Captain Philips, Salah Satu Yang Terbaik Di 2013

Captain Philips

Captain Philips

Saya tidak terlalu banyak menonton film di 2013, tapi dari sedikit film itu salah satu yang terbaik menurut saya adalah Captain Philips.

Dirilis bulan Oktober 2013, Captain Philips dengan cepat jadi perbincangan banyak orang. Situs review filmpun menempatkan film ini sebagai salah satu film terbaik tahun 2013. Rotten Tomatoes memberi angka 95%, IMdB memberi angka 8.3/10. Dari dua situs itu saja kita bisa tahu kalau Captain Philips bukan film main-main.

Captain Philips diangkat dari kisah nyata perjuangan kapten Richard Philips dari kapal kargo Maersk Alabama menghadapi perompak Somalia tahun 2009. Ini jelas tidak mudah karena kisah fenomenal ini pasti sudah dicerna banyak orang, lengkap dengan akhir kisahnya. Sutradara harus cerdas mencari cara untuk tetap memancing rasa penasaran penonton hingga betah bertahan hingga akhir film.

Kalau penilaiannya itu maka Paul Greengrass sang sutradara bisalah dianggap berhasil. Paul dengan cerdasnya mengemas kisah dramatis pembajakan kapal Maersk Alabama hingga mampu memancing ketegangan dari seperempat durasi hingga akhir.

Kecerdasan Paul Greengrass disempurnakan oleh akting luar biasa Tom Hanks. Masih meragukan Tom Hanks? Dua kali meraih penghargaan academy awards lewat Philadelphia (1993) dan Forrest Gump (1994) tentu pembenaran kalau Tom bukan aktor yang cemen. Terakhir kali masuk nominasi academy award tahun 2000 lewat film Cast Away, selepas itu Tom Hanks memang masih sering tampil memukau lewat film-filmnya meski tidak pernah lagi masuk nominasi academy award. Sampai kemudian dia bermain sebagai kapten Richard Philips.

Tom Hanks tampil nyaris sempurna sebagai kapten kapal yang bertanggung jawab penuh pada keselamatan kapal dan krunya. Lewat Tom Hanks, kapten Philips muncul sebagai sosok yang berwibawa dan tenang meski situasi sudah sangat menekan. Akting terbaiknya muncul di akhir film ketika Tom Hanks dengan sangat menjiwai berhasil membawa penonton merasakan tekanan psikologis yang dialami kapten Philips.

Selain Tom, ada nama baru Barkhad Abdi yang bermain sebagai Abduwali Muse kepala perompak Somalia yang tegas dan kharismatik meski bertubuh kurus kering. Entah bagaimana caranya Barkhad berani beradu akting dengan Tom Hanks dan sukses menghidupkan tokoh Muse.

Penyutradaraan yang apik dan penokohan serta akting yang pas adalah kumpulan elemen yang membuat film Captain Philips tampil sebagai film yang menyenangkan. Meski diangkat dari kisah nyata tapi pastilah unsur Hollywood tidak ditinggalkan begitu saja. Aksi Navy SEAL dan angkatan laut Amerika Serikat di film ini hampir tidak berbeda dengan gaya prajurit AS di film-film Hollywood lainnya, termasuk ketika mereka merapikan senjata dan berjalan dengan gagah selepas menyelesaikan tugas.

Memang tidak ada yang sempurna tentu saja. Film ini oleh beberapa kru kapal Maersk Alabama juga dikritik tidak sesuai fakta yang sebenarnya dan terlalu membesar-besarkan sosok kapten Philips. Tapi, lepas dari itu semua, Captain Philips menurut saya tetap jadi salah satu film terbaik di tahun 2013. Tinggal menunggu raihan film ini di academy award beberapa minggu lagi. [dG]

About The Author

2 Comments

  1. Wahyu Alam
    09/01/2014
    • iPul Gassing
      09/01/2014

Add Comment