Don’t Look Back, Karena Ada Rahasia Yang Tersembunyi

Duet Sophie Marceu dan Monica Belucci, hmm...

Duet Sophie Marceu dan Monica Belucci, hmm…

Kadang memang kita tidak boleh menoleh ke belakang karena meski apa yang ada di depan adalah buah dari apa yang terjadi di belakang tapi tidak semuanya menyenangkan.

Jeanne (Sophie Marceau) adalah seorang penulis sekaligus istri dan ibu dari 2 orang anak. Dia sedang menulis sebuah novel yang sudah mendekati tenggat dan perlahan mulai mempengaruhi pikirannya. Kehidupannya mulai terganggu, Jeanne tiba-tiba bersikap aneh. Awalnya dia merasa ada yang aneh dengan letak furnitur di dalam rumahnya. Makin lama Jeanne makin merasa ada banyak keanehan di rumah dan di lingkungannya.

Jeanne merasa aneh dan tidak mengenali anak-anaknya, bahkan Jeanne bahkan merasa wajahnya berubah. Semua keanehan tersebut malah membuat Jeanne makin tersiksa karena tidak ada seorangpun yang merasakan hal yang sama. Semua hanya bilang “kamu mungkin hanya stress dan kecapean.”

Tapi Jeanne merasa lebih dari sekadar stress dan sudah tidak tahan lagi. Untuk menenangkan diri Jeanne pulang ke rumah ibunya dan meninggalkan suami serta anak-anaknya. Di sana Jeanne menemukan sebuah foto tua yang justru makin membangkitkan rasa penasarannya. Ada sesuatu yang tersembunyi dari masa lalunya, sesuatu yang mendesak melalui serangkaian peristiwa.

Rasa penasaran itu pula yang membuat Jeanne menyeberang ke Italia mencari semua rahasia yang tersembunyi dari masa lalunya. Di italia Jeanne (sekarang diperankan Monica Belucci) menemukan banyak fakta tentang masa lalunya yang sebagian di antaranya sangat mengagetkan. Di ujung cerita, satu persatu rahasia masa lalunya mulai muncul ke permukaan. Tapi, apakah semua rahasia itu bisa membuat Jeanne kembali menikmati kehidupannya bersama suami dan anak-anaknya? Atau sebaliknya, justru menjauhkannya dari kehidupan yang ada sekarang?

Poster Don't Look Back

Poster Don’t Look Back

Pelan dan Mengagetkan.

Don’t Look Back atau dalam bahasa Perancis judulnya Ne Te Retourne Pas disutradarai Marina De Van. Uniknya karena untuk pemeran utama wanita, film ini langsung menggunakan dua bintang Eropa yang menawan, Sophie Marceau dan Monicca Belucci yang sama-sama memerankan Jeanne.

Jalan cerita film ini cukup memikat, berjalan dengan alur lambat tapi tidak membosankan. Ada banyak twist yang bisa membuat penonton larut dan mengernyitkan dahi. Akhir ceritanya cukup mengejutkan meski sebenarnya sudah bisa ditebak menjelang dua pertiga akhir film.

Selain jalan cerita yang cukup menawan, ada satu hal lagi yang buat saya tertarik. Adu akting antara Sophie Marceu dan Monicca Belucci bisa memanjakan mata para pria, apalagi mendengar keduanya berbicara dalam bahasa Perancis. Hmmm, menawan! Tapi jangan berharap mereka (utamanya Monica) tampil buka-bukaan, karena sepanjang film nyaris tidak ada adegan yang memperlihatkan daerah-daerah tersembunyi mereka.

Sebagai hiburan di akhir pekan, Don’t Look Back bisa jadi pilihan. Dan tiba-tiba saya jadi berhasrat kembali untuk belajar bahasa Perancis, sekaligus bahasa Italia. Duh! [dG]

About The Author

3 Comments

  1. haerul indonesia
    21/09/2013
  2. didut
    23/09/2013
    • iPul Gassing
      24/09/2013

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: