Catatan Tentang Sebuah Kebersamaan

IMG_4398

Pagi itu Makassar sedang cerah. Musim hujan memang belum sepenuhnya jadi penguasa meski mendung kadang rajin bergelayut. Pagi itu belasan manusia muda sedang sibuk mempersiapkan sesuatu di sebuah cafe di bilangan Tamalanrea, cafe Blogger namanya.

Manusia-manusia muda itu adalah kumpulan para blogger yang dekat dengan kota Makassar, mereka anggota AngingMammiri.org, komunitas blogger Makassar. Dan hari itu, Minggu 6 Desember 2009 adalah puncak perayaan hari ulang tahun ke-3 komunitas Blogger Makassar. Agak terlambat memang karena sebenarnya hari ulang tahun AngingMammiri jatuh dibulan November. Tapi tak apalah, yang penting niat merayakannya tetap terlaksana.

Acara tahun ini memang penuh dengan tantangan, jauh melebihi persiapan tahun-tahun sebelumnya. Masalah dimulai dengan kesibukan luar biasa sang ketua panitia, Akmal Alamsyah. Sang ketua terjebak dalam situasi yang luar biasa melelahkan akibat krisis listrik yang melanda SulSel. Sang ketua panitia memang mengabdi pada perusahaan yang sekarang sedang jadi primadona para pengumpat yang kesal akibat listrik yang putus nyambung-putus nyambung. Akibatnya, sang ketua panitia sangat sulit membagi konsentrasi untuk mengurus persiapan ulang tahun AM di antara kesibukan kerjaannya yang luar biasa.

Persiapan acara sempat terkatung-katung selama beberapa waktu, bahkan puncak acaranyapun mengalami revisi beberapa kali termasuk juga format acara. Semua karena kesibukan luar biasa dari para teman-teman panitia. Nah, kesibukan kerjaan utama yang luar biasa ini pula yang kemudian membuat munculnya beberapa miskomunikasi antar panitia dan sponsor.

Salah satu sponsor sempat menghembuskan angin surga ke kuping para panitia. Katanya akan ada kucuran dana yang lumayan untuk menutupi sebagian besar keperluan acara. Teman-teman panitia sempat terlena beberapa saat, tapi sayangnya beberapa hari sebelum acara muncul pemberitahuan kalau mereka tak jadi mengucurkan dana saat ini, mereka hanya menanggung publikasi saja. Saya masih ingat betul bagaimana kagetnya teman-teman panitia mendengar kabar ini, saya juga bisa merasakan bagaimana rasa kesal luar biasa menjalar seketika meski itu hanya lewat milis. But..show must go on..

Tuhan masih sayang pada mereka. Di saat-saat kritis, ada uluran tangan dari seseorang. Sebuah bank syariah besar berbaik hati mengajukan diri menjadi sponsor. Nafas lega bisa dihela kembali meski rasa kesal dan khawatir juga tetap muncul.

Dan benar saja, rasa kesal itu kembali muncul ke permukaan waktu tahu realisasi janji sponsor soal publikasi. Waktu yang mepet dan kerjasama yang tak jelas membuat publikasi jadi berantakan. Sang sponsor seperti setengah-setengah memberi ruang untuk publikasi, buktinya banyak teman-teman yang komplain dan resah soal penempatan baliho dan spanduk, belum lagi soal penayangan iklan koran yang hanya dimuat di koran kelas abal-abal. Luar biasa mengesalkan..!!

Hasilnya terlihat di hari H. Sejam sudah lewat dari tenggat di mana seharusnya acara dimulai, tapi peserta yang hadir betul-betul bikin cemas. Kursi yang sudah ditata rapi masih kosong melompong. Beberapa panitia sudah mulai kasak-kusuk. Seorang panitia yang hari itu bertugas sebagai MC malah berharap bisa menarik rombongan pengantar orang mati yang kebetulan melintas di depan cafe Blogger untuk bisa singgah dan memeriahkan acara.

Tapi sekali lagi, show must go on..tak ada kata mundur..

Akhirnya dengan bekal peserta yang bisa dibilang seadanya, acarapun dimulai. Beruntung bahwa Nawir Gani berhasil membakar sesuatu bernama semangat dengan garapan video ulang tahun AM yang luar biasa menggetarkan..!! Sungguh, saya tergetar dan merinding melihat hasil garapan Nawir. Video ini melengkapi getaran yang sebelumnya sudah disulut oleh penampilan Ntan dengan “ You’re Beautiful”-nya James Blunt.

Berikutnya acara bergulir seperti bagaimana seharusnya sebuah acara puncak ulang tahun bergulir. Dari mulai seremonial peluncuran buku Sop Konro Bagi Jiwa, acara potong tumpeng dan acara blogtalk bertema : Blog dan Pergaulan Virtual. Jumlah peserta yang jauh di bawah target tak lantas membuat kemeriahan menjauh. Tetap ada semangat dan keceriaan di sana, ada rasa puas dan senang menikmati hasil kerja keras tanpa pamrih selama berminggu-minggu.

Kali ini puncak acara ulang tahun AM agak berbeda dari sebelumnya. Kali ini ada penampilan band secara akustik yang menggantikan tarian daerah yang sebelumnya selalu jadi menu pendamping. Penampilan akustik yang luar biasa dari band D’Blues sekali lagi membakar bara api semangat. Acara bergulir menuju puncak, nyaris tanpa cela meski jumlah peserta makin susut setiap jamnya.

Ketika semuanya mencapai puncak, yang tertinggal hanya rasa puas. Raut wajah penuh rasa lelah tergambar di sana-sini, tapi rona kepuasan juga menemaninya. Tawa renyah dan canda riang terdengar dari setiap sudut cafe blogger selepas tuntasnya acara sore itu.Sore itu semua panitia merasakan manisnya buah perjuangan yang sudah lama mereka tanam.

Acara kali ini memang jauh lebih sepi dari acara tahun-tahun sebelumnya, tapi esensi yang sama masih selalu hadir. Kebersamaan masih jadi tema utama. Perjuangan tanpa pamrih masih bisa dinikmati di sana-sini. Luar biasa memang mengingat sebagian besar pergaulan yang terjadi sesungguhnya lebih sering terjadi di ranah maya. Tak ada yang tahu kapan harus berhenti, semua hanya ingin menikmati kebersamaan yang tahun ini masuk usia 3 tahun. Saya rasa tak ada yang mau berhenti mereguk manisnya kebersamaan ini. Entah sampai kapan, semoga untuk selamanya.

Matahari makin beranjak ke barat ketika saya meninggalkan cafe Blogger. Para panitia masih sibuk dengan rencana-rencana menikmati buah kebersamaan mereka, tapi tugas lain sudah menanti saya membuat saya tak bisa berlama-lama. Sayup-sayup saya masih mendengar canda tawa mereka di belakang saya. Meski tak bisa membantu sebanyak yang dilakukan para panitia yang lain, saya tetap bahagia bisa menjadi bagian dari mereka. Saya bahagia bisa ada di acara ulang tahun ketiga AngingMammiri.org, dan saya berharap masih ada di sana ketika mereka merayakan ulang tahunnya yang keempat.

Jadi…selamat ulang tahun buat AngingMammiri.org, dan sampai jumpa di ulang tahun berikutnya..!!

Salam blogger..!!

Silakan Kakak, Dibaca Juga Kakak...

About The Author

11 Comments

  1. na
    10/12/2009
  2. ipul
    10/12/2009
  3. n t a n™
    10/12/2009
  4. azhis
    10/12/2009
  5. ipul
    10/12/2009
  6. unga
    11/12/2009
  7. ipul
    11/12/2009
  8. amril
    11/12/2009
  9. ipul
    11/12/2009
  10. Triunt
    12/12/2009
    • ipul
      12/12/2009

Add Comment