluarga. Apartemen bisa menjadi opsi yang baik. Kita lihat terlebih dahulu persyaratan boleh berapa orang dan yang lainnya. Heehehehe

  2. Dua-duanya boleh, apalagi kalau ratenya terjangkau. Wkwkwk.
    Tapi selama ini kalau pergi-pergi sekeluarga sih nginapnya selalu di hotel, selain itu ya di rumah keluarga. Belum pernah coba apartemen heuheuheu.

  3. ku lebih suka hotel karena ada cleaning room service jadi dimanjakan banget 😀

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.