PEARL JAM NITE 3

poster pearl jam nite 3-courtesy of Pearl Jam Indonesia


Manusia adalah makhluk sosial, yang butuh berintreaksi, bersosialisai, bergaul dan berbagi dengan manusia lainnya. Salah satu ajang sosialisasi yang paling nyaman tentu saja adalah dengan berkumpul dalam satu komunitas berisi manusia-manusia lainnya yang punya ketertarikan yang sama terhadap satu hal. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan orang-orang berkumpul dalam satu komunitas di dunia maya, sambil sesekali berkumpul dan bertemu di dunia nyata.

Saya sendiri sebagai manusia yang punya ketertarikan besar pada Sepakbola dan musik -namun agak terlambat bergaul dengan dunia maya-akhirnya bertemu teman-teman satu aliran, sama-sama suka dan jatuh cinta pada PEARL JAM. Agak terlambat memang, karena baru pada bulan maret tahun ini saya bisa bergabung di komunitas Pearl Jam Indonesia, padahal komunitas ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 2001 dengan keanggotaan saat ini sekitar 300 orang.

Saya nggak tahu berapa banyak band atau artis (utamanya produk 90-an) yang punya milis penggemar di Indonesia dengan keanggotaan yang besar dan aktifitas yang juga besar. Tapi yang pasti milis PEARL JAM yang saya ikuti ini sangat mampu untuk menampung ketertarikan para penggemar band asal Seattle ini, karena lalu lintas pertukaran info atau material sekitar Pearl Jam yang cukup aktif.

Bicara soal PEARL JAM, sebagian besar orang yang kenal band ini rata-rata menyangka kalau band ini sudah almarhum atau paling tidak sudah vakum seperti nasib beberapa pengusung Seattle Scene yang lain. Saya sendiri sebenarnya sempat hilang kontak dengan PEARL JAM selama kurang lebih 5 tahun, sempat juga mengira PEARL JAM udah “lewat”, makanya pas gabung di milis rada-rada surprise juga mengetahui kalau PEARL JAM ternyata masih eksis, masih terus giat menjalani World Tour (yang masih saja sukses di tiap negara yang didatanginya), dan masih tetap mengeluarkan album atau single. Suatu hal yang luar biasa, mengingat band-band sejenis dan seangkatan rata-rata sudah almarhum atau vakum.

Soal komunitas Pearl Jam Indonesia, sebagaimana jamaknya komunitas di dunia maya, pertemuan di darat juga sering digelar, entah berupa gathering mini yang hanya melibatkan beberapa orang dengan jenis acara dan tempat yang dadakan, atau gathering akbar semacam Pearl Jam Nite-a tribute to Pearl Jam yang diatur secara ditel soal tempat dan susunan acaranya . Dan tahun ini Pearl Jam nite kembali digelar untuk yang ketiga kalinya dengan mngambil tempat di kota Bandung, salah satu kota basis fans berat Pearl Jam. Berbagai persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya, berbagai rintangan juga datang sejak jauh-jauh hari sebelumnya, bahkan 2 hari menjelang hari H, saat berita baru muncul tentang perubahan lokasi acara. Apapun itu saya melihat kesungguhan anak-anak milis untuk tetap berjalan berdampingan mensukseskan acara gathering ini, sekaligus mempererat silaturrahmi antar anggota. Salut buat panitia dan semua anggota milis yang telah membantu pelaksanaan acara itu.

Sayangnya, walaupun gathering mini telah beberapa kali diadakan, plus Pearl Jam nite yang sudah akan masuk ke bilangan ke tiga, tapi saya belum pernah sekalipun ikut serta dan berkumpul dengan sesama Jammers. Selain karena faktor keanggotaan yang masih seumur jagung, faktor jarak Makassar-Jakarta yang lumayan menguras kantong juga jadi salah satu alasan. Dan pagelaran Pearl Jam Nite 3 sabtu besok pun terpaksa aku lewatkan…

Sekarang hanya ada satu harapan dari saya, mudah-mudahan acaranya berjalan lancar dan sukses, dan teman-teman yang datang bisa menikmati acaranya. Mungkin suatu hari nanti saya juga bisa ikut menikmati lagu-lagu Pearl Jam bersama mereka, atau mungkin suatu hari nanti bisa nonton Pearl Jam rame-rame bersama mereka….Insya Allah.

About The Author

5 Comments

  1. rusle
    04/06/2007
  2. Ifool
    04/06/2007
  3. Mohammad Helman Taofani
    06/06/2007
  4. Ifool
    06/06/2007
  5. garlin
    02/10/2011

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: