Internet

Pilih Canon atau Nikon ?

Hayo, pilih Canon atau Nikon ?

Sebelumnya saya mau minta maaf dulu kepada suhu-suhu fotografi karena lancang membuat artikel seperti ini. Tanpa bermaksud sombong, karena sebenarnya saya juga masih baru belajar untuk memotret, artikel ini semata-mata saya buat berdasarkan pengalaman saya, sekaligus berbagi kepada teman-teman yang mungkin memerlukan.

Dua hari ini seorang teman, sebut saja Gerhana Pink ( nama sengaja disamarkan demi keamanan si pelaku ) sedang kebingungan untuk menentukan pilihan antara kamera Canon atau Nikon. Entah mendapat kucuran dana dari mana, tapi anak muda itu tiba-tiba berkeinginan kuat untuk membeli kamera DSLR, padahal selama ini setahu saya dia anak muda yang hidup dalam kemelaratan karena uangnya lebih banyak dihabiskan untuk membiayai sejumlah gadis yang jadi tanggungannya.

Pertanyaan yang diajukan si Gerhana adalah pertanyaan biasa yang diajukan oleh para penggemar fotografi pemula. Canon dan Nikon adalah dua produsen besar dalam dunia fotografi, istilahnya dua agama terbesar dengan pengikut terbanyak. Sebenarnya masih ada merek lain sebangsa Sony, Pentax, Panasonic, Hasselblad atau merek yang bisa bikin miskin dalam sekejap, Leica tapi entah kenapa Canon dan Nikon sudah terlanjur lekat di kepala penggemar fotografi sehingga pilihan pertama biasanya jatuh kepada dua merek dari Jepang itu.

Kebetulan saya pernah memegang keduanya, minimal menjepret seratus-dua ratus jepretan dan cukup lama menggenggam kedua merek tersebut. Dulu di awal-awal berkeinginan belajar fotografi saya juga sempat bertanya hal yang sama ke beberapa orang yang sudah lebih dulu kenal fotografi. Jawabannya beragam, ada yang secara frontal menyarankan Canon ada juga yang sebaliknya dan malah berkata : emangnya mau beli mesin fotokopi? kalau kamera ya jelas Nikonlah.

Ketika kemudian saya mencoba menggunakan keduanya dalam waktu yang berbeda dan agak lama, saya meyakini kalau jawaban salah seorang suhu fotografi idola saya adalah benar. Lelaki yang tidak perlu saya sebutkan namanya itu bilang : Canon atau Nikon sama saja, yang penting nyaman memakainya dan yang penting siapa yang memakainya.

Nah, jawaban inilah yang kemudian saya ulang setiap kali ada yang bertanya, lebih bagus mana Canon atau Nikon? Dan lewat tulisan ini juga saya mau coba berbagi kepada teman-teman yang mungkin bernasib sama dengan Gerhana, sama-sama bingung memilih Canon atau Nikon.

Berikut adalah pertimbangannya :

  • Pertimbangkan tentang dana. Kalau nama anda tidak berakhiran Bakrie atau bukan anak kandung OC Kaligis, maka soal dana pasti jadi perhatian utama. Harga Canon dan Nikon sebenarnya tidak berbeda jauh, apalagi kalau membandingkanya pear to pear. Beda kalau misalnya anda membandingkan Canon 450D dengan Nikon D300s misalnya. Beda jauhlah! Sebagai perbandingan untuk para pemula, kelas yang sama antara Canon dan Nikon adalah : Canon dengan 1000D, 1100D, 500D dan 550D berbanding dengan Nikon D3000, D3100 dan D5000. Kisarannya antara 5 – 8 juta rupiah.

 

  • Fitur. Canon dan Nikon biasanya punya fitur yang hampir sama, tapi beberapa fotografer profesional setuju kalau untuk kamera pemula fitur Canon lebih banyak daripada Nikon. Kelebihan lain dari Canon adalah jumlah Megapixelnya yang lebih tinggi, tapi di sisi lain Nikon menang di kualitas gambar dengan mengurangi tingkat noise ( titik-titik kecil pada gambar ) yang kadang muncul pada ISO tinggi di cahaya yang rendah. Jadi, silakan berpusing-pusing, mau memilih yang fiturnya banyak dengan MP yang tinggi atau yang fiturnya standar dengan kualitas gambar yang maknyos.

 

  • Genggaman / grip. Ini juga penting dalam memilih kamera karena bagaimanapun kamera itu dipegang, bukan cuma dipelototin. Canon menurut saya punya grip yang sedikit di bawah Nikon, terus terang Nikon memang relatif lebih nyaman digenggam. Sementara soal bodi, kalau membandingkan Canon 1100D dengan Nikon D3100 sepertinya Canon 1100D relatif lebih gendut dan lebih berat daripada Nikon D3100 yang agak mungil. Silakan anda bersemedi menentukan pilihan, lebih suka yang bodinya kecil tapi enak digenggam atau yang bodinya agak gendut tapi kurang pas di genggaman?

 

  • Lensa. Sebenarnya ini agak advance sih, gonta-ganti lensa baru bisa dilakukan kalau kita sudah cukup familiar dengan kamera yang kita pegang. Tapi tidak apalah sebagai bahan pertimbangan. Lensa Canon relatif lebih murah dari Nikon, pun kamera Canon biasanya kompatibel dengan semua jenis lensa EOS, beda dengan Nikon yang biasanya agak rewel dengan urusan lensa dan harganya sedikit di atas lensa-lensa punya Canon.

 

  • Lihat Sekeliling. Sebelum menentukan pilihan ada baiknya anda melihat sekeliling dulu, maksudnya bukan melihat sekeliling seperti yang dilakukan maling sebelum melakukan aksinya, tapi lihatlah teman-teman anda yang memegang kamera DSLR. Kalau kebanyakan teman anda memegang Canon misalnya, ya adalah lebih baik bagi anda untuk memilih Canon juga karena minimal anda punya tempat untuk bertanya nantinya kalau-kalau mendapat kesulitan mengoperasikan kamera yang baru anda beli. Keuntungan lainnya, kalau misalnya teman anda punya banyak lensa, lumayan kan bisa tukar-tukar lensa tanpa harus beli. Tapi kalau misalnya sekitar anda tidak ada yang megang DSLR, maka beruntunglah anda. Bisa jadi anda orang pertama di lingkungan anda yang punya DSLR.

Nah, setidaknya itu beberapa tips yang bisa saya bagi menurut pengamatan dan pengalaman saya yang masih seumur jagung ini. Para ahli mungkin bisa menambahkan, utamanya kalau anda sudah membaca postingan ini dan masih tetap bingung menentukan pilihan seperti teman saya si Gerhana itu.

Oh ya, satu tambahan lagi. Kalau benar-benar bingung, cobalah untuk bersabar sedikit. Coba luangkan waktu untuk mencoba kamera Canon dan Nikon, caranya pinjamlah kamera punya teman anda. Luangkan waktu untuk menengok semua fitur dan kelebihan-kelebihan dari tiap-tiap kamera, setelah berbulan-bulan saya yakin anda akan bisa menentukan pilihan dengan catatan dana yang disiapkan belum keburu habis.

Intinya, apapun pilihan anda selama itu diambil menggunakan pikiran yang jernih dan tanpa paksaan dari pihak manapun maka Insya Allah semua akan membawa berkah. Fotografi bukan melulu soal senjata yang digunakan, tapi siapa yang memegangnya. Betul?

Jadi, pilih mana? Canon atau Nikon?

Dan, kalau mau membaca review yang lebih lengkap dan serius yang ditulis oleh yang lebih berpengalaman, silakan kunjungi laman ini.

 

Bagikan Tulisan Ini:

About Author

a father | passionate blogger | photographer wannabe | graphic designer wannabe | loves to read and write | internet junkie | passionate fans of Pearl Jam | loves to talk, watch and play football | AC Milan lovers | a learner who never stop to learn | facebook: Daeng Ipul| twitter: @dgipul | [email protected] |Connect ke Google+ profile

Comments (76)

  1. Meski nama saya berakhiran Yudho Yes No, saya tetap pilih Nikon.. heheee
    Kayaknya dilihat hasilnya dari fotografer kerenan Nikon, Daeng..

  2. boleh pinjam kameranya daeng?

    saya masih galau antara kedua merek itu
    dari dulu pernah posting epl2 itu blom juga beli
    abis ga mo nyesel *aslinya sih budget kepake buat yg lain hahaha*

    • iPul dg.Gassing

      jangan kelamaan galau akh, tar duitnya abis kepake buat yg lain..
      dan kenyataan kan..?
      hihihihi

      wis, ke toko trus pegang salah satu-satu..tanya diri sendiri mana yg lebih enak dipegang..soal fitur, itu urusan belakangan

  3. aHhahai, saya tanya GerhanaPink darimana dapat uang, katanya uang ntuk yg diksi ke Gadis-gadisnya diminta kembali jadi langsung terkumpul banyak. =))

    ..Klo begitu, saya pinjam kameranya Daeng Ipul sebulan. Bisa??,,

    ————————————————————————————————————————————-

    #Terima Kasih Daeng, tapi saran yang kemarin sudah terlaksana. Jadi sebenarnya sudah ada pilihan. Tinggal “Kapan Anda mau berbagi cara memakai CANON??,,”

    • iPul dg.Gassing

      Hahaha..baiklah, kapan2 kita ketemu dan coba-coba pake Canon 1100D mu, okeh ?

  4. Kemarin saya bertemu dan ngobrol lama dengan Bang Gegen, dia cenderung ke Nikon. Udah keliling dunia bo, dia. Nyobain di semua kondisi, termasuk suhu minus sekian yg membuat semua kamera rusak, hahaha…

    Di saat yang sama, beberapa kali jalan sama Om Priyadi, tentengannya Canon. Dan cukup puas sih dengan hasil jepretannya beliooo…

    *makin pusing*

    • iPul dg.Gassing

      Hahahaha…emang gitu, kalo kebanyakan nanya akhirnya jadi bingung sendiri.

      wis, jatuhkan pilihan saja…terserah yang mana..

      • Ini mhe kemarin saya hampir beli dua, untungnya tidak cukup uangku. Kayaknya D3100 oke juga dipegang-pegang…

        *RakusDuluBaruBelajar* 😀

    • tuh kan semakin galau aja dah hahahaha

      *inilah nasib bukan keturunan OC Kaligis hahahaha*

    • Diki Permadi

      Punya saya 550D dan nyoba punya temen nikon D3100 pas foto bulb nya enak..
      Kalau saya mau murtad ke Nikon, hehe

      • klo saya daeng saya lebih setia ma 550d yg penting lensanya bagus, hasilnyanya jga bagus, cuman kelemahan canon, autofokusnya gampang putus, tpi bisako’ diakali, ma tima dan kebl kecil..
        tambahan
        klo canon menang di warna
        nikon menang di ketajaman,
        tpi klo lensanya bagus, hasil canon, bisa jg jadi tajam

  5. Saya suka paragraf pembukanya… 🙂
    BTW, kalau saya Daeng sudah menjatuhkan pilihan. Cuma uang untuk belinya belum jatuh-jatuh…

  6. Hahayyyy ini juga yg bikin pusingka akhirbya budget kamera pindah ke blekberi.

  7. Astaga ini ngomongin kamera atau ghibahin cowok playboy se-Makassar seeh?! =))

  8. daengrusle

    Hmm…

    Sa nda mau komen ah..
    nda disebut2 agamaku…olympus.

  9. @opa brad Ini curhatan dari seorang yang “agama”nya tergantung mana yang banyak dipake orang wakakakakakak…

    Jaman kuliah sa pegang Nikon, trus pegang Fuji, sekarang Canon. Kesimpulan: Tergantung ji siapa yang pegang, buktinya hasil fotoku begitu begitu ji dari dulu. Biar berikutnya sa dikasi hasseblad, mamiya atau leica. Dijamin :p

  10. keri keri njero kathok…
    ngeri thok…
    😛

  11. Saya lebih suka cannon buat indor, dan nikon untuk outdor.. 😀

  12. Hahahaha saya sering berada di antara kamera canon. Biar bagaimana, hatiku tetap memilih nikon 🙂
    *elus2 D40

    • iPul dg.Gassing

      hahaha..setia ni yee..
      saya terpaksa berpindah ke lain hati karena tuntutan dana 😀

  13. Dhymalk dhykTa

    referensinya bagus sekali daeng,

    sy jg ada rencana mau beli nanti,

    trims

  14. tapi kadang heran juga, orang2 sudah pake kamera yg budget dan resolusi gede DSLR gitu, masih pake bantuan olahdigital sotoshop ya CMIIW bukannya udah bagus tangkapan lensanya ya? *hehehe ngak tau sih soalnya bukan fotografer ka*

    • iPul dg.Gassing

      editing photo di Photoshop biasa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang sama persis dengan yg kita mau,
      kadang apa yang ditangkap kamera belum tentu sesuai dengan keinginan

  15. Hidup Canon! hihihi

    alasannya : murah :p

  16. wkwkwk…reviewnya sempat bikin ngakak, si Gerhana banyak juga pacarnya ternyata, hihii…., Betul canon atau Nikon yang penting budget cukup ato ngak, sama milih motor a atau b, yang penting mau difungsikan kemana, ke arena balap, ngejeng, atau untuk menunjang aktivitas?, jadi.., insya Allah, aku pilih yang terpilih nantinya, dan setelah memegangnya maka aku ucapkan SADAMDA BASEMEN, salam damai dan bahagia selalu menyertai, amin…:)

  17. Saya agama CANONG daeng. Tapi penasaranka juga mau utak atik NIKONG.
    Kalau begitu, pinjamka? kamera NIKONGta?. :p

    • iPul dg.Gassing

      hahaha, dulu pegang Nikon..
      tapi karena ilang..jadi yaaa..ndak pegang apa2 sekarang..:D

  18. saya pribadi pilih canon daeng,kalau masalah kualitas gambar yg katanya sedikit di bawah Nikon,itu sih tergantung man behind the gun.kamera bagus juga orangnya ga bisa pake tetap murahan hasilnya.
    Pertimbangannya,selain Canon lebih terjangkau harga body kameranya,lensa juga lebih terjangkau & beragam.mending berinvestasi di lensa drpd punya body latest series tp lensanya standar.tp ini hanya pendapat pribadi loh daeng 🙂

  19. fabelcastel

    diman ada dijual camera daeng….????

  20. Saya baru beli nikon Coolpix L26, produk baru nikon yang baru launching bulan febryuary tahun ini, yah lumayan dengan pixel 16mp, saya dapat bonus lebih karena belinya titip kawan dari hongkong, emang kalau beli di luar indonesia lebih komplit, saya gak hanya dapat kamera tapi banyak plusnya, hehehe
    1.memory 8 GB
    2.Screenguard 3′
    3.Multi cardReader
    4.bag
    etc..
    mantaffff
    nice info gan… Lnjutkan… 🙂

    • Untuk performanya gimana gan??? hasil foto , kualitas gambar bagus gak??? trus ketahanan baterai gmana??? saya juga mau beli tapi bingung bagus gak sih???

  21. “Canon atau Nikon sama saja, yang penting nyaman memakainya dan yang penting siapa yang memakainya.”

    wah, ini statement makjleb.
    Siap untuk menjawab mereka yang manja minta saran.

  22. nikonian ajahhh 🙂

  23. kyknya enakan pgang dua2nya…
    xixixixixi

  24. bukannya mp nya canon lebih kecil dr pd nikon???
    setau ane,canon mpnya 12,2 nikon 14 mp,

  25. setelah baca komen dan reply nya,saya yang buta fotografi dn benar2 bru mw terjun bebas ke dunia fotografi jadi makin ta’lokoooooooooooooooo!!! mana yg bagus neeeeehhhhh

    • iPul dg.Gassing

      hihihi..jangan bingung
      intinya Canon atau Nikon sama bagusnya
      sesuaikan dengan budget saja dan lihat teman2 banyak pake yg mana
      selamat mencariii

  26. menurut mas Ipul lebih bagus kamera canon 600D apa nikon D5100 ? Tolong penjelasan nya ya mas, terima kasih

    • iPul dg.Gassing

      hmmm…so far keduanya nyaris setara
      tapi kalau pendapat pribadi saya, saya lebih milih Canon 600D karena memang belakangan ini lebih banyak pegang canon.

      saran saya, coba liat teman sekitar, mereka banyakan pegang Canon apa Nikon biar enak kalo ada yg mau ditanyakan atau mau gonta-ganti lensa

      semoga membantu 🙂

  27. nikon D3200 24.2 pixels, lebih mantap. klw saya nikoners. ‘canon…, emangnya mau beli printer???’ hehehehe……

  28. NIKON FOREVER

  29. Bicara kwalitas NIKON dong…..

  30. kalau teman saya rata2 punya canon, bukan teman dekat sih daeng.. jarang ketemu, daeng tau di mana tempat jual kamera canon? 🙂

    • iPul dg.Gassing

      posisi di mana? kalo di Jakarta kan banyak..
      di Makassar coba cari di MTC lantai 3 di pojok.

  31. Saya juga masih bingung nih daeng…sedot info dari sini….btw, izin share juga daeng 🙂

  32. Kalo beli canon eos 1100 second dmn yak ? Jual ? sama android + tabungan masih kurang dikit. Adakah solusi ?

  33. wahahaha.. mauka’ beli kamera daeng, tapi takutka’ jatuh miskin… bagus review ta’, jadi sedikit lebih tercerahkan ka’.. hehe.. salam..

  34. Makasih sharingnya Daeng

    Kemarin sempet bingung mau milih yang mana 🙂

  35. ini pengalaman sama teman.. dia sih ngak pusing sama dua brand itu..
    soalnya waktu kemarin nemani doi ke jakarta..
    gua diajak ke mangga dua bersiin nikon dia yg puluhan jt..
    pulangnya mampir ke ciputra mall beli lensa canon yang puluhan jt juga…
    ( beli dulu baru bilang ke istri .. katnya klau lapor bakal di omelin… hehe )

  36. alhamdulillah..
    saia pengguna keduanya 🙂

  37. apa maksud dari “canon?, emangnya mau beli printer”

  38. tolong d jawab ya daeng ipul apa maksud dari
    “canon emangnya mau beli printer”

  39. Menurut kaka. Lebih bagus camera nikon eos 3100d apa canon eos 1100d?

  40. Kamera semua juga sama, sama sama berfungsi untuk memotret hahaha

  41. Canon lebih manteb pilihan lensanya beragam dan harganya lebih masuk akal ?

  42. Keren topik nya ada acara semedi dulu?

  43. Jadi anda mengunakan kamerah apa

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.