Tags: ,

Inovasi Di Dunia Maya

Innovation (sumber: www.whatisaninnovation.com)

Innovation (sumber: www.whatisaninnovation.com)

Percuma punya perangkat terbarukan jika jaringan internet tidak mendukung. Bisa-bisa perangkat itu hanya jadi pajangan yang fungsinya tidak optimal.

Beberapa hari ini dunia teknologi dihangatkan oleh peluncuran iOS 7 atau perangkat lunak terbaru dari Apple. Perang opini tentang tampilan, kecepatan dan kenyamanan dari iOS 7 bermunculan di ranah maya. Ini hal biasa, setiap peluncuran perangkat lunak atau perangkat keras yang berhubungan dengan teknologi informasi maka pro dan kontra tentu akan menyertainya. Beberapa bulan lalu peluncuran Blackberry Z10 juga sama.

Teknologi sekarang memang bergulir sangat-sangat cepat. Apa yang trend hari ini bisa dengan cepat menjadi terasa kuno dengan munculnya inovasi dan penemuan-penemuan baru hanya dalam hitungan bulan. Mereka yang memang punya minat besar untuk mengikuti perkembangan teknologi tentu tidak akan sayang untuk membelanjakan uang mereka mendapatkan perangkat terbaru.

Tapi, perangkat keras terbaru atau perangkat lunak paling gres rasanya akan sia-sia tanpa adanya ?dukungan jaringan internet yang bagus. Jaringan internet adalah faktor penting bagi pengguna untuk mengoptimalkan handset dan software mereka. Tanpa itu, keduanya hanya jadi pajangan.

Kebutuhan akan paket layanan data makin lama makin tinggi. Orang-orang membutuhkannya bukan hanya untuk saling berkomunikasi lagi tapi juga bisa jadi sarana mencari hiburan atau mencari aktualiasi diri. Intinya, banyak hal yang bisa dilakukan dengan paket layanan data internet yang memadai.

Salah satu penyedia layanan internet di Indonesia adalah XL. Beberapa tahun belakangan ini, layanan selular berlogo dominan biru ini merangsek cepat ke jajaran atas penyedia layanan selular di Indonesia. Jumlah penggunanya semakin bertambah seiring dengan semakin besarnya kebutuhan orang akan paket data. Tentu akan jadi bumerang bagi mereka kalau sampai XL tidak mempersiapkan diri memperbaiki perangkatnya untuk melayani kebutuhan pengguna yang semakin besar.

Rupanya sejak 2011 XL sudah mempersiapkan kemungkinan ini. Mereka sudah memoderenkan perangkat BTS yang lama dengan perangkat baru yang punya kecepatan dan kapasitas yang lebih besar dengan konsumsi listrik yang lebih rendah. Ini tentu cara mereka agar pelanggan yang semakin hari semakin banyak dengan tingkat kepercayaan yang semakin tinggi juga tidak kecewa.

Indonesian Cellular Show dan Inovasi Kreatif.

Tapi sebagai salah satu perusahaan selular terbesar di Indonesia, XL Axiata rupanya tidak hanya fokus pada kecepatan data dan layanan saja. Mereka punya banyak inovasi yang sebagian di antaranya memang belum pernah ada di Indonesia.

Salah satu inovasinya adalah XL Tunai Tap yang merupakan inovasi sistem pembayaran dengan menjadikan ponsel pelanggan layaknya mesin ATM. Dompet digital yang aman dan memudahkan transaksi menggunakan uang elektronik. Pelanggan cukup menempelkan stiker XL Tunai Tap ke mesin reader, dan pembayaran akan memotong saldo XL Tunai pelanggan. Pelanggan dapat langsung menggunakan XL Tunai Tap setelah melakukan pengisian saldo.

Menkominfo ketika mencoba layanan XL Tunai Tap di ICS

Menkominfo ketika mencoba layanan XL Tunai Tap di ICS

Cerita lengkap tentang inovasi baru yang bisa mulai dirasakan bulan September 2013 itu bisa dilihat pada pameran Indonesia Cellular Show (ICS) tanggal 12-16 Juni di Jakarta Convention Center. Di pameran yang sama kita juga bisa menemukan beberapa produk unggulan seperti paket-paket bundling XL mulai dari Galaxy S4, Galaxy Note 8, Sony Xperia Z, HTC, BlackBerry Z10, iPhone 5, dan Nokia Lumia 920.

Selain itu, ada juga berbagai layanan digital (digital services) antara lain XL VAS, Vehicle Tracking System, XL Tunai, Bengkel Apps (M Cloud), Augmented Reality Photo Instant, dan Kinect Games, serta XL Hotrod 3G Trial Area, dimana pelanggan dapat merasakan pengalaman terbaik menikmati XL Nonton, Internet Addicted Meter, Kakao Talk, dan Mobile Coverage menggunakan jaringan stabil dan cepat HotRod 3G.

Tidak berhenti sampai di situ, XL juga berniat mendukung komunitas remaja dan anak muda dengan sebuah program seperti ?Olimpiade Digital Jagoan Muda?, sebuah kompetisi kreatifitas yang dilakukan di media digital, dan yang terbaru ?XL Superstar Tanpa Bakat?. Program ?XL Superstar Tanpa Bakat? ini merupakan sarana bagi para anak muda yang ingin menjadi superstar tanpa perlu memiliki keahlian khusus, maupun kriteria penampilan fisik tertentu. Lebih lengkap tentang ajang ini bisa dibaca di: www.xljagoanmuda.com/superstartanpabakat

Ketatnya persaingan dan kebutuhan pengguna layanan selular dan paket data di internet memang semakin tinggi dari hari ke hari. Penyedia layanan harus terus memutar otak dan mengasah kreativitas untuk mencari terobosan baru agar pelanggan puas dan merasa dirangkul. Sampai saat ini XL memang terbukti berhasil membuat terobosan-terobosan baru dalam layanan dan inovasi programnya.

Sebagai salah satu pengguna XL saya cuma bisa berharap agar si biru ini tidak berhenti memberikan inovasi dan layanan yang semakin bagus. Sayang kalau jalan yang sudah dirintis ini berhenti di tengah jalan. Dah ah, sayang sekali Indonesia Cellular Show hanya ada di Jakarta. Padahal tentu mengasyikkan kalau ajang serupa juga ada di Makassar.

 

About The Author

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz
%d bloggers like this: