Tags: ,

Membawa Sekolah ke Internet

image by : Google

Salah satu institusi yang paling aktif menggunakan internet adalah kampus-kampus dan sekolah.

Teknologi makin berkembang, khususnya yang bersangkutan dengan informasi teknologi. Belasan tahun lalu internet hanya dikuasai oleh mereka yang punya modal dan kekuatan. Tidak semua orang bisa mengakses atau menyediakan informasi lewat internet. Untuk melakukannya butuh kekuatan dana dan pengetahuan yang lebih.

Saat ini internet sudah jadi barang jamak, bahkan di Indonesia sekalipun. Siapa saja bisa mengaksesnya, dan siapa saja bisa menyediakan informasi di sana. Perangkat yang bisa menghubungkan kita dengan internet juga makin murah. Dulu hanya PC atau Laptop dengan perangkat tambahan yang bisa melakukannya, sekarang dengan sebuah handphone di genggaman saja kita sudah bisa berinteraksi dengan orang lain melalui internet.

Karena sifatnya yang tidak terbatas, internet kemudian bisa dinikmati siapa saja. Pengusaha, ibu rumah tangga, mahasiswa, anak sekolah dan bahkan petani sekalipun. Banyak orang yang kemudian berlomba-lomba memanfaatkan kemajuan teknologi yang dibawa dalam bentuk internet.

Salah satu institusi yang paling aktif menggunakan internet adalah kampus-kampus dan sekolah. Beberapa dari mereka dengan insitiatif tinggi menggunakan internet untuk memudahkan aktifitas belajar mengajar. Mulai dari informasi tentang bahan pelajaran, informasi pendaftaran, aktifitas sekolah atau perkuliahan hingga informasi tentang nilai.

Perkembangan ini tentu memudahkan bagi para pelajar dan mahasiswa yang memang butuh kecepatan akses informasi dalam segala hal yang berhubungan dengan dunia mereka. Informasi kegiatan sekolah hingga nilai-nilai dapat diakses secara cepat, di mana saja dan kapan saja.

Kebutuhan akan internet juga bukan hanya hadir lewat layanan seperti di atas, tapi tentu saja lewat layanan paling sederhana yaitu ketersediaan hotspot wi-fi dalam lingkungan kampus atau sekolah. Wi-fi tentu akan lebih memudahkan lagi bagi para siswa atau mahasiswa yang ingin mengakses internet. Percuma sebuah sistim diciptakan kalau perangkat pendukungnya tidak diadakan.

Kebutuhan-kebutuhan seperti yang ada di atas membuat beberapa penyedia layanan selular berusaha memberikan yang terbaik, salah satunya adalah XL. Sebagai salah satu penyedia jasa layanan selular terbesar di Indonesia, XL memberikan layanan XL Edusolutions untuk sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia.

Layanan ini adalah perpaduan antara XL Sitosfer ( Sistem Informasi Sekolah Terpadu ) dengan pengadaan wi-fi gratis di sekolah dan kampus. Untuk XL Sitosfer, pihak XL menyajikan layanan terpadu dengan platform internet dan SMS bagi para siswa/mahasiswa dan orang tua untuk dapat mengakses informasi tentang sekolah atau kampus mereka.

Sementara untuk wi-fi gratis dapat dipasang di mana saja dalam lingkungan kampus atau sekolah. Bisa di laboratorium, ruang perkuliahan atau bahkan di ruang terbuka yang ditunjuk oleh pengelola sekolah atau kampus. Ini tentu saja memudahkan para siswa atau mahasiswa untuk mengakses internet melalui laptop atau smartphone.

Untuk layanan Sitosfer, saat ini sudah diaplikasikan pada sekitar 1000 sekolah dan kampus di Indonesia. XL menetapkan target hingga akhir 2012 akan ada sekitar 2000 kampus dan sekolah yang menikmati layanan Sitosfer ini. Sementara untuk free wi-fi, sampai saat ini sudah terpasang di sekitar 185 kampus dan sekolah. Tagetnya pada akhir 2012 nanti akan ada 500 sekolah dan kampus yang telah dipasangkan free wi-fi.

Program XL Edusolutions ini adalah rangkaian program dari XL dalam rangka memajukan negeri. Xl Edosulitons ini sebenarnya adalah kegiatan yang berada dalam rangkaian Program XL Youth & Campus. Program yang sudah diluncurkan sejak 1 Mei 2010 ini terdiri dari 3 program utama yaitu Educations Develoment berisi kegiatan workshop, try out, kuliah umum dll, Creativity Development yang terdiri dari kompetisi mading online, kompetisi olahraga, pensi dan berbagai kompetisi lainnya serta tentu saja Information Technology Development.

Teknologi memang akan terus berkembang, setiap kita punya bagian di dalamnya. Apakah akan sebagai penikmat atau jadi orang yang bisa betul-betul memanfaatkannya. Sekarang memang saatnya membawa sekolah ke internet, supaya manfaatnya bisa makin terasa bagi orang banyak.

 

[dG]

Silakan Kakak, Dibaca Juga Kakak...

About The Author

5 Comments

  1. Endi
    19/04/2012
    • iPul dg.Gassing
      19/04/2012
  2. RAHLI
    09/02/2013
  3. RAHLI
    09/02/2013
  4. kusnendar
    15/11/2014

Add Comment