Diskon April Mop Dari Toko Online

Ilustrasi

Ilustrasi

Kena tipu sebuah toko online, katanya ada diskon 10% bila berbelanja menggunakan aplikasinya. Tapi ternyata tidak.

 Pernah dengar April Mop bukan? Orang Inggris biasa menyebutnya Fools Day atau hari di mana orang dianggap wajar untuk berbohong atau membuat lelucon yang bisa menipu orang lain. Batasannya hanya sekadar lelucon, jadi bukan tipuan sebenarnya. Sejarah April Mop pun masih simpang siur dan kabarnya membawa cerita pilu. Entahlah, saya juga tidak pernah menganggap April Mop sebagai sebuah perayaan atau hari yang spesial.

Satu-satunya April Mop yang paling saya ingat adalah beberapa tahun yang lalu (saya lupa pastinya). Hari itu di mailing list penggemar Pearl Jam tiba-tiba saja ada yang memberi tautan berita. Isinya, grup musik kesayangan kami semua itu akan ditinggalkan oleh Eddie Vedder sang frontman dan jiwa dari band Pearl Jam. Sontak beberapa dari kami kaget dong, masak iya Eddie tega meninggalkan band yang sudah membesarkan dan dibesarkannya? Alasannya karena ketidakcocokan visi. Tapi masak sampai segitunya?

Beruntung ketika beberapa dari kami mulai kaget, seorang teman lainnya segera memberi kabar kalau berita itu hanya April Mop, semacam lelucon yang memang biasa disebarkan orang-orang bule di setiap tanggal 1 April. Pfiuhh..syukurlah.

*****

Akhir Maret kemarin saya dapat informasi tentang sebuah toko online yang akan mengadakan promo dengan memberi potongan harga 10%. Potongan harga itu diberikan untuk setiap pembelanjaan menggunakan aplikasi di smartphone. Toko onlinenya sebut saja BukaLapak. Toko online (atau market place ya?) yang sedang ramai dibicarakan beberapa waktu belakangan ini. Tapi berita itu awalnya tidak saya acuhkan dan terlewat begitu saja.

Kalau bicara BukaLapak saya jadi ingat salah satu iklan mereka yang sempat heboh. Iklan itu adalah iklan video ulang tahun mereka setahun lalu yang dibuat lucu dan unik. Lucu karena konsepnya terkesan serius padahal mengandung unsur komedi, unik karena membawa satu sosok yang jadi plesetan Dian Sastro. Dian Katrok namanya. Kalian yang biasa berselancar di internet pasti sudah pernah melihat iklan itu bukan?

Nah di laman Facebook kebetulan saya melihat iklan video baru BukaLapak. Isinya seperti sebuah jumpa pers yang membuka kedok siapa sebenarnya si Dian Katrok. Kembali saya geli sendiri melihat keseriusan mereka menggarap video komersial itu. Videonya digarap seolah-olah memang ada jumpa pers dan perburuan sosok Dian Katrok. Benar-benar video yang natural, tidak terlihat berusaha menjadi lucu namun malah menggelikan.

Di akhir video itu ada pernyataan dari pihak BukaLapak kalau mereka minta maaf, dan atas ketidaknyamanan soal itu (mereka menyebutnya “Skandal Dian Katrok”) mereka akan memberi diskon 10% kepada para pengguna jasa BukaLapak. Diskon ini diberikan dalam bentuk voucher BLDIAN. Dalam sehari ada 5000 voucher yang dibagikan, khusus buat yang bertransaksi lewat applikasi BukaLapak di smartphone.

(Saya mengunduh aplikasi androidnya di sini).

Karena iklan itu akhirnya saya tertarik untuk mencobanya. Lumayanlah, diskon 10% itu tidak datang setiap saat. Apalagi selama ini dari pengalaman dan cerita teman-teman, barang di BukaLapak kualitasnya terjamin dengan harga yang bersaing. Plus, tingkat keamanannya terjaga karena pembayaran baru dilakukan ketika barang sudah diterima dengan baik oleh pembeli.

Akhirnya saya mencoba juga berbelanja dengan aplikasi BukaLapak di Android. Sayangnya ketika sudah memilih barang yang akan dibeli, saya baru tahu kalau diskon 10% itu hanya berlaku untuk transaksi total maksimal Rp.100.000,-. Baiklah, saya memutar otak. Kira-kira barang apa yang bagus tapi harganya tidak sampai Rp.100.000,- termasuk ongkos kirim? Mumpung ada diskon, pikir saya.

Korek yang saya pilih

Korek yang saya pilih

Pilihan saya jatuh pada korek api model Zippo. Memang sih bukan Zippo, tapi setidaknya mirip. Harganya pun ditambah ongkos kirim masih di bawah Rp.100.000,-, jadi setidaknya voucher diskon BLDIAN itu bisa saya pakai.

Tadinya saya kira diskonnya benar-benar 10% dari total belanjaan, tapi ketika voucher BLDIAN saya masukkan di kode pembayaran ternyata saya tertipu! Ternyata diskonnya adalah 20%! Wah ini namanya penipuan, tapi penipuan dalam arti positif tentu saja. Tadinya saya kira hanya dapat potongan harga 10%, ternyata 20%. Total belanjaan saya jadi jauh lebih murah dari yang saya bayangkan.

Ah seandainya saja batas penggunaan vouchernya di atas Rp.100.000,-, mungkin saya akan belanja menggila di BukaLapak. Untungnya voucher itu bisa digunakan lebih dari sekali, tapi tidak bisa dalam hari yang sama. Artinya besok saya bisa belanja lagi dengan menggunakan voucer tersebut selama masa promo masih berlangsung. Batas akhir masa promonya sendiri tanggal 7 April 2016.

Memasukkan kode voucher BLDIAN dan taraaa! Dapat diskon 20%

Memasukkan kode voucher BLDIAN dan taraaa! Dapat diskon 20%

Lumayanlah, ini yang namanya April Mop yang menyenangkan. Informasinya diskon 10% tapi setelah dipakai ternyata jadi 20%. Satu korek sudah dipesan, waktunya mencari barang lain yang total harganya di bawah Rp.100.000,-! Mumpung ada diskon dong. [dG]

 

Video Skandal Dian versi BukaLapak

About The Author

Leave a Reply

1 Comment on "Diskon April Mop Dari Toko Online"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
andyhardiyanti
Guest

Deh…lebih mahal ongkirnya di’ Daeng 😀
hihihi

wpDiscuz
%d bloggers like this: