Mengirim Mimpi Dari Luar

Mata Uang Arab Saudi

Mata Uang Arab Saudi

Indonesia termasuk salah satu negara yang paling banyak mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri. Di sektor formal maupun informal.

“Anak muda di sini dulu banyak yang kerja di luar negeri. Khususnya di Malaysia dan Brunei”, kata seorang ibu ketika saya dan beberapa orang lainnya berkunjung ke sebuah desa di Galesong, Kab. Takalar. Bukan hal yang aneh. Di negeri ini ada banyak kampung yang banyak ditinggalkan penghuninya demi mencari kehidupan di negeri seberang.

Menjadi TKI adalah pilihan ketika ekonomi menghimpit dan tidak ada jaminan masa depan di negeri sendiri. Ketika sinar terang muncul di negeri seberang atau bahkan negeri yang teramat jauh, ketika itulah mereka memilih untuk mengangkat koper dan mencoba peruntungan di negeri lain.

Sampai bulan Mei 2012 saja tercatat devisa yang dihasilkan oleh para tenaga kerja Indonesia di luar negeri itu adalah sebesar Rp. 40 triliun. Jumlah yang sangat besar. Sementara itu propinsi penghasil tenaga kerja ke luar negeri yang ?terbesar adalah: Provinsi pengiriman TKI terbesar dari Jawa Barat (145.012 orang). Lalu berturut-turut 10 besar yakni Jawa Tengah (122.814 orang), Jawa Timur (110.497 orang), Nusa Tenggara Barat (72.846 orang), Banten (27.963 orang), DKI Jakarta (18.204 orang), Lampung (17.790 orang), Bali (15.056 orang), Sulawesi Selatan (13.911 orang), dan Sumatera Utara (12.398 orang) ? sumber: website resmi BNP2TKI

Faktor ekonomi jadi alasan utama para tenaga kerja yang sebagian besar wanit itu untuk mempertaruhkan nasib jauh dari keluarga. Sebagian dari mereka berhasil, tapi sebagian lagi terpaksa menelan pil pahit dan tidak seberuntung rekan lainnya.

Karena alasan utamanya ekonomi, maka pengiriman uang tentu jadi hal utama yang menjadi pikiran para tenaga kerja yang mencari nafkah di luar negeri itu. Para tenaga kerja di luar negeri itu tentu berharap hasil keringat mereka bisa dikirim dengan cepat dan mudah kepada keluarga yang ada di tanah air.

Sekarang ini suda ada banyak cara yang mempermudah para pekerja di luar negeri itu untuk mengirimkan hasil keringat mereka kepada keluarga di tanah air. Cara manual dengan berkunjung ke bank ataupun cara lain yang sekarang lebih mudah berkat bantuan teknologi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan telepon genggam.

XL Tunai, Memudahkan Mimpi Menjadi Nyata

XL Axiata, salah satu penyedia layanan selular terbesar di Indonesia sekarang ini punya program baru yang memudahkan proses pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia. Namanya XL Tunai International Remittance. Melalui layanan ini, pelanggan akan bisa menerima? kiriman uang dari luar negeri, khususnya dari Malaysia dan Arab Saudi serta lebih dari 110 negara lainnya di dunia. Layanan yang bisa dinikmati mulai Februari 2013 ini merupakan hasil kerjasama XL dengan Western Union dan Celcom Axiata (Air Cash).

Saat ini Layanan XL TUNAI International Remittance baru berupa layanan penerimaan uang dari luar negeri dan belum memberlakukan layanan pengiriman uang ke luar negeri. Pengiriman melalui Western Union bisa dilakukan dari Malaysia, Arab Saudi, Hong Kong, Singapura, dan lebih dari 100 ?negara lainnya yang disupport Agen Western Union. Sedangkan pengiriman melalui Celcom Axiata (Air Cash) bisa dilakukan dari pelanggan Celcom di Malaysia.

Penandatanganan MoU Xl Tunai

Penandatanganan MoU Xl Tunai

Penerima kiriman uang bisa siapa saja, selama kartu XL yang dimilikinya aktif dan dapat menerima SMS. Penerima kiriman uang akan mendapatkan notifikasi berupa SMS yang menginformasikan bahwa telah menerima kiriman uang dalam bentuk saldo XL TUNAI.

Cara melakukan cek saldo XL TUNAI jika menerima kiriman uang adalah dengan mengakses *123*120#. Untuk bisa menerima dan menarik uang melalui layanan XL TUNAI International Remittance, pelanggan harus memiliki akun terdaftar XL TUNAI. Jika belum memiliki akun terdaftar XL TUNAI, maka belum bisa melakukan penarikan uang. Cara melakukan penarikan uang adalah :

  1. Masuk ke *123*120# pilih menu Tarik Uang
  2. Pilih menu Tarik Tunai via Agen
  3. Masukan nominal uang (dalam kelipatan Rp 5.000,-)
  4. Konfirmasi
  5. Terima notifikasi Kode Penarikan (Kode harus ditunjukkan kepada Agen)

 

Penarikan uang bisa dilakukan melalui XL Center di seluruh Indonesia, kantor dealer resmi XL, agen XL TUNAI atau retail outlet XL yang bertanda khusus dan segera akan dapat dilakukan di toko Alfamart seluruh Indonesia. Pelanggan juga bisa melakukan penarikan secara Cash On Delivery atau layanan antar uang? yang telah berlaku di beberapa kota di Jawa oleh Petugas XL (Pak Tunai), antara lain di kota Jakarta, Cirebon, Tegal, Indramayu, Sumenep, Jember,?dan beberapa kota lainnya, dengan perjanjian terlebih dahulu di lokasi yang disepakati oleh pelanggan dan Pak Tunai.

Untuk pengiriman uang dari luar negeri ini, konversi mata uang dilakukan di agen pengirim di luar negeri, dan XL menerima dalam Rupiah di saldo XL TUNAI. Penerima uang tidak dikenakan biaya. Hanya pengirim yang dikenai biaya transaksi (sesuai tarif yang berlaku di Western Union dan Celcom Air Cash). Sementara itu, untuk melakukan penarikan uang, pelanggan akan dikenai biaya Rp. 5.000 bila penarikan di bawah Rp. 200.000; dan Rp.10.000 bila Penarikan di atas Rp. 200.000 s/d maksimal Rp. 5.000.000.

Jika penerima adalah pelanggan yang belum terdaftar XL Tunai, maka pelanggan hanya akan menerima SMS notifikasi, dan uang akan diterima dalam bentuk saldo XL TUNAI setelah mendaftar. Notifikasi pengingat berupa SMS untuk segera mendaftarkan Akun XL TUNAI akan dikirimkan ke penerima selama 45 hari pada H+0, H+7 dan H+21.

Untuk penarikan uang di agen/XL Centre, penerima harus membawa SMS dengan Kode Penarikan dan kartu identitas (KTP/SIM/Passport) yang sah dan harus diambil sebelum 14 hari sejak permintaan penarikan uang. Jika lebih dari 14 hari uang tidak diambil, maka secara otomatis uang tersebut akan dikembalikan ke saldo XL TUNAI pelanggan dipotong biaya penarikan. Notifikasi pengingat berupa SMS akan dikirimkan ke penerima/pelanggan pada H+0, H+7 dan H+12. penerima bisa meminta pengiriman ulang SMS kepada XL via 817.

Punya kehidupan yang lebih baik adalah impian semua orang, dan untuk itu orang bersedia melakukan apa saja untuk membuatnya jadi nyata. Ketika banyak orang menempuh jarak ribuan kilometer untuk mewujudkannya maka bersyukurlah ketika ada yang bisa membuat impian mereka jadi lebih mudah untuk menjadi nyata.

[dG]

About The Author

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: