Langkah Bersama Memajukan Negeri

Persembahan XL Memajukan Negeri

Negeri ini memang butuh orang-orang atau mereka-mereka yang mau bersusah payah memanjangkan tangannya untuk menjangkau semua orang di negeri ini agar mau dan bisa jalan sama-sama.

Indonesia ini negeri subur. Indonesia ini negeri kaya. Itu yang selalu saya ingat dari kecil, bahkan Koes Pluspun menggambarkan kekayaan negeri ini sebagai negeri di mana tongkat yang ditanampun bisa jadi tumbuhan, negeri di mana ikannya bisa diraup dengan begitu mudah. Negeri yang dari ujung Barat ke Timur semua penuh dengan potensi.

Tapi, negeri ini juga selalu punya masalah. Selalu punya rintangan. Negeri ini memang maju, setiap tahun selalu ada langkah-langkah baru yang ditorehkan dalam jejak sejarah. Tapi masih banyak juga mereka yang tertinggal, yang kadang masih terlupakan. Lupa dan tidak terjangkau untuk dirangkul agar sama-sama maju. Mereka berada di luar lingkaran, kadang tak tersentuh dan kadang tak terdengar.

Negeri ini memang butuh orang-orang atau mereka-mereka yang mau bersusah payah memanjangkan tangannya untuk menjangkau semua orang di negeri ini agar mau dan bisa jalan sama-sama. Memajukan negeri bukan hanya tugas pemerintah saja bukan? Siapa saja bisa ikut, siapa saja bisa mengambil peran untuk memajukan negeri.

Ada banyak jalan untuk menuju kemajuan, orang pintar pasti lebih paham. Tapi yang umum kami tahu adalah bahwa salah satu gerbang menuju kemajuan adalah informasi.? Jaman sekarang, akses informasi begitu lebar terbuka dengan adanya internet. Di mana saja dan kapan saja orang bisa mengakses informasi, jadi penerima, penyampai dan bahkan pembuat informasi. Semua karena internet.

BTS XL

Dengan internet, masyarakat yang jauh dari kota bisa ikut menikmati informasi yang diproduksi dari kota besar.Bisa mencari dan bisa juga mengabarkan informasi tentang kegiatannya hingga memungkinkan timbulnya kolaborasi informasi. Sedikit demi sedikit itu akan jadi sebuah gerbong menuju kemajuan.
Pendidikan juga adalah salah satu jalan menuju kemajuan. Jaman sekarang banyak hal yang diukur dengan lewat pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Informasi sudah seperti sebuah air yang mengalir ke mana saja. Semua orang bisa mengaksesnya, semua orang bisa menikmatinya. Internet membantu semua orang untuk bisa mengejar ketertinggalan. Internet jadi kendaraan untuk sama-sama memajukan diri, komunitas, kelompok dan tentu saja negeri ini.

Mengawinkan internet dan pendidikan seperti sebuah keharusan. Ada banyak yang bersedia menjadi penghulunya dan membuat internet menjadi pasangan serasi untuk pendidikan. Sifat internet yang mudah dijangkau siapa saja tentu akan sangat positif bila dimanfaatkan, utamaya untuk pendidikan.

Salah satu institusi yang paling aktif menggunakan internet adalah kampus-kampus dan sekolah. Beberapa dari mereka dengan insitiatif tinggi menggunakan internet untuk memudahkan aktifitas belajar mengajar. Mulai dari informasi tentang bahan pelajaran, informasi pendaftaran, aktifitas sekolah atau perkuliahan hingga informasi tentang nilai.

Perkembangan ini tentu memudahkan bagi para pelajar dan mahasiswa yang memang butuh kecepatan akses informasi dalam segala hal yang berhubungan dengan dunia mereka. Informasi kegiatan sekolah hingga nilai-nilai dapat diakses secara cepat, di mana saja dan kapan saja.

Kebutuhan akan internet juga bukan hanya hadir lewat layanan seperti di atas, tapi tentu saja lewat layanan paling sederhana yaitu ketersediaan hotspot wi-fi dalam lingkungan kampus atau sekolah. Wi-fi tentu akan lebih memudahkan lagi bagi para siswa atau mahasiswa yang ingin mengakses internet. Percuma sebuah sistim diciptakan kalau perangkat pendukungnya tidak diadakan.

Salah satu provider yang aktif memperluas ketersediaan jaringan internet adalah XL. Mereka punya program yang diberi nama XL Edusolution, salah satu layanan yang memang diutamakan untuk memperluas jaringan informasi pendidikan yang menyasar ke kampus-kampus atau sekolah-sekolah. XL sudah melangkah jauh dengan membuat sistim informasi terpadu yang memudahkan para mahasiswa atau siswa SMU berbagi informasi tentang pendidikan mereka. Di lain pihak XL juga sudah menghadirkan layanan wi-fi gratis di sekitar 185 kampus dan sekolah di seluruh Indonesia.

XL di Kopdar Blogger Nusantara 2011

Ada satu lagi langkah XL yang menurut saya bisa dianggap sebagai langkah memajukan negeri. XL adalah provider yang punya passion besar untuk mendukung kegiatan komunitas online di seluruh Indonesia. Oktober 2010 XL mengambil peran sebagai sponsor utama gelaran Kopdar Blogger Nusantara di Sidoarjo. Ini sebuah ajang temu blogger terbesar di Indonesia yang menghadirkan sekitar 1300 blogger dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain acara besar itu, XL juga jadi sponsor di banyak acara berskala lebih kecil dan juga mendukung banyak gerakan blogger serta komunitas online di Indonesia.

XL di Oblong Merah Muda, Malang

Terlihat sepele, tapi sesungguhnya berefek besar bagi kemajuan negeri. Komunitas online, utamanya komunitas blogger punya posisi strategis sebagai penyampai informasi di jaman internet ini. Mereka pasti punya program dan kegiatan jelas untuk membiasakan masyarakat berbagi lewat internet, utamanya dengan ngeblog. Komunitas punya jaringan yang kuat, mereka terdiri dari orang-orang dengan latar belakang beragam tapi dengan satu passion, berbagi hal positif dari internet. Dukungan XL untuk gerakan komunitas tentu memberi dampak besar untuk rencana dan program kerja mereka.

XL punya tagline XL Memajukan Negeri, di lapangan tagline ini sudah diaplikasikan. Ada rentetan kegiatan yang mereka jalankan dengan efek baik yang langsung maupun tidak. Tanggung jawab memajukan negeri memang bukan cuma milik pemerintah saja, warga negara atau mereka yang punya modal juga bisa ikut ambil bagian.

Saya dan anda semua tentu berharap bisa bersama-sama melihat negeri ini maju. Melihat Indonesia yang lebih baik tanpa harus menunggu aksi dari pemerintah. Mari bersama-sama memajukan negeri.

[dG]

About The Author

One Response

  1. Endi
    13/05/2012

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: