Ritual Aneh Pesepakbola Dunia

Ritual Laurent Blanc mencium Kepala Fabian Barthez

Ritual Laurent Blanc mencium Kepala Fabian Barthez

Ternyata bukan cuma orang Timur saja yang percaya pada ritual-ritual berbau mistis, pesepakbola profesional di tanah Eropapun banyak yang percaya.

Sepakbola dipercaya sebagai olahraga dengan peminat terbesar di muka bumi. Dari sekadar permainan sebelas pria melawan sebelas pria lainnya memperebutkan sebuah bola hingga akhirnya berkembang dengan sangat kompleks, melibatkan nasionalisme, gengsi, nafsu hingga gelimangan uang. Dalam prosesnya ternyata banyak elemen-elemen kecil yang menjadi bagiannya, salah satunya adalah ritual khusus sebelum memulai pertandingan.

Beberapa pemain dan pelatih ternyata percaya pada ritual khusus yang membuat mereka masuk ke lapangan sepakbola dengan kepercayaan diri yang tinggi, tentu dengan harapan bisa mendulang kemenangan. Uniknya, ritual yang bersifat mistis ini bukan hanya dipercaya para pemain dari belahan dunia Asia dan Afrika – dua benua yang dianggap sangat percaya pada mistis – tapi juga dipraktekkan oleh pemain berdarah Eropa, benua yang dianggap sudah terlalu modern untuk percaya pada hal-hal berbau metafisika seperti itu.

Beberapa catatan menyebutkan pemain-pemain profesional yang merumput di Eropa dengan nama yang sudah sangat mengglobal ternyata punya ritual khusus yang mereka percaya bisa membawa keberuntungan. Berikut ini beberapa nama pemain dan manager tim sepakbola dengan ritual atau kepercayaan khusus itu:

Didier Drogba. Siapa yang tidak kenal dengan penyerang dari Pantai Gading yang pernah sukses bersama Chelsea ini? Drogba memang berasal dari benua yang akrab dengan ritual mistis, Afrika. Ternyata hingga sukses di Eropa sekalipun, ritual yang dipercayainya tetap dia bawa. Ritual khas Drogba adalah dua langkah pertama di lapangan hijau adalah langkah dengan kaki kanan.

Jose Luis Chilavert. Penikmat sepakbola tahun 90an pasti ingat pada kiper eksentrik dari Paraguay ini. Julukannya The Bulldog, dengan tubuh tinggi besar dan punya kemampuan mencetak gol dari bola mati meski berposisi penjaga gawang. Datang dari benua yang juga masih akrab dengan ritual mistis, Chilavert ternyata juga punya ritual khusus. Dia selalu membawa sebuah koin besar peninggalan suku Indian Maya yang ditaruhnya di satu sisi gawangnya. Sebelum pertandingan dimulai, Chilavert pasti menyempatkan diri mencium koin keberuntungannya.

John Terry. Mantan kapten timnas Inggris sekaligus punggawa Chelsea ini ternyata juga punya ritual khusus meski dia datang dari benua Eropa. Terry selalu duduk di kursi bus yang sama menuju stadion dan memutar CD yang sama terus menerus. Sebelum turun ke lapangan dia selalu merekatkan perban sebanyak tiga kali di kaos kakinya.

Alessandro Costacurta. Mantan bek AC Milan dan Italia ini juga punya ritual khusus sebelum pertandingan. Lelaki tampan yang akrab disapa Billy ini selalu mencium ujung sepatunya dengan cara meletakkan ujung jarinya yang kemudian dibawa ke bibirnya.

Mario Gomez. Penyerang Jerman yang satu ini juga punya kepercayaan tersendiri dalam setiap pertandingan, khususnya pertandingan tim nasional. Suatu kali ketika masih bermain untuk tim junior Jerman, Gomez lupa menyanyikan lagu kebangsaan dan ternyata pada pertandingan tersebut dia mencetak gol. Semenjak itu Gomez selalu menolak untuk menyanyikan lagu kebangsaan karena menganggap kebiasaan tidak menyanyikan lagu kebangsaan justru membawa keberuntungan baginya.

David Beckham. Si sayap flamboyan mantan idola publik Manchester United ini juga punya ritual khusus sebelum pertandingan. Beckham selalu datang lebih awal dari teman-temannya dan selalu meluangkan waktu untuk melipat pakaiannya dengan sangat rapi dan detail di locker. Beckham mengaku resah kalau ada sedikit saja lipatan pakaiannya yang tidak rapi seperti yang dia inginkan. Ritual Becks ini justru jadi bahan usil kawan-kawannya di MU. Segera setelah Becks selesai merapikan lemarinya, teman-temannya akan membongkarnya dan ini membuat Becks meradang sampai harus melipatnya kembali dengan rapi.

Gennaro Gattuso. Si badak mantan punggawa AC Milan ini selalu menggunakan sweater yang sama dengan sweater yang dia pakai sejak pertama kali menjadi pesepakbola profesional tanpa peduli pada cuaca dan temperatur.

Christiano Ronaldo. Andalan Real Madrid ini punya ritual yang sama dengan Gary Lineker, mantan penyerang legendaris Inggris. Mereka berdua selalu menyempatkan menendang bola hingga masuk ke dalam gawang pada saat pemanasan sebelum mulai bertanding.

Paul Ince. Pemuja Liverpool periode 90an pasti kenal nama ini. Gelandang keling andalan The Reds di tahun 90an ini selalu keluar paling terakhir dari ruang ganti. Dari ruang ganti dia akan berlari menuju lapangan dan baru mengenakan kaosnya setelah keluar dari lorong ruang ganti.

Rochy Putirai. Mantan penyerang timnas Indonesia ini ternyata juga punya ritual khusus. Setiap kali masuk ke lapangan hijau dia akan mencabut satu rumput stadion dan menggigitnya. Bahkan beberapa orang bersaksi kalau Rochy punya tulang betis yang berbunyi seperti besi bila diketok. Tidak heran Rochy kadang tertangkap kamera bermain tanpa menggunakan pelapis betis.

Rio Ferdinand. Berbeda dengan Rochy, Rio sang bek tengah Manchester United ini selalu memakai pelindung betis. Konon, Rio menggunakan pelindung betis yang sama sejak pertama kali mulai bermain sebagai pemain profesional.

Laurent Blanc. Anda sudah mengikuti pertandingan Perancis di piala dunia 1998? Kalau iya Anda pasti tahu kebiasaan Blanc sebelum memulai pertandingan: mencium kepala botak sang kiper Fabian Barthez. Kebiasaan ini dilakukannya dari mulai pertandingan pertama Perancis di babak penyisihan hingga pertandingan akhir di final meski saat itu Blanc tidak bermain karena akumulasi kartu. Hasilnya, Perancis jadi juara dunia untuk pertama kalinya.

Robert Pires, korban kepercayaan Domenech

Robert Pires, korban kepercayaan Domenech

Raymond Domenech. Pelatih timnas Perancis ini punya kepercayaan yang aneh. Domenech percaya pada peramal bintangnya, dan karena menurut sang peramal zodiak Scorpio membawa nasib buruk bagi timnya maka Domenech mencoret Robert Pires dari timnya di piala dunia 2006 meski saat itu Pires sedang bersinar bersama Arsenal.

Luis Aragones. Pelatih yang sukses membawa Spanyol juara Eropa 2008 ini juga punya kepercayaan yang aneh. Dia membenci warna kuning dan percaya kalau warna kuning membawa sial. Suatu waktu Raul Gonzales datang ke tempat latihan dengan kaos kuning, dengan histeris Aragones berteriak dan menyuruh Raul mengganti kaosnya.

Nah, ternyata banyak kan pemain dan pelatih sepakbola yang punya ritual khusus serta kepercayaan yang aneh? Kalau sudah begini masih percaya kalau ada yang bilang: sepakbola itu hanya sekadar permainan?

Oh ya, ada yang mau menambahkan daftar ritual aneh pemain dan pelatih sepakbola di atas? [dG]

About The Author

Add Comment