Seseorang Mencuri Postingan Saya

Blog yang mencuri postingan saya

UPDATE TERAKHIR PER TANGGAL 1 FEBRUARI 2011 : blogger bernama Ronny yang telah mencuri postingan saya telah meminta maaf dan kemudian menghapus postingan tersebut dari blognya. Sebuah langkah yang saya kira patut kita beri apresiasi karena itikad baiknya untuk meminta maaf secara langsung. Semoga hal seperti ini tidak terjadi lagi di kemudian hari

Berawal dari berbalas kicauan tengah malah dengan Oom Brad dengan topik roaming bahasa akhirnya saya kepikiran untuk membuka kembali postingan lama tentang penggunaan beberapa partikel khusus dalam bahasa Makassar. Sekitar tahun 2007 saya pernah bikin postingan berjudul “Makan Mi“?yang bercerita tentang ribetnya menempatkan beberapa partikel seperti Mi, Mo, Pi dan Ji dalam penggunaan bahasa Indonesia berlogat Makassar.

Karena malas mencari via blog, saya coba googling. Setelah memasukkan kata kunci, muncul? beberapa hasil pencarian. Saya kaget karena salah satu hasil pencariannya adalah sebuah postingan di blog lain yang bukan blog saya tapi judul dan isinya persis sama dengan isi postingan saya.

Blog ini ternyata mencuri postngan saya. Betul-betul tanpa ada kutipan sumber, link ke blog saya atau pernyataan kalau ini disalin dari sebuah sumber lain. Prosesnya juga betul-betul salin dan tempel, tidak ada usaha untuk mengubah isi tulisan atau gaya penulisan.? Sungguh memalukan. Segera saya menuliskan teguran kepada pemilik blog di kolom komentar, berharap si pemilik blog punya itikad baik untuk setidaknya menuliskan sumber postingan yang dia buat.

Melihat deretan iklan yang terpasang di blognya, saya berasumsi kalau si pemilik blog ini mencari duit lewat ad sense dan salah satu caranya menjaring pengiklan adalah dengan memperbanyak postingan dan bisa jadi salah satunya adalah dengan mencuri postingan orang lain. Mungkin bukan cuma saya korbannya, bisa jadi ada tulisan dari blog lain yang juga disalin-tempel oleh dia, apalagi karena saya lihat sebagian besar postingannya berisi informasi dan pengetahuan.

Saya iseng lagi mencoba mencari postingan lain dengan judul yang sama, dengan bantuan google tentu saja. Ternyata saya kembali menemukan sebuah postingan yang dengan mentah-mentah juga mencuri postingan saya. Luar biasa..!! Saya menangkap basah dua pencuri dalam satu malam.

Blog lain yang juga mencuri postingan saya

Untuk blog yang kedua ini saya lihat orientasinya murni kepada postingan bukan untuk keperluan komersil seperti ad sense dan semacamnya karena saya tidak melihat ada iklan komersil pada blognya, apalagi karena tulisan saya selaras dengan tema besar blognya yaitu tentang bahasa Makassar. Meski begitu saya tetap marah dan menganggap dia mencuri tulisan saya karena sama sekali tidak menuliskan kutipan sumbernya apalagi karena isi postingan benar-benar salin tempel? 100% tanpa ada usaha untuk mengubahnya sedikitpun.

Saya tahu kalau kejadian salin tempel dan mencuri postingan bukan hal baru dalam dunia blog. Kata Irwin Day di milis Blogger Makassar : welcome to the club !! Dan saya termasuk orang yang geram pada praktek seperti ini. Mungkin saya berlebihan, toh itu”?hanya” postingan. Tapi bagi saya, meski itu hanya sebuah postingan apalagi dibuat dengan saat kemampuan menulis saya masih jauh di bawah yang sekarang tapi buat saya itu tetap buah karya intelektual. Menyalinnya dan kemudian menempelnya di blog sendiri tanpa menuliskan asal salinannya sehingga orang menilai kalau itu hasil karya sendiri sungguh tidak ada bedanya dengan pencurian.

Ada sedikit kutipan dari Bang Ajo, seorang blogger yang juga seorang lawyer :

Meski seseorang telah diizinkan untuk mengambil konten suatu blog atau dapat mengambil konten berdasarkan ketentuan di atas, perlu diperhatikan bahwa dalam suatu karya cipta terkandung hak moral dari penciptanya, yaitu:

1. hak agar nama pencipta tetap dicantumkan dalam karya ciptanya tersebut; dan
2. hak agar tidak dilakukan modifikasi atas karya cipta yang dapat merusak apresiasi, reputasi, martabat atau nama baik penciptanya;

Apabila pihak yang mengambil konten tidak menghormati hak moral tersebut, maka pemilik blog berhak melaporkan pihak tersebut kepada pihak kepolisian atau mengajukan gugatan/tuntutan ganti rugi.

Saya mungkin tidak akan sampai melaporkan kasus ini ke pihak yang berwajib karena itu sama saja dengan menambah masalah baru. Tapi setidaknya saya akan terus melakukan protes kepada sang pemilik blog sampai dia mencantumkan asal tulisan dan megakui kalau itu bukan tulisannya.

Buat teman-teman para blogger, marilah kita kedepankan moral dan etika dalam membuat sebuah postingan. Menurut saya tidak masalah kalau kita memang ingin menyalin-tempel hasil postingan orang lain tapi alangkah terpujinya kita apabila menuliskan link ke postingan asalnya sehingga tidak menimbulkan asumsi kalau itu adalah hasil karya kita. Seorang blogger tentu saja harus juga menjadi seorang blogger yang bermartabat. Bukan seorang blogger yang menghalalkan segala cara untuk meraih jumlah postingan apalagi jumlah kunjungan.

Buat teman-teman yang pernah menjadi korban pencurian postingan, ayo..lawan !! Minimal peringatkan dan tegur sang pencuri, sebar informasi ke seluruh dunia tentang perbuatan si pencuri. Kalau bukan kita yang menghargai hasil karya kita sendiri, siapa lagi ?

**kalau teman-teman pernah menemukan artikel atau postingan pada blog ini yang merupakan hasil salin-tempel dari sumber lain tanpa menyebutkan sumbernya, tolong tegur saya. Terima kasih**

About The Author

Leave a Reply

24 Comments on "Seseorang Mencuri Postingan Saya"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
arief_spekta
Guest

Ya, saya sangat setuju mas..
Menjiplak hasil karya orang lain memang tindakan tidak terpuji, kecuali mencantumkan link sumbernya..

Tetapi saya masih memakluminya jika ia masih baru dalam dunia blogging. Mungkin karena ingin blognya secara instan setenar dengan blog kita 🙂 Setidaknya hasil karya kita diterima dan dianggap bagus untuk ‘diconteki’ 😀 Teguran lewat komentar juga baguus, Tapi teguran langsung mungkin lebih baik, misalkan mengiriminya email atau kontak langsung ke jejaring sosialnya.

Awal2 blogging saya pernah melakukan contekan tanpa menyebutkan sumbernya.. Tetapi ketika tahu etika blogging, ketika mengutip, seharusnya saya menyertakan sumbernya. Alhamdulillah 🙂

almascatie
Guest

budaya kopi paste masih berlaku. smoga orang indonesia paham dan mengerti serta menghargai karya orang lain.

ELSA
Guest

wuiiih kok bisa gitu ya, mencuri 100%….
gak sopan sekali yaaa….

saya juga pernah tuh, tapi bukan postingan yang dicuri
melainkan foto di blog saya

yah, gak bisa ngapa ngapain

indobrad
Guest

sabar bro. semoga si blogger copycat itu membalas dgn permintaan maaf dan pengutipan sumber yang benar 😀

indobrad
Guest

aneh, kok comluv malah mengutip blog komentator di atas saya ya? hmmm

Fonega
Guest

bener, gitu itu bikin ati nyesek banget

slamsr
Guest

punyaku juga udah sering daeng
tapi biarlah, semoga pantatnya bisulan

yg lebih parah lagi kalo ada yang update ambil pake RSS kita itu, dan dari mereka malah lebih terindeks… ihhh sebelll

melivedder
Guest

jadi mo diapain itu orang, Pul? hahaha masih di makassar juga kan domisilinya, cariii, bejek2 hihihi *provokator*

anugrha13
Guest

tapi salut bang ma komeng mu di si copycat “kata om brad”
tanpa ada pertanda tabuh genderang perang…datar sajo…
hehehe

Ronny
Guest

Sebelumnya saya minta maaf sebesar2nya kepada anda bahwa saya telah mencuri postingan anda…terus terang sebenarnya saya suka dengan postingan anda setelah membaca tulisan bahasa makassar bisa tonji ces…dan ingin saya bagikan ke teman2 saya sebagai suatu yg dapat kita banggakan sebagai orang makassar,,,,sekali lagi saya minta maaf atas ketidak nyamanan ini dan postingan itu sudah saya hapus…terima kasih semoga dapat dimaklumi…

Ronny
Guest

iya trima kasih juga mas, atas kerendahan hati mas yg mau memaafkan saya biasanya sih selalu sy taruh sumber dimana postingan itu berasal tpi mgkin kelupaan ya, semoga di kemudian hari saya bisa lebih hati2 lagi, thx mas salam blogger…

kampret
Guest

ah tidak ap”

daengsituru
Guest

Ini menunjukkan seseorang yang tidak percaya diri dan tidak memiliki rasa apresiasi terhadap karya orang lain. Tidak pede dalam diri sendiri.

Betewe mauka juga kasian di blog ku banyak iklan komersilnya.. Hehe

daengsituru
Guest

Apa linknya daeng..? Trus apa syaratnya..? Japrika dulue di email kakak..
(‘́⌣’̀ʃƪ) (‘́⌣’̀ʃƪ)makasiiiiihhhh

wpDiscuz
%d bloggers like this: