Cerita Ringan

Sirup Aren, si Manis Penjaga Kesehatan


Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan mengontrol kadar gula dalam darah. Sirup aren Canning Rara bisa jadi salah satu alternatif.


Salah satu penyakit yang paling saya takuti adalah penyakit gula darah tinggi, atau diabetes. Kenapa? Karena penyakit ini tidak ada obatnya, dan di beberapa level bisa sangat merusak tubuh penderitanya. Tubuh penderita akan gampang sekali lemas, gampang ngantuk, gampang haus, dan yang paling berbahaya bila penderita pria akan mengalami masalah susah ereksi. Oh Tuhan! Itu sangat menakutkan.

Karena itu juga, ketika usia semakin bertambah maka saya justru semakin menekan konsumsi gula. Menjaga tubuh, jangan sampai penyakit masuk. Apalagi diabetes.

Sebenarnya ini agak sulit, karena sebagai orang Makassar rasa manis sudah jadi bagian dari hidup. Memang tidak separah orang Jawa yang sayurnya saja manis, tapi bagi orang Makassar manis juga jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Utamanya di bagian kue atau cemilan. Selama bertahun-tahun juga sebelum saya tahu cara yang tepat meminum kopi, gula tidak pernah lepas dari setiap sajian kopi. Belum lagi teh, gula sudah pasti ada.

Sekarang sudah agak lumayan, minum kopi sudah bisa saya lepaskan dari gula. Tapi itu kalau jenis kopinya arabica, kalau jenis robusta maka tentu pemanis tidak bisa lepas begitu saja. Harus ada. Makanya pilihannya jadi dua, pakai gula pasir dengan porsi sesedikit mungkin atau pakai susu kental manis yang juga sebenarnya gulanya banyak.

Canning Rara.

Bulan lalu, Anchu Lelaki Bugis membagikan foto sebuah produk dari gula aren di media sosialnya. Gula aren yang diolah menjadi sirup dan diberi nama Canning Rara. Katanya ini pemanis alami dari bahan pohon aren. Sebenarnya prosesnya hampir sama dengan proses pembuatan gula aren padat yang biasa kita lihat, tapi alih-alih menunggu sampai cairan arennya mengeras dia sudah lebih dulu diolah menjadi sirup cair.

“Prosesnya susah. Kami sampai bikin berapa kali percobaan. Soalnya kalau nda hati-hati macam-macam saja tantangannya,” kata Anchu.

Sirup aren yang diproduksinya adalah bagian dari usaha Desa Pattaneteang yang didampinginya di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Anak-anak muda di sana, kata Anchu terus berinovasi untuk mengolah hasil alam desanya yang memang berlimpah. Salah satunya adalah gula dari pohon aren. Anchu juga mengaku dibantu oleh seorang kawan dari Temanggung yang sudah lebih dulu mengolah aren menjadi sirup aren. Konsultasi dilakukan secara daring lewat aplikasi percakapan, lalu dilanjutkan dengan usaha trial and error.


Sirup aren canning rara
Sirup aren Canning Rara

“Kalau salah pakai wadah, kadang tinggal ki rasa yang sebelumnya. Jadinya nda sempurna,” kata Anchu lagi. Dari ceritanya saya bisa menebak seberapa rumit proses pengolahan sirup aren Canning Rara ini hingga mendapatkan komposisi dan metode yang sempurna seperti yang ada sekarang.

Anchu dan pemuda-pemuda Desa Pattaneteang bukan cuma belajar memproduksi sirup aren tapi juga memikirkan soal packaging. Dari pemilihan botol sampai merek dan logo. Untuk nama mereka memilih Canning Rara. Dalam budaya orang Bugis dan Makassar, canning rara adalah sebutan untuk mantra atau laku yang spesifik dilakukan dengan maksud menarik hati lawan jenis. Dalam bahasa Bugis cenning juga berarti manis. Kata itu pas untuk menggambarkan rasa sirup aren yang memang manis.

Sirup Aren Alternatif Pemanis Alami.

Anchu membawa dua botol sirup aren Canning Rara ke rumah, dua minggu sebelum pergantian tahun. Satu botol lagi langsung dibukanya dan kami coba campurkan ke kopi hitam yang saya buat. Saya sengaja menyiapkan kopi hitam tanpa gula untuk mencoba sirup aren yang dibawa Anchu. Sengaja saya pilih kopi jenis robusta.

“Kalau arabica dikasih sirup aren, rasanya jadi agak tenggelam. Kalah sama rasa arennya,” kata Anchu. Atas alasan itulah saya kemudian memilih kopi jenis robusta.

Satu gelas kopi sudah tersedia, dan saat masih terasa panas saya tuangkan dua sendok makan sirup aren Canning Rara kemudian saya aduk supaya kopi dan sirup arennya bersatu dengan baik. Lalu bagaimana rasanya setelah keduanya bersatu dengan sempurna? Saya merasakan ada karakter rasa yang berbeda. Karakter manis dari sirup aren ini memang kuat, hampir menyamai karakter kopi robusta yang jadi perpaduannya. Bedanya, meski karakternya kuat tapi tidak sampai merusak karakter asli kopinya. Tidak seperti gula pasir yang karakternya akan merusak karakter kopi. Sirup Canning Rara bisa bersatu dengan kopi, menghasilkan rasa baru yang unik. Saya tidak bisa menggambarkan dengan jelas rasa unik seperti apa yang saya maksud, yang jelas rasanya enak.


Jadi teman kopi

Sejak hari itu saya jadi sering mencampur kopi yang saya buat dengan sirup aren Canning Rara. Tapi khusus untuk kopi jenis robusta saja. Kopi jenis arabica sudah bisa dipastikan akan kehilangan karakter khasnya bila dicampur dengan sirup aren ini.

Sebenarnya selain dijadikan pemanis saat meminum kopi, Canning Rara juga bisa dicampur dengan makanan atau minuman lain. Bahkan bisa diminum langsung dengan dicampur air, baik air dingin maupun air hangat. Persis seperti sirup.

Hal bagus dari sirup aren ini adalah karena kandungan gizinya. Dari berbagai laman di internet, aren dipercaya mengandung zat yang memberi banyak manfaat. Dari mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, membantu program diet karena bisa digunakan menggantikan gula pasir, meningkatkan imun tubuh, sampai melancarkan pencernaan. Jelas sekali kan manfaatnya?

Itulah kenapa sirup aren Canning Rara ini bisa jadi pilihan utama sebagai pemanis alami menggantikan gula pasir.

*****

Menjaga kesehatan menjadi salah satu keharusan untuk semua manusia. Apalagi yang sudah berusia di atas 35 tahun, usia ketika daya tahan tubuh mulai menurun dan penyakit jadi semakin mudah datang. Pola hidup yang teratur dengan pilihan makanan dan minuman yang lebih sehat bisa membantu dengan baik proses menjaga kesehatan.

Sirup aren Canning Rara bisa jadi pilihan untuk itu. membantu kita tetap menikmati rasa manis tanpa harus takut ancaman berbagai penyakit yang bisa dibawa oleh gula pasir apalagi pemanis buatan.

Kalau kalian penasaran ingin mencobanya, di bawah ini ada beberapa titik yang menyediakan sirup aren Canning Rara dalam kemasan botol 320 ml dengan harga saat ini Rp.40.000/botol.

Anchu Lelaki Bugis
WA: 081343750911

FruittyTauhid
Multiniaga Residence Blok E27, Makassar
WA: 081245980400

Macora Kitchen
Jl. Bonto Mangape No. 8A, Mannuruki, Makassar.
WA: 0811-4135-151

Ochi (Sengkang)
WA 0898-1871-945

Asdar Rannuang (Bantaeng)
WA 0852-5596-1516

Mari mencobanya, untuk rasa yang lebih enak dan tentu saja hidup yang lebih sehat [dG]

About Author

a father | passionate blogger | photographer wannabe | graphic designer wannabe | loves to read and write | internet junkie | passionate fans of Pearl Jam | loves to talk, watch and play football | AC Milan lovers | a learner who never stop to learn | facebook: Daeng Ipul| twitter: @dgipul | ipul.ji@gmail.com |

Comments (6)

  1. Rasa-rasanya saya sepakat dengan Daeng Ipul. Robusta memang kurang asik kalau nggak pakai gula. Hambar sekali di lidah. Makanya buat mengurangi gula, saya lebih senang menggiling kopi arabika dan menyeduhnya pagi-pagi. Lebih sering tanpa gula ketimbang pakai gula. Plus gula pun, barangkali hanya setengah sendok makan. Tapi, setelah baca postingan ini saya jadi tertarik buat mencoba minum kopi pakai sirup aren. Kayaknya lebih praktis juga, tinggal tuang sedikit dari botolnya lalu diaduk dengan kopi panas.

  2. Biasanya aren dijadikan gula untuk pencampur kopi susu. Rasa manisnya agak lebih tipis. Enak hehhehehe.
    Entah kalau dibuat sirup, kayaknya menarik.

  3. Ooh ada jenis kopi tertentu yang pas ya dengan sirup aren ini. Kalo jenis lainnya malah rasa arennya tenggelam.

    BTW, bersambung ki tawwa namanya, Daeng – Canningrara.

    • iya kak, kalau kopi arabica jadi hilang ki rasa kopi arabicanya. harus robusta pi yang keras rasanya
      dan soal penulisan, yang punya saja nda konsisten. kadang dia pisah, kadang dia sambung hahaha

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.