Tags:

Friends ; The One When Story Begins

Friends

Friends, adalah salah satu serial favorit saya. Saya pernah menuliskannya sekali tentang rasa suka saya pada serial yang ditayangkan di NBC ini. Nah, berikut ini saya mau menuliskan lebih detail tentang serial ini. Bahan-bahannya saya ambil dari berbagai sumber yang kemudian saya terjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Friends adalah sitcom Amerika yang diciptakan oleh David Crane dan Marta Kauffman yang disiarkan di NBC dari 22 September 1994 sampai dengan 6 Mei 2004. Serial ini berkisah tentang sekumpulan anak muda yang tinggal di daerah Manhattan-New York City. Serial ini diproduseri oleh Bright/Kauffman/Crane productions bekerjasama dengan Warner Bros Television. Eksekutif produser aslinya adalah Crane, Kauffman dan Kevin Bright dengan tambahan beberapa orang lainnya yang dipromosikan pada seasons selanjutnya.

Kauffman dan Crane mulanya membuat Friends dengan judul Insomnia Caf? pada November 1993. Mereka membicarakan ide tersebut kepada Bright yang pernah bekerjasama dengan mereka sebelumnya dan kemudian bersama-sama mereka menyerahkan 7 halaman draft awal serial tersebut ke NBC. Setelah mengalami beberapa perombakan naskah dan beberapa perubahan cerita, serial tersebut akhirnya diberi judul Friends dan disepakati akan ditayangkan di NBC setiap hari Kamis jam 8:30 PM. Rekaman dari setiap show disepakati dilakukan di studio Warner Bros di Burbank, California dengan mengundang penonton (live audience). Setelah mengudara selama 10 musim, episode terakhir (series finale) dipromosikan oleh NBC secara besar-besaran dan acara nonton bareng diatur di seluruh AS. The Series Finale (mengudara tanggal 6 Mei, 2004) ditonton oleh sekitar 52.5 juta pemirsa di Amerika, membuatnya duduk di urutan keempat episode terakhir yang paling banyak ditonton orang dalam sejarah televisi

Friends menerima banyak review positif sepanjang penayangannya dan menjadi salah satu sitcom terpopuler sepanjang masa. Serial ini juga memenangkan banyak award dan dinominasikan pada 63 kategori utama Emmy Awards. Serial Friends juga sangat sukses dalam hal rating dan secara konsisten terus berada dalam 10 besar primetime ratings. Friends pun telah menciptakan pengaruh kebudayaan yang besar. The Central Perk coffee house yang jadi salah satu ikon utama serial ini telah menjadi inspirasi munculnya bermacam-macam tiruan coffee house ini di seluruh dunia. Serial ini juga melanjutkan kesuksesannya ke seluruh dunia dengan meluncurkan episode lengkap seluruh musim dalam bentuk DVD. Setelah masa Friends selesai, serial Joey diciptakan untuk melanjutkan cerita Friends selepas The Series Finale.

KARAKTER dan PEMERANNYA

Serial ini menampilkan 6 karakter utama sepanjang cerita dengan berbagai penyesuaian karakter sepanjang sepuluh musim. Para pemeran utama sebelumnya sudah cukup familiar dengan penonton televisi sebelum memainkan peran mereka di Friends, tapi mereka belum dianggap bintang. Seiring dengan makin menanjaknya popularitas Friends dalam 10 musim, seluruh pemeran kemudian meraih popularitas yang sama dengan status sebagai selebriti.

Para pemeran dalam serial Friends adalah :

Jennifer Aniston, memerankan Rachel Green seorang yang selalu antusias dalam hal fashion dan sahabat karib Monica Geller sejak jaman SMA. Rachel dan Ross terlibat dalam kisah percintaan yang putus sambung sepanjang serial. Pekerjaan pertama Rachel adalah sebagai seorang pelayan di coffee house The Central Perk namun kemudian dia bisa menjadi assistant buyer di Bloomingdale’s dan kemudian menjadi buyer pada Ralph Laurent di musim kelima. Di akhir musim 8, Rachel melahirkan seorang bayi yang adalah juga anak dari Ross. Sang bayi diberi mana Emma. Jennifer Aniston sebelumnya telah muncul dalan beberapa sitcom yang kurang populer sebelum bermain di Friends.

Courteney Cox Arquette, memerankan Monica Geller, “induk semang” dari group. Terkenal memiliki sifat obsessive-compulsive dan? senang bersaing. Kelebihan berat badan yang dialami Monica saat muda seringkali menjadi bahan tertawaan oleh teman-temannya, terutama oleh Ross, kakaknya. Monica adalah seorang koki yang sering berganti-ganti pekerjaan sepanjang serial dan menikah dengan sahabat karibnya Chandler Bing di musim ketujuh. Cox telah terkenal sebagai artis ketika diminta bermain di Friends, dia pernah muncul di Ace Ventura : Pet Detective dan Family Ties.

Lisa Kudrow, berperan sebagai Phoebe Buffay, seorang pemijat dan musisi yang eksentrik. Phoebe juga dikenal sebagai penulis lagu ( yang kelihatannya aneh karena sebenarnya Phoebe termasuk pekak nada) dan pernah hidup di jalanan dalam waktu lama. Di musim terakhir, Phoebe akhirnya menikah dengan Mike Hannigan (diperankan oleh Paul Rudd). Kudrow sebelumnya bermain sebagai Ursula Buffay dalam Mad About You. Karakter Ursula kemudian tampil juga dalam beberapa episode Friends sebagai saudari kembar Phoebe. Sebelum bermain di Friends, Kudrow adalah seorang manager dan peneliti yang bekerja untuk ayahnya sekaligus sebagai spesialis sakit kepala.

Matt LeBlanc berperan sebagai Joey Tribbiani, seorang actor yang sedang berjuang serta pecinta makanan yang kemudian terkenal karena perannya dalam Days of Our Live sebagai Dr. Drake Ramoray. Joey diceritakan sebagai pemikat wanita yang punya banyak pacar. Joey juga diceritakan punya perasaan terpendam kepada sahabatnya Rachel di musim kedelapan. Sebelum bermain di Friends, Le Blanc tampil dalam peran kecil di sitcom Married..with Children dan sebagai pemeran utama secara bergantian di Top of the Heap dan Vinnie & Bobby.

Matthew Perry berperan sebagai Chandler Bing, seorang eksekutif dalam analis statistic dan penyusunan data untuk perusahaan multi nasional yang besar. Chandler keluar dari pekerjaannya dan menjadi junior copywriter pada agen periklanan di musim kesembilan. Chandler terkenal dengan humor sarkastiknya dan menikah dengan sahabat lamanya Monica. Sama seperti Jennifer Aniston, Perry sudah tampil dalam berbagai episode sitcom yang kurang popular sebelum bermain di Friends.

Davis Schwimmer berperan sebagai Ross Geller, seorang paleontologist yang bekerja di museum pra-sejarah dan kemudian menjadi pengajar ilmu paleontologist di New York University. Ross punya hubungan putus sambung dengan Rachel sepanjang cerita. Ross juga punya tiga pernikahan yang gagal bersama dengan Rachel, Emily dan mantan istrinya yang ternyata lesbian, Carol yang juga adalah ibu dari anak lelakinya yang bernama Ben. Sebelum bermain di Friends, Schwimmer mendapatkan peran kecil dalam The Wonder Years dan NYPD Blue.

Para Pemeran Serial 'Friends"

Pencipta serial ini, David Crane menginginkan keenam karakter tersebut tampil secara seimbang dan kemudian serial ini terkenal sebagai ?Serial pertama yang berkarakter ensemble?. Para pemeran juga melakukan usaha untuk membentuk format ensemble dan tidak membiarkan salah satu dari mereka mendominasi, mereka masuk dalam kategori yang sama dalam penghargaan, mengajukan opsi penggajian secara kolektif daripada individual dan minta untuk tampil bersama-sama dalam cover majalah di season pertama.

Salah satu pemeran yang menjadi sahabat mereka di luar layar dan salah satu bintang tamu, Tom Selleck, bercerita kalau dia seringkali merasa dicuekin saat mereka semua berkumpul. Di luar layar, Aniston dan Cox dikenal tetap bersahabat, bahkan Aniston menjadi ibu baptis untuk anak perempuan Cox dan David Arquette, Coco. Dalam buku komentar perpisahan resmi berjudul Friends ?Till The End, dalam wawancara secara terpisah mereka menerangkan bahwa semua pemeran dalam serial Friends telah menjadi keluarga.

Dalam kontrak awal mereka untuk musim pertama, setiap pemeran mendapatkan bayaran $22,500 per episode. Para pemeran mendapatkan gaji yang berbeda di musim kedua, mulai dari $20,000 sampai $40,000 setiap episode. Pada negosiasi gaji untuk musim ketiga, para pemeran memutuskan untuk mengajukan pembayaran gaji secara kolektif meski Warner Bros lebih menginginkan perjanjian individual. Para artis kemudian diberikan bayaran yang rata, artinya Aniston dan Schwimmer harus rela gaji mereka menurun. Para bintang dibayar $75,000 per episode di musim ketiga, dan $1 juta? per episode di musim sembilan dan sepuluh. Mereka juga memperoleh royalty dari kesuksesan Friends sejak musim kelima.

…bersambung

About The Author

12 Comments

  1. aRuL
    24/02/2011
    • ipul
      24/02/2011
  2. indobrad
    24/02/2011
    • ipul
      24/02/2011
  3. mamung
    24/02/2011
    • ipul
      26/02/2011
      • maverick
        06/05/2013
        • iPul Gassing
          07/05/2013
  4. anugrha13
    24/02/2011
    • ipul
      26/02/2011
  5. niQue
    25/02/2011
  6. evy juniastina
    18/04/2015

Add Comment