Two years of excellent..

..Kekuatan sebuah cinta bisa menggerakkan gunung..

 

Kata-kata di atas pernah saya dengar, entah dari siapa. Bagi yang sedang jatuh cinta, kata-kata tersebut pasti langsung diiyakan. Sekarang saya sedang tidak jatuh cinta, tapi kebenaran kata-kata di atas sekali lagi saya benarkan.

 

Apakah saya baru saja menyaksikan seseorang yang sedang mencinta telah berhasil menggerakkan sebuah gunung ?. hmmm..nggak juga sih. Tidak tepat seperti itu. Tapi, saya baru saja melihat bagaimana kekuatan sebuah cinta mampu menggerakkan banyak orang untuk melakukan sesuatu yang sama sekali tidak punya keuntungan dari segi materi.

 

Yup, saya baru saja menyaksikan sekumpulan anak-anak muda energik yang dalam 3 bulan terakhir ini bekerja keras layaknya prajurit dari sparta demi mensukseskan sebuah acara yang sama sekali tak ada keuntungan materinya. Bahkan, dari realisasi yang ada, anak-anak muda itu yang harus merogoh kocek mereka.

 

Anak-anak muda yang saya maksud adalah kumpulan anak-anak muda dari komunitas AngingMammiri, komunitas tempat berkumpulnya para blogger kota Makassar dan sekitarnya.

 

Anak-anak muda yang tahun ini dikomandoi oleh Anhie, bekerja keras sejak bulan September 2008 demi untuk menggelar ajang talkshow tentang blog dan marketing berjudul  BLOG : FIELD of MONEY yang sekaligus juga sebagai puncak acara ulang tahun kedua komunitas AngingMammiri.

 

Anak-anak muda itu tak kenal lelah memasuki beberapa kantor, berharap dapat mengetuk pintu hati mereka-mereka untuk rela menjadi sponsor kegiatan tersebut. Tak semuanya berjalan mulus. Dari sekian daftar kantor dan instansi yang diincar, bukan satu atau dua saja yang menolak. Tak heran bila dana sponsor yang akhirnya bisa diraup hanya sekian persen dari dana yang direncanakan.

 

Panik ?, tentu saja. Saya yakin mereka-mereka sempat skeptis bin pesimis akan lancarnya kegiatan tersebut. Waktu pelaksanaan semakin mepet, tapi jumlah dana yang terkumpul sungguh masih sangat jauh dari yang direncanakan.

 

Akhirnya, menjelang tenggar waktu ada juga sedikit dana yang bisa cair. Dengan modal seiprit, anak-anak muda yang sudah hampir patah semangat itu kembali bergerak. Jumlah yang masih sangat kurang itu akhirnya ditambahi uang pribadi mereka. Semua hanya demi satu tujuan, acara bisa digelar sesuai rencana.

 

Pengorbanan bukan cuma dari segi materi. Anak-anak masih harus rela meluangkan waktu untuk menggelar rapat-rapat panjang dan melelahkan. Melaui debat-debat dan diskusi-diskusi yang kadang cukup menguras tenaga meski kadang pula mengundang tawa riang.

 

Puncak dari pengorbanan mereka mungkin ada di malam sebelum acara. Banyak hal yang tak berjalan sesuai rencana. Banyak hal yang seakan-akan sengaja diciptakan untuk menguji batas kesabaran mereka, bahkan batas ketahanan fisik mereka.

 

Dan di hari Minggu 23 November 2008, saat semua agenda kegiatan terurai dan terselesaikan satu persatu, yang tersisa hanya tawa lepas bercampur kelegaan meski kekuatiran masih tetap ada bilamana mengingat daftar utang yang masih berbaris dan menunggu waktu untuk diselesaikan.

 

Sebuah gelaran yang mungkin masih jauh dari kesempurnaan namun sebenarnya adalah sebuah monumen abadi tentang kekuatan sebuah cinta yang mampu membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.

 

Kenapa saya yakin kalau penggerak utama semua itu adalah cinta ? (selain tentu saja kekuatan dari Yang Maha Kuat). Coba anda bayangkan, apa yang diharapkan dari sebuah kegiatan yang sama sekali tak menjanjikan imbalan dari segi materi ?. Kekuatan apa yang membuat anak-anak muda itu rela meluangkan waktu, menguras tenaga dan bahkan mengorbankan materi untuk sebuah kegiatan yang dari awal sudah ketahuan tak akan menambah tebal kantong pribadi ?.

 

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya satu, C-I-N-T-A. Yah, cinta dengan lima huruf kapital..entah cinta pada komunitas, cinta pada sebuah kata bernama kebersamaan, atau bahkan hanya cinta pada sesama blogger. 

 

Bagaimana dengan saya ?, di mana posisi saya pada setiap jejak penuh aroma cinta yang mereka tebarkan selama hampir 3 bulan bahkan selama hampir 2 tahun ini ?. Nyaris tak ada kawan..saya memang mengaku-dan merasa-bagian dari mereka, namun sayangnya saya tak banyak memberikan bantuan. Tak ada satu rupiahpun yang saya sumbangkan untuk mereka, dan dari sekian banyak rapat panitia saya hanya mampu hadir 2 kali. Bahkanpun saat mereka sedang bergelut dengan banyak masalah di malam sebelum pagelaran acara, saya tak ada di sana bersama mereka. Satu-satunya yang bisa saya sumbangkan hanya sedikit ide dan tenaga untuk mendesain berbagai materi promosi, itupun terus terang sangat tidak memuaskan, sayapun merasa masih banyak yang kurang dari sumbangan saya itu.

 

Karena itu, dengan segala hormat yang paling dalam saya mempersembahkan rasa salut yang sangat besar untuk mereka-mereka yang hari-harinya selalu penuh dengan cinta hingga tak lagi punya rasa segan untuk berkorban. Mereka adalah anak-anak muda yang kaya dengan cinta, kaya dengan rasa kebersamaan dan karenanya mereka adalah anak-anak muda yang spesial. Sangat spesial malah..

 

Untuk mereka, saya hanya bisa meminta maaf atas ketidak hadiran saya selama ini dan juga hanya bisa berusaha membesarkan hati mereka saat tahu kalau jerih payah mereka selama 2 tahun ini masih dianggap angin sepi. Sudahlah kawan, Award itu bukan segala-galanya, karena saya tahu cinta yang ada dalam hati kalian jauh melebihi segala award yang bisa diberikan oleh manusia. Persetan dengan semua award itu..!!!. Semoga saja semua itu tak lantas membuat langkah kalian surut, tak lantas membuat cinta kalian pada komunitas ini jadi susut bahkan hilang.

 

Sejuta bahkan lebih rasa salut saya haturkan untuk Rara, Ina, Anhie, Unga, Nanhie, Ntan, Mus, Iqko, Eko, Mamie,Ira, Made, Herman, Ally, Ndy, Nawir Gani, Anbhar, Putry, Asri, Rusle, Adink, daeng Nuntung, daeng Marowa, pak Amril, dan semua yang bergabung di komunitas Blogger Makassar. Saya tak bisa menyebutkan nama kalian satu persatu, tapi rasa hormat dan salut saya tetap sama buat kalian semua, kalian yang selama ini telah menunjukkan kepada saya bagaimana hebatnya sebuah kekuatan bernama cinta.

 

Selamat ulang tahun buat komunitas kita yang tercinta. We can do better than this..!!!, and don’t even think to stop..!!

About The Author

3 Comments

  1. Gelandangan
    01/12/2008
  2. rusle
    02/12/2008
  3. syamsoe
    03/12/2008

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: