Mengembalikan File Yang Rusak Dari Media Storage

Stress

Semoga Tuhan memberkati orang-orang yang menciptakan software yang berguna ini.

Selasa 4 Oktober kemarin saya dimintai tolong teman-teman kantor untuk mendokumentasikan pertandingan final kejuaraan sepakbola antar anak perusahaan dalam rangka ulang tahun grup perusahaan kami. Seperti biasa tim kami masuk final dan kali ini bertemu tim yang sepertinya lebih bagus.

Jam 4 sore saya sudah siap di lapangan dengan kamera dan lensa lumayan panjang. Sepanjang pertandingan saya berusaha menangkap momen-momen terbaik. Sore itu dewi fortuna sedang berpihak kepada tim kami. Meski terus ditekan sepanjang pertandingan namun tim kami mampu menciptakan 2 gol cantik yang kemudian hanya mampu dibalas dengan satu gol dari tim lawan.

Tim kami berhasil menjadi juara dan saya berhasil menangkap momen penyerahan hadiah serta tentu saja foto tim bersama piala. Momen yang bersejarah dan mungkin baru akan terulang paling cepat setahun kemudian.

Tadi pagi saya bermaksud mentransfer file dari MMC ke hard disk. Prosedurnya seperti biasa, colok MMC dan copy. Awalnya berhasil sampai kemudian di tengah jalan masalah mulai muncul. Filenya tidak mau tercopy lagi dan MMC tidak mau dikenali.

Saya lepas colokannya dan coba untuk colok ulang. Pesan yang muncul malah bikin stress. MMC nya tidak terformat dan windows meminta untuk menformat ulang. Hadduh !! parah..bagaimana nasib foto-foto saya ? Mengingat teman-teman sudah berharap banyak bisa menikmati rekaman pertandingan mereka meski dalam bentuk foto.

Saya coba berkali-kali pesan yang sama tetap saja muncul. Windows minta MMC diformat ulang. Stress, saya coba googling seperti biasa dan menemukan beberapa referensi software yang bisa digunakan untuk melakukan recovery pada file yang hilang dari media storage. Salah satunya adalah PC Inspector Smart Recovery.

Alhamdulillah karena ternyata software ini benar-benar bisa mengembalikan semua foto dari MMC yang korup, bahkan setelah MMC tersebut diformat ulang.

Screenshot penggunaan PC Inspector Smart Recovery

Hebatnya lagi karena software ini gratis, tinggal download dan install. Setelah itu jalankan program seperti biasa. Anda hanya perlu menentukan dari drive mana file yang akan direstore serta menentukan di folder mana file tersebut akan disimpan. Setelah semua siap, tinggal menekan tombol start dan tunggu sampai prosesnya selesai. Lama proses tergantung besaran MMC tentu saja.

Setahu saya ada banyak jenis file yang bisa direcover lewat software ini, rata-rata adalah file-file yang biasa disimpan dalam MMC seperti AVI, MOV, JPG atau file-file lainnya.

Nah, bagi anda yang kebetulan pernah mengalami masalah yang sama dengan saya, silakan menggunakan software ini yang bisa diunduh gratis di sini. Hanya saja sayang sekali karena software ini tidak bisa berjalan di Windows 7 tapi berjalan lancar di Windows XP.

About The Author

6 Comments

  1. mizan
    06/10/2011
    • iPul dg.Gassing
      10/10/2011
  2. Lomar Dasika
    07/10/2011
    • iPul dg.Gassing
      10/10/2011
  3. daengoprek
    09/10/2011
    • iPul dg.Gassing
      10/10/2011

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: