Galaxy Note 10.1 ; Sensasi Baru Di Genggaman

Galaxy Note 10.1

Yang jelas, kesempatan menggenggam dan menggunakan Galaxy Note 10.1 selama beberapa jam adalah sebuah sensasi baru bagi saya

Jakarta sedang gerah-gerahnya siang itu. Saya baru saja turun dari busway dan menyusuri jalan Jenderal Sudirman menuju Bursa Efek Indonesia. Tujuan saya menuju kantor Samsung ID yang terletak di lantai 7 bangunan megah di seberang Pacific Place itu.

Setiba di sana sudah ada beberapa blogger lain yang sedang berkumpul di sebuah ruang meeting. Siang itu kami para blogger Indonesia memang diundang oleh Samsung ID untuk mencicipi sajian baru mereka, Samsung Galaxy Note 10.1

Buat saya ini sebuah kehormatan, berapa produsen asal Korea itu menghargai para blogger dengan mengundang langsung kaum yang selama ini memang dikenal akrab dengan perangkat keras yang berhubungan dengan internet itu.

Sejak beberapa hari sebelumnya saya sudah penasaran dengan Galaxy Note 10.1 ini. Sebelumnya saya sudah sempat memegang Galaxy Note 5, generasi awal dari Galaxy Note. Sensasinya memang luar biasa, meski tegolong kecil tapi Galaxy Note 5 punya penampilan dan kemampuan yang bikin ngiler. Ini yang membuat saya penasaran dengan Galaxy Note 10.1

Rasa penasaran saya tidak berlangsung lama karena sejurus kemudian saya sudah dibiarkan memegang langsung Samsung Galaxy Note 10.1 untuk diuji coba. Galaxy Note 10.1 dalam genggaman? Wuih, rasanya luar biasa.

Dari segi bentuk, Galaxy Note 10.1 ini enak dipegang. Tipis dan ringan sehingga meski ukurannya 10.1 inch tapi tetap tidak terasa besar.

Oleh pihak Samsung, kami dibiarkan membelai Galaxy Note 10.1 ini. Mereka juga menunjukkan langsung keunggulannya tepat di depan kami. Pertunjukan yang semakin membuat saya ngiler.

Karena waktu yang terbatas memang tidak banyak yang ditunjukkan oleh pihak Samsung, tapi itu saja sudah lebih dari cukup. Kami diperlihatkan keunggulan dari Galaxy Note 10.1 ini, khususnya bagaimana membuat note (catatan) dengan menggunakan fasilitas SNote.

Ada banyak pilihan note yang bisa digunakan, semua bertujuan satu: mempermudah kita mencatat apa saja yang terlintas dalam benak saat itu juga. Bukan cuma kemudahan, tapi juga keindahan tampilan.

Dengan kapasitas RAM yang besar dan processor yang menggunakan dual core membuat Galaxy Notes 10.1 bisa melakukan banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan. Orang menyebutnya sebagai multitasking.

Ukuran fisik Samsung Galaxy Note 10.1

Bayangkan anda membuat sebuah catatan penting di SNotes sambil menjelajah di internet untuk mencari tahu bahan-bahan yang bisa melengkapi catatan anda itu. Belum lagi untuk mereka yang biasa bekerja dengan grafis, Galaxy Note 10.1 jelas sangat mampu memanjakan hasrat. Kita bisa bekerja dengan Spen yang responsif dan sensitif.

Spen ini adalah satu keunggulan dari Samsung Galaxy Note 10.1, dengan pen kita bisa menulis langsung di layar selayaknya menulis atau menggambar di atas kertas. Ada tambahan fungsi yang memungkinkan Samsung Galaxy Note 10.1 hanya mengenali goresan dari Spen sehingga kita tidak perlu kuatir kalau sentuhan tangan juga ikut tergambar di atas note.

Satu bagian yang paling membuat saya kagum adalah ketika mencoret sebuah rumus matematika di atas Snote dan kemudian di sebelahnya membuka browser. Browser bisa mengenali tulisan tangan kita dan mencari tahu jawabannya di internet! Luar biasa!

Buat mereka yang senang mengolah foto, Galaxy Note 10.1 juga sudah dilengkapi dengan Photoshop Touch. Ini adalah sebuah aplikasi yang di App Store dijual seharga kurang lebih 20USD, tapi di Galaxy Note 10.1 dibundled secara gratis. Fungsinya sama dengan fungsi Photoshop secara umum, jadi anda yang senang mengolah foto bisa melakukannya dengan santai di atas Galaxy Note 10.1

Siang itu kami memang banyak disuguhi kemampuan luar biasa Samsung Galaxy Note 10.1, utamanya dalam bagaimana cara mereka mendorong produktifitas menjadi lebih tinggi. Galaxy Note 10.1 memang memberi banyak pilihan untuk itu, cocok untuk mereka yang senang bekerja secara mobile atau senang mencatat dan menggambar ide kapanpun ide itu datang.

Berikut adalah spesifikasi umum dari Samsung Galaxy Note 10.1 :

Spesifikasi?Samsung Galaxy Note 10.1

Jaringan

2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900

3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100

Bodi

Dimensions 256.7 x 175.3 x 8.9 mm

Weight 583 g

Layar

Type PLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors

Size 800 x 1280 pixels, 10.1 inches (~149 ppi pixel density)

Multitouch Yes

Memori

Card slot microSD, up to 32 GB

Internal 16/32/64 GB storage, 2GB RAM

Konektivitas

Speed HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps

WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, dual-band, Wi-Fi hotspot

Bluetooth Yes, v3.0 with A2DP

USB Yes, v2.0

Kamera

Primary 3.15 MP, 2048?1536 pixels, autofocus, LED flash

Features Geo-tagging

Video Yes, 1080p@30fps

Secondary Yes, 2 MP

Fitur utama

OS Android OS, v4.0.3 (Ice Cream Sandwich)

Chipset Exynos

CPU Dual-core 1.4 GHz ARM Cortex-A9

GPU Mali-400MP

Kapasitas baterai

Li-Ion 7000 mAh

Yang jelas, kesempatan menggenggam dan menggunakan Galaxy Note 10.1 selama beberapa jam adalah sebuah sensasi baru bagi saya. Sungguh, perkembangan teknologi itu makin jauh dari yang bisa kita bayangkan bertahun-tahun yang lalu dan Galaxy Note 10.1 sudah mewujudkan apa yang mungkin belum sempat kita bayangkan dulu.

Pertanyaannya hanya, kapan saya bisa menggenggam Galaxy Note 10.1 dengan kapasitas hak milik? Ah, kapan ya?

[dG]

About The Author

Leave a Reply

9 Comments on "Galaxy Note 10.1 ; Sensasi Baru Di Genggaman"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Lomar Dasika
Guest
aduhhh Daeng…bikin ngiri saja! mau donk ngebelai GNote 10.1 ihihihi… yang bikin saya penasaran sich cuma 1 ya untuk lini tabletnya Samsung. Entah mengapa, dari seri sangat awal, sampai sekarang, kameranya bertahan cuma di 3.15 MP. Walaupun Galaxy S III nya bisa lebih, namun untuk lini tablet cuma sampai 3.15 MP. yah, ukuran segitu sih cukup besar yah. tapi kadang kala kalau mau edit-edit, minimal 4-5 MP lah baru berasa enak. apakah ini salah bsatu fitur yang lupa dikembangkan karena terlena mengembangkan fitur lainnya atau gimana yah? tablet produsen lain saja nggak kesulitan memasang kamera di atas 3 MP untuk… Read more »
mamie
Guest

wah menarik apa yang disampaikan kakak Lomar Dasika, saya gak paham benernya tapi untuk Samsung Galaxy Note yang 5″ ini camera utk backside nya 8 MP sementara front camera 2 MP itu yang disampaikan oleh salesnya ke saya, tapi saya juga gak ngerti apa ini masih kategori smart phone atau tablet, tanggung sih ukurannya. Kalau yang di atas 7″ sepertinya memang kameranya gak pernah ada yang besar yah? termasuk ipad entah kenapa demikian 😀
Btw salam kenal kakak, keep on sharing yah ^^

Lomar Dasika
Guest

padahal, kalau berkaca dari Motorola Xoom MZ601, misalnya. kameranya alat ini sudah 5 MP loch. makanya, apa yang diperbuat Samsung dan iPad ini sebenernya suatu anomali.padahal teknologi itu bukan teknologi yang sulit untuk dibenamkan pada setiap devicenya. entah yah, apa strategi pasar atau bagaimana, saya juga nggak ngerti. hehehe. saya mah tinggal nunggu Samsung ngeluarin yang baru terus dan yang lamanya keteken sampe jadi murah banged, baru mau dech beli. hahahaha

salam kenal buat Kak Mamie 🙂

mamie
Guest

kalau sudah dapat ilmunya berarti tinggal barangnya saja yah
*puasa* :))

Kirman
Guest

Weeee…., yang kecil aja belum kebeli dah keluar yang lebih menggiurkan…

rara
Guest

menurutku sih, enakan note yang sebelumnya 😀 lebih pas digenggam
kalau sudah 10.1″ beh tinggal sedikit saja sama mi dengan besarnya laptopku yang 11″ hahaha

mevy
Guest

gila dah samsung belum juga beli ane yang kecil udah ngeluarin yang lebih bombatis lagi dah

wpDiscuz
%d bloggers like this: