Selamat Ulang Tahun, Nadaa Fathiya Farah

nadaa-fathiya-farahHari ini, 18 April-Nadaa ulang tahun. Hari ini umurnya genap 5 tahun. Ini pertama kalinya dia ulang tahun jauh dari saya. Biasanya setiap tahun saya selalu ada di sampingnya saat dia ulang tahun, meski kami hanya sekali merayakan ulang tahunnya. Tahun-tahun sebelumnya, setiap kali dia ulang tahun dia selalu kami beri perlakuan istimewa. Biasanya dia kami bawa jalan-jalan atau kami belikan sesuatu. Tak perlu mahal, yang penting dia senang dan tentu saja berguna.

Tahun ini suasananya berbeda. Nadaa ada di Semarang sementara saya sendirian di Makassar. Rasanya sedih juga tak bisa ada di dekatnya saat dia berulang tahun.

Nadaa..rasanya waktu bergulir sangat cepat. Ayah masih ingat hari di mana kamu pertama kali menghirup udara bumi. Hari-hari di mana kamu mulai bisa tengkurap, mulai sering ngoceh, mulai bisa merangkak dan akhirnya berjalan sendiri.

Sekarang kamu sudah besar Nak, sudah 5 tahun. Kamu makin pintar, makin cerdas, dan makin aktif. Kadang-kadang kami orang tuamu sendiri sampai tidak menyangka kamu secerdas itu. Kami kadang terlalu meremehkan kemampuanmu, Nak.

Nadaa, maaf kalau selama ini ayah banyak salah sama kamu. Maaf kalau selama ini ayah belum bisa jadi ayah yang baik untuk kamu. Ayah tahu ayah masih sering membuatmu terluka dan kecewa. Tapi nak, sekarang ini, saat kita berjauhan dan saat rasa rindu untuk mendekapmu itu serasa menggedor dada ayah, saat itulah ayah sadar kalau ayah sangat menyayangimu nak.

Nadaa, jadilah seperti apa yang kamu inginkan. Bukan apa yang ayah atau bundamu inginkan. Lakukan apa saja yang membuatmu bahagia, selama itu tak melanggar hukum agama, hukum negara dan menyakiti orang lain.

Nadaa, tetaplah menjadi matahari dalam kehidupan kami orang tuamu. Tetaplah bersinar untuk kami, agar hari-hari kami cerah. Kami orangtuamu hanyalah sepasang bunga matahari yang selalu merunduk dan mengharapkan cahayamu.

Nadaa, ayah sayang sama kamu nak. Ayah rindu sama kamu. Rindu pada tawa riangmu, rindu pada keaktifanmu, rindu diganggu kamu, rindu ditanya ini itu sama kamu. Nadaa, terkadang kamu memang bisa membuat kami orang tuamu jadi sebal. Tapi melihat kamu tertidur nyenyak, dunia seakan berhenti berputar dan yang ada hanya kebahagiaan telah diberikan kesempatan memilikimu.

Selamat ulang tahun nak, nikmati hidupmu selagi kamu mampu. Maafkan ayah yang sampai sekarang tak bisa jadi ayah yang baik untukmu. Ayah sayang kamu, dan ayah rindu kamu…

SELAMAT ULANG TAHUN..

Silakan Kakak, Dibaca Juga Kakak...

About The Author

4 Comments

  1. syamsoe
    18/04/2009
  2. ipul
    18/04/2009
  3. amril
    23/04/2009
  4. anbhar
    27/04/2009

Add Comment