Tags:

Bara Itu Makin Panas

Michael Krohn-Dehli (foto by: UEFA.com)

Cerita indah Denmark hanya satu dari beragam cerita indah lainnya. Ada Ukraina yang berhasil meraih poin penuh di penampilan perdana mereka di Euro.

4 hari sudah terompet perang di Euro 2012 itu ditiupkan. 16 tim sudah memainkan partai perdana mereka, keringat sudah bercucuran, rentetan gol sudah terjadi dan ragam cerita sudah bertebaran di dua negara, Polandia dan Ukraina.

Adalah Denmark yang membuat kejutan besar. Hans Christian Andersen dikenal sebagai pendogeng terbesar dalam sejarah. Ratusan ceritanya mengantar mimpi indah untuk anak-anak di seluruh dunia, diceritakan turun temurun selama beberapa generasi. HC Andersen orang Denmark, dan dia mungkin tanpa sengaja membuat anak-anak Denmark di lapangan berani bermimpi untuk menundukkan Belanda sang favorit juara.

Sejak Euro digulirkan, Belanda sudah dianggap favorit. Tidak pernah kalah di kualifikasi dengan penampilan yang selalu menawan hingga wajar banyak orang yang menumpukan harapannya pada tim dari tanah rendah itu. Hanya segelintir orang yang percaya kalau Denmark akan bisa menahan Belanda.

Tapi memang hanya segelintir orang yang ingat kalau Denmark juga juara grup di penyisihan setelah melewati Portugal yang punya bintang mahal bernama Cristiano Ronaldo. Mungkin juga hanya segelintir orang yang ingat kalau di tahun 1992 Denmark juga yang menyingkirkan Belanda di semifinal.

Tahun 1992 itu adalah tahun penuh mimpi buat Denmark. Mereka dipanggil ke Swedia menggantikan Yugoslavia yang mendapat sanksi dari UEFA saat sebagian pemain sudah bersiap dengan koper liburan mereka. Datang sebagai pengganti, Denmark ternyata menggila. Seperti cerita HC Andersen, Denmark mengubah itik buruk rupa menjadi angsa yang cantik menawan. Mereka melewati Belanda sang juara bertahan di semifinal dan menenggelamkan tim panser Jerman di final.

Di Polandia-Ukraina Denmark baru saja melakukan langkah yang sama. Menenggelamkan Belanda di pertandingan perdana di grup B yang kata orang grup neraka. Memang baru langkah pertama dan belum ada jaminan Denmark bisa mengulanginya lagi, tapi setidaknya Denmark sudah memberi sinyal ke semua kompetitornya di grup B kalau mereka bukan tim pelengkap.

Cerita indah Denmark hanya satu dari beragam cerita indah lainnya. Ada Ukraina yang berhasil meraih poin penuh di penampilan perdana mereka di Euro. Lihatlah kegembiraan mereka yang layaknya kegembiraan tim yang berhasil menjadi juara Eropa. Kegembiraan Andry Shevchenko mungkin terlihat norak bagi orang Jerman yang sudah terbiasa menang di Euro. Tapi mereka tidak peduli, mereka menikmatinya seperti itu adalah pertandingan final mereka.

Keenambelas tim sudah melewati pertandingan pertama mereka. Bara panas itu sudah bergulir, dan Belanda yang sedang memegangnya. Mereka tim favorit, tapi kalah di pertandingan perdana. Ceko, Portugal, Republik Irlandia dan Swedia juga mengalami kekalahan. Tapi mereka bukan favorit, dan kekalahan adalah hal yang mungkin sudah disangka orang dari awal.

Malam nanti pertandingan kedua akan berjalan. Keenambelas tim akan mempertaruhkan nasib mereka di pertandingan kedua. Empat negara tadi harus meraiih angka kalau tidak mau bersiap untuk pulang lebih awal. Bara panas itu akan kembali bergulir, entah siapa yang akan jadi korbannya sekarang.

Eropa di bulan Juni mulai menghangat. Kali ini akan lebih hangat oleh bara panas dari 16 tim di Euro 2012.

[dG]

About The Author

2 Comments

  1. mursid
    12/06/2012
    • iPul dg.Gassing
      12/06/2012

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: