Bersiaplah untuk World Cup 2010

2010-FIFA-world-CupAda yang bisa menyebutkan sebuah cabang olahraga yang lebih popular daripada sepakbola ? Ada yang bisa menyebutkan sebuah cabang olahraga yang membuat jutaan orang di dunia ini rela memotong waktu tidur mereka ? Ada yang bisa menyebutkan sebuah cabang olahraga yang mampu memutar milyaran dollar atau poundsterling setiap tahunnya melebihi perputaran uang yang dihasilkan oleh sepakbola ?

Anda pasti butuh waktu untuk memikirkan jawabannya, atau bahkan mungkin ada yang langsung bilang : tidak bisa. Its OK, karena memang hampir tidak ada yang bisa mengalahkan sepakbola dalam soal menjaring penonton dan keuntungan. Sepakbola adalah olahraga terpopuler di muka bumi. Setuju ?

Dan, karena sepakbola adalah olahraga terpopuler maka puncak pertemuan tim-tim terbaik dari 5 benua jelas adalah puncak magnet dari olahraga ini. Yup, piala dunia akan hadir sekitar 6 bulan lagi, dan kegilaan empat tahunan akan bergulir lagi..!!

Paris berbaik hati menyediakan tempat untuk pengundian grup sebuah kejuaraan yang berada ribuan mil ke selatan dari jantung negara Perancis itu. Hasilnya, 32 wakil negara yang lolos ke Afrika Selatan itu pulang ke negaranya masing-masing dengan beragam ekspresi.

Marcello Lippi, Fabio Capello dan Vicente Del Bosque bisa pulang dengan senyum, mereka juga bisa tidur nyenyak setidaknya beberapa minggu setelah pengundian. Italia, Inggris dan Spanyol beruntung bisa masuk ke dalam grup yang di atas kertas relatif ringan. Italia berdiam di grup F bersama Paraguay, Selandia Baru dan Slovakia.

Selain Paraguay, Selandia baru dan Slovakia adalah nama yang masih asing dalam orbit kejuaraan terbesar di muka bumi ini. Popularitas dan kemampuan kedua negara itu bisa dibilang masih satu strip di bawah Italia. Paraguay mungkin jadi ancaman berat mengingat mereka adalah wakil Amerika Selatan, benua yang selalu jadi saingan berat orang-orang bule di daratan Eropa dalam hal prestasi sepakbola. Meski kalah pamor dari Brasil, Argentina dan Uruguay tapi Paraguay negara Amerika Latin dan Amerika Latin tetaplah produsen pemain dan tim-tim terbaik. So, Marcello Lippi hanya perlu meningkatkan kewaspaan dua kali lipat saat menghadapin Paraguay.

Inggris juga sama beruntungnya. Mereka berada di grup C bersama Amerika Serikat, Aljazair dan Slovenia. Setidaknya mereka hanya punya Amerika Serikat yang bisa sangat merepotkan sementara Aljazair dan Slovenia relatif bisa mereka taklukkan, bila semuanya berjalan lancar. Tapi bagaimanapun Inggris tidak boleh lengah pada ancaman Aljazair dan Slovenia. Kedua negara itu potensial membuat kejutan utamanya kalau Inggris lengah. Beruntung karena orang Inggris punya Fabio Capello. Lelaki bertangan besi yang serupa midas dengan tangan ajaibnya. Lelaki yang senang anak buahnya banyak bersantai dan kemudian lupa caranya bekerja keras. Don Fabio adalah kunci utama lolosnya Inggris ke Afrika Selatan.

Vicente Del Bosque juga pasti senang karena berada di grup paling buncit, grup H bersama Swiss, Honduras dan Chile. Ketiga tim saingan mereka punya kualitas yang nyaris merata. Spanyol hanya perlu mempertahankan trend permainan indah mereka sambil menunggu ketiga tim itu saling bertempur. Spanyol bisa masuk di saat yang tepat untuk mengambil keuntungan dari persaingan seimbang antara Swiss, Honduras dan Chile.

Ketiga pelatih tadi memang bisa tidur sedikit lebih tenang setelah menerima hasil undian di Paris minggu lalu. Tapi, bagaimana dengan pelatih yang lain..? Setidaknya ada Dunga,Bert van Marwick ,Joachim Loew, Diego Maradona dan Raymond Domenech yang tidak bisa tenang. Dan hey, Carlos Queiroz pun sama tak tenangnya.

Brasil bertemu Portugal, Pantai Gading dan Korea Utara di grup G. Ini grup yang berat. Brasil harus bertemu kakak kandungnya, Portugal, bertempur melawan kekuatan benua hitam Pantai Gading dan menghadapi semangat juang Korea Selatan. Persaingan berdarah akan terhampar di grup ini.

Berikutnya Belanda. Negeri Oranje ini berkumpul bersama Kamerun, Denmark dan Jepang. Wow..kedengarannya lumayan mengerikan. Siapa yang tak kenal sepak terjang Denmark dan Kamerun di ajan piala dunia ? Dan Jepang ? Mereka jelas tidak datang untuk jadi sekedar penggembira, apalagi jadi lumbung gol. Jadi, selamat berjuang der Oranje.

Jermanpun sama. Mereka harus bertemu Australia, Ghana dan Serbia. Tiga kekuatan sama kuat yang jelas bisa menimbulkan pain in the ass. Mereka adalah pecahan beling di jalan raya Jerman. Mereka bisa menjatuhkan Jerman kapanpun Ballack dan temannya lengah. Satu-satunya yang bisa membuat mereka tenang adalah tradisi bahwa Jerman adalah tim turnamen, tim yang selalu menggila ketika turnamen sedang berlangsung.

Tim besar terakhir yang masuk ke grup neraka adalah Perancis. Negeri tempat lahirnya perancang piala dunia itu tergabung di grup A bersama Meksiko, Uruguay dan tuan rumah Afrika Selatan. Meksiko adalah langganan piala dunia mewakili Concacaf, mereka memang tidak terlalu populer tapi sekali lagi, mereka bisa jadi pain in the ass bagi tim mana saja. Terus, ada Ghana negeri yang dibela Michael Essien. Man, ini tanah Afrika dan tim dari benua hitam itu pasti tidak mau menyerah begitu saja, mereka punya kemampuan untuk mendatangkan penyakit jantung bagi Raymond Domenech. Plus satu lagi wakil dari Afrika yang sekaligus tuan rumah, Afrika Selatan. Negeri di ujung selatan benua Afrika ini jelas tak mau berpura-pura sebagai tuan rumah yang baik dengan mengalah pada tamu-tamunya. Mereka punya dukungan penonton yang luar biasa dan jelas itu bisa mengganggu para pesaing di grup A ini.

Ah, enam bulan akan jadi penantian yang lumayan lama untuk menyaksikan pertempuran besar antara 32 tim terbaik di permukaan bumi ini. Banyak ekspektasi dan prediksi yang mulai beredar. Sambil menunggu waktunya tiba, mari kita bikin prediksi sendiri..atau mungkin tepatnya ekspektasi sendiri.

About The Author

7 Comments

  1. cheap generic levitra
    14/12/2009
  2. srie buna
    26/03/2010
  3. Ipul
    26/03/2010
  4. Ipul
    26/03/2010
  5. srie buna
    27/03/2010
  6. J.Titor
    02/04/2010
  7. ipul
    02/04/2010

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: