Games Di Mana Saja, Kapan Saja

Kota Games

Boleh percaya atau tidak, tapi games sudah menjadi sebuah budaya jaman sekarang. Mulai dari games offline sampai game online, sudah merasuk ke banyak sendi kehidupan orang jaman sekarang utamanya anak-anak muda.

Game, permainan atau apapun namanya sudah masuk ke dalam kehidupan manusia sejak beratus-ratus tahun lamanya dalam berbagai bentuk. Sebelum teknologi berkembang seperti sekarang, anak-anak mengenal berbagai permainan tradisional yang bentuknya beragam sesuai adat dan budaya masing-masing daerah. Beberapa permainan bukan hanya digemari anak-anak, tapi juga orang yang lebih dewasa.

Ketika teknologi kemudian makin berkembang, mulailah game atau permainan naik tingkat. Permainan modern mulai diciptakan menggunakan kemajuan teknologi. Jenis-jenisnyapun beragam, mulai dari yang bersifat perang-perangan, adu kecepatan, game olahraga sampai game yang memerlukan strategi khusus.

Ketika teknologi komputer juga makin berkembang, game juga mulai merambah ke sana. Berbagai permainan dengan basis komputer mulai dikembangkan. Para gamers ( sebutan untuk para penggemar game ) mulai menemukan alternatif lain yang juga makin beragam dan tentu saja menggoda.

Teknologi akan selalu berkembang. Ketika kemudian internet mulai marak, mulai menjadi kebutuhan hidup bagi warga kota dan masyarakat modern maka game juga ikut berkembang ke arah sana. Internet menjadi platform untuk pengembangan game-game terbaru yang berbasis online. Dengan cepat game online menarik minat para gamers.

Bila biasanya para gamers hanya bermain melawan komputer, atau bermain melawan mereka yang ada di samping dan terlihat secara kasat mata maka kali ini mereka harus bermain melawan orang lain yang tidak mereka lihat. Ini tentu menjadi sensasi tersendiri bagi para gamers karena tingkat tantangannya menjadi makin tinggi. Ini jadi salah satu faktor kenapa game online makin marak dan makin mampu menyedot perhatian para gamers.

Game, baik online maupun offline juga akhirnya menjadi sebuah ladang baru untuk para game developer atau mereka yang berminat menciptakan atau mengembangkan sebuah game. Tingginya minat para pengguna dan penikmat game menjadikan game sebagai tempat adu kreatifitas antar para game developer.

Nah, sekarang ada terobosan baru buat para gamers dan game developers. Namanya Kota Games, sebuah terobosan yang disebut sebagai sosial games berbasis WAP. Dalam Kota Games ada beragam games yang bisa dipakai oleh para penikmat game seperti Monster Fight, Club Wars, dll. Games ini dihubungkan dengan social media seperti Facebook dan Twitter, makanya sehingga disebut sebagai social games.

Kota Games

Kota games adalah terobosan baru dari XL Axiata. Sebelum ini, XL memang sudah dikenal punya hubungan baik dengan para pengembang game, termasuk pengembang lokal di Indonesia. Selain menjalin kerjasama dengan pengembang game besar seperti EA, Gameloft dan Squarenix, XL juga sudah menjalin kerjasama dengan pengembang lokal seperti Toge Production, Agathe, Gamemachi dan Credoland. Pengembang lokal itu sudah memproduksi ratusan game lokal yang segera bisa dinikmati oleh pelanggan XL.

XL memang memberi jalan kepada pengembang games lokal untuk menelurkan karya-karya terbaik mereka, menyalurkan ide dan kreatifitas serta tentu saja memberi kesempatan kepada pengembang game lokal untuk me-moentize hasil karya mereka.

Khusus untuk Kota Games, saat ini sudah ada 6 games dan akan terus bertambah. Para pelanggan bisa mengakses permainan ini melalui http://m.kotagames.com melalui browser HP atau untuk para pelanggan XL bisa langsung dengan mengetik *123*5888#

Tarifnya juga tidak mahal, hanya dengan membayar Rp. 550 selama 24 jam para gamers sudah bisa mendapatkan free GPRS untuk akses ke Kota Games plus 1000 KGold. KGold ini mata uang virtual yang digunakan dalam permainan di kota games, fungsinya untuk membeli item-item tertentu atau virtual items yang bisa dikembangkan pada tokoh atau karakter yang digunakan.

Sejak diluncurkan 2 Februari lalu, sudah ada 50 ribu pelanggan yang menikmati layanan kota games ini. Jumlah yang tentu akan terus bertambah. Enaknya permainan ini karena kita tidak perlu melakukan instalasi atau download program tertentu, dan karena sifatnya yang tidak berlangganan maka kota games tidak memerlukan REG atau UNREG. Semua terserah kita, kapan ingin bermain dan kapan ingin berhenti sejenak.

Jaman sekarang, games memang sudah jadi budaya khususnya untuk masyarakat perkotaan. Bermain game bukan lagi dominasi anak-anak, dan tidak hanya dilakukan di ruang khusus. Game juga menjangkiti para remaja dan orang dewasa, game juga tidak butuh tempat khusus. Cukup dengan hape, semua bisa bermain game dan semua bisa terkoneksi.

Ah, sungguh luar biasa yang namanya teknologi.

 

[dG]

About The Author

Add Comment