Sakuku, Inovasi Untuk Saku

Acara Ngobrol Bareng Blogger, Makassar 9 Agustus 2016

Acara Ngobrol Bareng Blogger, Makassar 9 Agustus 2016

Namanya teknologi, perkembagannya memang cepat.

Bahkan sangat cepat. Apa yang 5-10 tahun lalu hanya bisa dibayangkan, sekarang sudah jadi kenyataan. Inovasi adalah kuncinya. Dengan bahan bakar kreativitas yang seolah tanpa batas, inovasi mendorong pertumbuhan teknologi yang demikian pesat. Tanpa inovasi, sebuah brand atau produk hanya akan jadi orang tua yang terseok-seok mengejar ketertinggalan.

Nah, di bidang perbankan Indonesia, BCA jadi bank yang paling rajin berinovasi. Inovasi BCA sudah ada sejak jaman ATM, lalu kartu kredit, kemudian meluncurkan kartu Flazz dan sekarang meluncurkan aplikasi Sakuku.

Sakuku adalah sebuah dompet elektronik yang memungkinkan penggunanya mendapatkan banyak kemudahan melakukan berbagai transaksi perbankan langsung dari smartphone di genggaman. Pengenalan aplikasi Sakuku baru saja digelar di Makassar, di sebuah rumah makan bernama Bistropolis yang terletak di Jln. Sultan Hasanuddin, tak jauh dari pusat kota.

Selasa 9 Agustus 2016 malam, sekira 30an orang blogger Makassar memadati ruangan di Bistropolis. Mereka hadir dalam acara yang diberi nama Ngobrol Bareng Blogger. Acara ini adalah kerjasama antara BBlog Indonesia dengan BCA. Acara intinya adalah silaturahmi dengan blogger-blogger yang ada di kota Makassar.

Acara malam itu dibuka dengan sharing oleh Al Hafsi atau akrab disapa Haci. Pria langsing ini adalah salah satu selebgram kota Makassar. Haci berbagi pengalamannya sebagai salah satu instagramer yang punya banyak pengikut. Ada bermacam-macam ilmu yang dibagikannya, dari cara pengambilan foto, editing foto, waktu-waktu tepat untuk mengunggah foto sampai etika di media sosial.

Menurutnya, Instagram punya peran penting untuk membantu mempromosikan blog. Selain itu, foto-foto yang diunggah ke Instagram juga bisa menambah bobot sebuah postingan di blog.

Sesi penjelasan tentang Sakuku

Sesi penjelasan tentang Sakuku

Selepas sesi Haci, naiklah mbak-mbak manis dari BCA. Namanya Diandra. Mbak berbaju putih itu bercerita tentang aplikasi Sakuku, inovasi terbaru dari BCA. Sakuku bisa diunduh dan dipasang di perangkat telepon pintar berbasis Android versi 4.0 ke atas dan iOs versi 7.1 ke atas.

Sakuku ini ibarat mesin ATM yang bisa dibawa-bawa. Ada banyak kegunaannya, di antaranya:

  1. Bayar Belanja. Dengan aplikasi Sakuku, kita bisa membayar belanjaan di beberapa merchant yang sudah kerjasama dengan Sakuku. Macam-macam merchant, bukan hanya tempat makan tapi juga toko buku, toko pakaian dan toko-toko lainnya. Eh cara transaksinya bagaimana? Tinggal memindai QR code, otorisasi transaksi dan saldo Sakuku langsung berkurang, barang bisa dibawa pulang.
  2. Isi Pulsa. Kalau kehabisan pulsa, kita bisa langsung beli di aplikasi Sakuku. Tidak perlu pusing mencari-cari penjual pulsa apalagi sampai menuliskan nomor telepon kita di buku mereka. Dengan aplikasi Sakuku, kita bisa dengan mudah langsung mengisi pulsa kita kapan dan dimana saja.
  3. Transfer. Di aplikasi Sakuku, kita juga bisa mentransfer saldo ke teman lain yang membutuhkan. Atau, kalau kebetulan kita yang butuh, kita bisa minta tolong sama teman lain yang lebih berpunya.
  4. Tarik Tunai. Yuhu! Ini penting nih. Dengan aplikasi Sakuku kita bisa melakukan tarik tunai di semua ATM BCA meski lupa bawa kartu ATM. Yah siapa tahu suatu hari kita kena musibah kehilangan dompet dan ATM-nya padahal kita sedang butuh. Dengan Sakuku, kita bisa tinggal melipir ke ATM berlogo Sakuku dan menarik tunai di sana. Eh tapi mudah-mudahan musibah seperti itu tidak terjadi ya? Aminn.

Nah, empat fitur di atas adalah fitur utama Sakuku yang membuat kita bisa bebas bertransaksi dengan cara yang lebih inovatif. Tidak ribet dan tidak pusing-pusing lagi. Untuk keamanan, tenang, keamanan Sakuku pasti terjamin. Pendaftaran dilakukan dengan memasukkan data diri seperti nama, alamat email, dan tanggal lahir, lalu kita akan diminta memasukkan enam digit PIN sebagai pengaman, kemudian nomor handphone kita jadi nomor pengenal Sakuku.

Saking amannya, Sakuku tidak akan bisa di-install di handphone Android yang suda di-root atau iPhone yang sudah di-jailbreak. Tahu sendiri kan? Handphone yang sudah diapa-apakan seperti itu sistem keamanannya pasti tidak terjamin lagi.

Penjelasan dari mbak Diandra disambut dengan antusias oleh para peserta. Sepertinya semua paham betapa memudahkannya aplikasi Sakuku. Menjelang berakhirnya acara, saya yang jadi salah satu peserta ternyata kejatuhan durian. Nomor yang saya pegang jadi pemenang door prize dan berhak mendapatkan saldo Sakuku sebesar Rp500.000,-! Wow! Alhamdulillah ya.

Foto bareng peserta selepas acara

Foto bareng peserta selepas acara

Acara malam itu memang mengasyikkan. Sudah dapat pengetahuan baru, makan enak, dapat goody bag yang isinya keren, eh dapat pula hadiah saldo Sakuku. Maka nikmat yang mana lagi yang akan saya dustakan? Bersyukurlah saya hadir malam itu, dan sebagai nasabah BCA saya juga bersyukur sekarang ada aplikasi Sakuku.

Sakuku ibarat inovasi luar biasa untuk saku kita. [dG]

About The Author

Add Comment