Internet

Paket Bukan Kaleng-Kaleng


Saya baru tahu kalau istilah “bukan kaleng-kaleng” itu ternyata istilah nasional. Tadinya saya kira itu istilah domestik di Papua.


Istilah ini pertama kali saya dengar di Jayapura, diucapkan oleh seorang teman. Saya lupa awalnya bagaimana, tapi sepertinya dia merujuk ke sesuatu yang benar-benar asli dengan kualitas yang bagus. Tadinya saya kira istilah itu adalah istilah khas orang Papua di kota Jayapura. Apalagi karena beberapa waktu kemudian saya melihat seorang anak muda mengenakan kaos oblong dengan tulisan “bukan kaleng-kaleng”.

Belakangan saya tahu kalau ternyata istilah itu menasional. Digunakan banyak orang di manapun di Indonesia. Bahkan di Jakarta. Berarti fix, saya saja yang kurang gaul dan baru tahu soal istilah itu. ha-ha-ha-ha.

Istilah “bukan kaleng-kaleng” digunakan untuk memuji kualitas sesuatu atau seseorang. Kualitasnya dianggap bagus sehingga digambarkan bahwa kualitasnya tidak seperti kualitas kaleng. Tahu sendiri kan? Kaleng itu gampang penyok, gampang rusak kalau terbentur. Jadi sesuatu atau seseorang yang dianggap tangguh wajar bila diberi label “bukan kaleng-kaleng”.

Unlimited Beneran Bukan Kaleng-Kaleng.

Istilah “bukan kaleng-kaleng” ini kembali masuk ke kepala saya ketika beberapa hari lalu tanpa sengaja saya terantuk pada laman Smartfren. Provider yang satu ini meluncurkan starter pack baru yang mereka beri nama Starter Pack Unlimited 4G Lite.


Smartfren Unlimited 4G

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, saya dan Smartfren ini sudah seperti teman lama. Smartfren sudah sering sekali menemani saya ke mana-mana. Ke banyak tempat di Indonesia. Bersama sebuah Mifi milik Smartfren, saya bisa mendapatkan koneksi internet yang lancar di tempat yang ada layanan Smartfren-nya. Sayangnya karena mereka belum membuka layanan di Papua, sehingga untuk sementara saya harus berpisah dari Smartfren.

Tapi meski berpisah, ternyata saya masih sering menengok layanan-layanan baru mereka. Termasuk layanan baru yang menggunakan slogan “unlimited beneran bukan kaleng-kaleng”.

Layanan bernama Super 4G Unlimited ini dilepas dengan dua varian: Super 4G Unlimited Lite 50 Rb dan Super 4G Unlimited 75Rb.


Paket unlimited 4G lite

Untuk paket Rp.50 Rb, kita mendapatkan batas pemakaian wajar 500 Mb setiap hari dan berlaku selama 24 jam. Selain itu ada juga bonus gratis menelepon ke sesama Smartfren. Sedang untuk paket Rp. 75 Rb kita akan mendapatkan batas pemakaian wajar 1 Gb setiap hari dengan keuntungan lain yang sama dengan paket Rp. 50 Rb. Untuk kedua paket itu juga diberikan bonus bebas menelepon ke semua operator selama 10 menit.

Paket Super 4G Unlimited ini bisa digunakan untuk semua layanan internet. Dari email, chat, media sosial sampai video streaming dan berlaku selama 28 hari.

Batas pemakaian wajar yang ada di setiap paket itu artinya kita bisa menggunakannya sampai dengan kecepatan maksimum. Ketika batas pemakaian itu sudah terlewati, maka kecepatan otomatis akan disesuaikan menjadi 128 Kbps. Memang agak turun, tapi masih cukup lumayan kan? Paling penting, tidak ada batas kuota pemakaian.

Ini yang paling sering jadi kendala bila menggunakan paket internet selular. Batas kuota. Kecepatan memang selalu stabil, tapi bila ada batas kuota rasanya koq ya sayang. Bisa saja kita lagi enak-enaknya menjelajah internet, tiba-tiba sambungan terputus karena kuota sudah habis. Dengan Super 4G Unlimited dari Smartfren ini, kekuatiran itu tidak perlu terjadi. Kuotanya benar-benar tidak terbatas atau unlimited sesuai batas waktu aktifnya paket. Hanya kecepatannya saja yang berkurang bila batas wajar pemakaian per hari sudah terlewati.

Penawaran Smartfren ini lebih bagus bila dibandingkan dengan penawaran kompetitor lainnya. Kenapa? Karena di provider lain, kuota unlimited ada yang hanya bisa digunakan di aplikasi tertentu, ada juga yang hanya bisa digunakan di waktu-waktu tertentu dan tetap memakan kuota utama. Ada juga provider yang FUP-nya tidak diberikan setiap hari sehingga kecepatan mudah turun.

Kelebihan lain dari penawaran unlimited dari Smartfren ini adalah kesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah. Beli pulsa dan paket berarti otomatis nomor kita akan diikutkan dalam undian Smartfren WOW yang hadiahnya memang wow. Hadiah utamanya satu unit rumah bok!

Kalau saya pribadi, lebih suka membeli paket unlimited daripada paket berbasis kuota. Karena alasan itu tadi, lebih baik kecepatan yang turun sedikit daripada kuota yang habis. Apalagi kalau bicara soal Smartfren, saya bisa meyakinkan kalau jaringannya stabil.  Di Makassar, saya rasa Smartfren ini bisa dipakai di sudut mana saja di kota itu. Tidak seperti jaringan seluler lain yang kadang tidak maksimal di beberapa titik di kota Makassar.

Bukan cuma di Makassar, di sebagian besar daerah di Sulawesi Selatan pun, Smartfren masih tangguh.

Saya pernah menggunakannya ketika berada di salah satu desa di Enrekang, dan di Bulukumba. Padahal di dua tempat itu, jaringan seluler lain sudah tidak bisa mengakses internet. Tapi Smartfren masih lancar jaya. Benar-benar bukan kaleng-kaleng.

*****

Begitulah sodara-sodara. Berawal dari istilah “bukan kaleng-kaleng”, saya jadi terantuk pada produk baru Smartfren ini. Rasanya memang kangen mau menggunakan layanan Smarfren lagi. Teringat masa-masa ketika Smartfren banyak membantu saya di banyak tempat di Indonesia. Layanannya memang bukan kaleng-kaleng. Persis seperti istilah yang lagi ramai itu. [dG]

About Author

a father | passionate blogger | photographer wannabe | graphic designer wannabe | loves to read and write | internet junkie | passionate fans of Pearl Jam | loves to talk, watch and play football | AC Milan lovers | a learner who never stop to learn | facebook: Daeng Ipul| twitter: @dgipul | ipul.ji@gmail.com |

Comments (4)

  1. Saya 2017 an masih memakai mifi, dulu untuk kalau di kosan butuh internet cepat buat streaming bola atau yang lainnya. Dapat mifi karena ada kopdar Smartfren di Jogja. Sekarang jarang terpakai, barangnya masih ada, untuk sekadar cadangan kalau butuh jaringan lebih di kosan lagi ahahhahha

  2. cocok ni buat aku yang sering menggunakan kuota internet, biar gak boros gitu. emang bener gak kaleng-kaleng ya

  3. Smartfrenn emang juara banget kalo soal kartu dan paket data, soalnya murah banget dan internetnya kenceng banget asli

  4. Penawarannya menarik, Daeng. Tapi apa daya saya belum bisa ikut paketan 4G. Ponselnya masih 3G soalnya. Hehehe…

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.