Semangat Api SEA Games di Makassar

Obor SEA Games

Api itu lambang semangat

Bulan November 2011 ini Indonesia akan kembali jadi pusat perhatian negara-negaran di kawasan Asia Tenggara. Dua kota, Palembang dan Jakarta akan jadi tuan rumah, mendapat kehormatan menggelar berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan dalam SEA Games ke 16.

Menjelang hari H, masalah masih saja muncul. Masalah paling besar adalah tentang persiapan venue yang belum seluruhnya selesai dan memenuhi standard. Sekali lagi harga diri bangsa akan dipertaruhkan. Sukses tidaknya ajang SEA Games ini akan menentukan bagaimana negara-negara Asia Tenggara memandang negara kita.

Dalam rangkaian ajang pesta olahraga se Asia Tenggara itu, obor api SEA Games juga diarak keliling Indonesia. Berawal dari Merapen Jawa Tengah, api abadi tersebut kemudian dibawa ke Jogja dan ke Semarang. ?Dari pulau Jawa, api kemudian dibawa ke Indonesia bagian timur. Singgah di pulau Komodo dan kemudian ke propinsi paling timur Indonesia, Papua.

Dari Papua, api kemudian dibawa ke kota Makassar. 31 Oktober 2011, api obor SEA Games tiba di kota yang disebut sebagai pintu gerbang Indonesia Timur.

Jam 4 sore, api obor SEA Games kemudian dilepas dari rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan di Jl. Jenderal Sudirman. Diawali dengan beberapa seremoni termasuk pidato sambutan, api kemudian diarak ke beberapa jalan-jalan utama di dalam kota Makassar.

Rencananya walikota Makassar dijadwalkan ikut berlari membawa api obor SEA Games, tapi karena satu dan lain hal rencana itu dibatalkan. Dari rumah jabatan gubernur api dibawa ke kantor KONI SulSel di Jl. Sultan Hasanuddin sebelum akhirnya akan dibawa ke anjungan pantai Losari, Makassar.

Di anjungan pantai Losari persiapan sudah dilakukan dari jam 4 sore. Panggung besar sudah disiapkan, lengkap dengan tenda dan kursi-kursinya. Selepas maghrib acara sebenarnya harus dimulai. Sayangnya cuaca Makassar sedang tidak bersahabat. Hujan deras diiringi angin kencang membuat persiapan acara menjadi buyar.

Panitia dengan sigap menyingkirkan kursi ke dalam tenda dan menutupi semua alat musik yang ada di panggung. Persiapan acara kemudian makin molor.

Suasana panggung hiburan di anjungan pantai Losari

Hampir jam 9 malam ketika hujan mulai reda, acara akhirnya dimulai. Api obor SEA Games datang ke anjungan dan disambut sajian musik dari panggung. Malam itu, acara juga dimeriahkan oleh penampilan band Cokelat. Di depan panggung, penonton membludak penuh antusias ingin menyaksikan acara pengarakan api obor SEA Games.

Api memang melambangkan semangat, dan api obor SEA Games tentu diharapkan bisa membakar semangat para atlet kita untuk berlaga di SEA Games. Ayo Indonesia Bisa !!

About The Author

One Response

  1. Zippy
    03/11/2011

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: