Hitler dan Lembaran Sejarah Yang Ditulisnya

Adolf Hitler

Tidak selamanya sejarah diciptakan oleh mereka yang berbadan besar. Beberapa tokoh mengubah jalan sejarah meski secara fisik dia tidak terlalu besar. Adolf Hitler salah satunya.

Terlahir di sebuah penginapan di kota Braunau, Austria pada 20 April tahun 1889, Hitler tumbuh menjadi seorang anak pemberani. Sebagai remaja dia merupakan seorang seniman gagal yang kapiran dan kadang-kadang dalam usia mudanya dia menjadi seorang nasionalis Jerman yang fanatik. Di masa Perang Dunia ke-I, dia masuk Angkatan Bersenjata Jerman, terluka dan memperoleh dua medali untuk keberaniannya.

Perang dunia I berakhir dengan kekalahan yang menyesakkan buat Jerman, termasuk harus tunduknya mereka pada traktat Versailles yang jelas-jelas menusuk harga diri orang Bavaria. Hitler tidak terima, nasionalismenya terusik.

Hitler bergabung dengan partai buruh berhaluan kanan di Munich, awalnya sebagai seorang mata-mata yang ditugaskan untuk memata-matai pergerakan partai tersebut. Tapi pada perjalanannya dia malah jatuh cinta pada tujuan partai tersebut dan kemudian memilih untuk fokus pada tujuan partai.

Kemampuannya berorganisasi dan berorasi dengan cepat membuat karir politiknya melejit. Dalam waktu singkat dia naik ke jajaran tertinggi pengurus partai, belakangan Hitler bahkan mengubah nama partai menjadi Nazionalist Zosialist ( NAZI ). Hitler adalah lelaki kecil dengan kemampuan orasi yang luar biasa.

Logo partai Nazi

Hitler tahu betul karakter orang Jerman yang tidak suka dihina, dan titik itulah yang jadi fokusnya. Perlahan dia menanamkan doktrin untuk membangkitkan kembali harga diri orang Jerman yang jatuh pada titik terendah selepas perang dunia pertama. Hitler bahkan menyerang presiden Paul Von Hindenburg yang dinilainya lamban dan lembek. Sebuah usaha kudeta yang gagal membuatnya harus mendekam di penjara.

Di dalam penjara bersama Joseph Goebbels -pengikut setianya – Hitler menuliskan buku berjudul Mein Kampf atau Perjuanganku. Buku ini kelak menjadi kitab suci bagi Nazi yang memuat semua buah pikiran Hitler. Di buku ini juga jelas tertera kefanatikan Hitler pada teori Darwin yang menganggap semua ras di luar Eropa sebagai kera.

Selepas dari penjara perjalanan Hitler makin lapang hingga tak lama kemudian dia sudah menjadi der Fuhrer atau sang raja. Hitler mencanangkan program yang disebut sebagai Third Reich, atau kebangkitan ketiga kaum Bavaria yang diklaimnya akan bertahan selama 1000 tahun. Perlahan tapi pasti dia membangun bala tentaranya setelah berhasil mengusik rasa nasionalisme orang Jerman yang sempat terpupus akibat rasa malu selepas perang dunia pertama.

Kita sudah tahu jalan cerita selanjutnya. Hitler, Nazi dan Jerman merangsek hampir ke seluruh Eropa daratan bahkan ke Afrika utara dalam perang yang disebut sebagai perang dunia kedua. Hitler mendapat bantuan dari Benito Musollini sang diktator Italia serta sedikit dari Franco sang diktator Spanyol. Di sisi berseberangan, Amerika dan Inggris kemudian bersekutu dengan banyak negara lainnya untuk menghadang laju Hitler. Sementara dari utara, Rusia berjuang sendirian merangsek ke Berlin. Diakhir kisah Jerman kembali menjadi pecundang di Perang Dunia kedua.

Dunia mencatat bagaimana perjalanan sejarah diubah oleh seorang lelaki yang bertinggi 173 cm, termasuk pendek untuk ukuran Eropa. Dunia mencatat bagaimana seorang lelaki berkumis mirip Charlie Chaplin membuat shock seluruh tanah Eropa, bahkan hampir menguasainya.

Waffen SS, pasukan elite Nazi

Hitler memang tak seberapa tinggi, tapi nyali, keberanian dan nafsu menguasainya jauh melebihi manusia lainnya. Hitler yang megalomaniak tak pernah puas dengan apa yang dia capai. Dengan tangannya yang berlumuran darah dia mencatatkan namanya dalam lembaran sejarah, untuk waktu yang lama. Bahkan mungkin melebihi masa 1000 tahun seperti yang dia idamkan untuk Third Reich.

Hitler dengan Nazi-nya menumbuhkan sentimen kebencian pada jutaan orang di seluruh dunia. Jutaan orang meninggal akibat nafsu menguasai seorang Hitler. Hitler sungguh luar biasa, di masa ketika Jerman masih berada di bawah bayang-bayang kekalahan pasca perang dunia pertama, dia berhasil mempersiapkan bala tentara yang dianggap sebagai? yang paling canggih di jamannya.

Hitler menguasai hampir semua lini, punya pasukan tank terbaik, pasukan kaveleri dan infanteri paling mumpuni dan bahkan angkatan udara dan laut yang sulit ditandingi. Hitler hanya kalah oleh dirinya sendiri yang terlalu bernafsu dan tidak bisa menerima kata mundur, gagal atau menyerah.

Adolf Hitler, seburam apapun sejarah yang sudah ditorehkannya dia tetaplah seorang lelaki yang luar biasa. Lelaki kecil yang punya andil besar mengubah sejarah.

Hitler menembak kepalanya sendiri di persembunyian bawah tanahnya pada tanggal 30 April 1945, beberapa hari setelah menikahi Eva Braun. Sesuai pesannya dia meminta tubuhnya dibakar agar tidak jatuh ke tangan tentara sekutu atau digantung di lapangan seperti yang dialami Benito Mussolini. Akhir kisahnya suram, sesuram cerita yang sudah ditorehkannya.

Der Fuhrer..

Lebih banyak tentang Hitler bisa dibaca di sini dan di sini

Berikut adalah cuplikan film Der Undergang atau Downfall, film terbaik yang menggambarkan masa akhir hidup der Fuhrer.

About The Author

6 Comments

  1. indobrad
    20/04/2011
    • ipul
      20/04/2011
  2. bisot
    20/04/2011
    • ipul
      20/04/2011
  3. unggulcenter
    02/05/2011
    • ipul
      02/05/2011

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: