Cara Cerdas Renovasi Rumah Sesuai Budget

Ilustrasi

Ilustrasi

Lika-liku merenovasi rumah yang kadang memang memusingkan, tapi ada tips dan trik agar renovasi tak lagi memusingkan.

Siapa yang tidak mau punya rumah sendiri? Apalagi rumah yang benar-benar sesuai dengan impian. Masalahnya, dana setiap orang tidak sama besar. Bagi yang berdana terbatas, beli rumah sederhana sudah cukup, yang penting punya rumah dulu. Toh, nanti bisa direnovasi, mungkin pikirnya seperti itu.

Masalahnya lagi, merenovasi rumah tentu butuh modal besar. Sekali lagi, buat yang berdana ketat, merenovasi rumah sesuai impian kadang harus bentrok dengan kebutuhan lain seperti biaya anak sekolah atau biaya sehari-hari.

Sampai akhirnya muncul pertanyaan; mungkinkah merenovasi rumah dengan budget terbatas?. Dana terbatas bukan berarti hasil renovasi rumah pun menjadi minim juga. Dengan rencana dan pemikiran yang matang, tidak begitu sulit untuk memotong biaya renovasi rumah agar hemat tanpa membatasi keperluan renovasi Anda.

Agar renovasi rumah idaman berjalan dengan lancar dan sesuai dengan budget, setidaknya ini ada beberapa tips dan trik yang mungkin bisa Anda praktikkan:

1. Penting untuk Membuat RAB Rumah

Terkadang, kita sering tergoda untuk melakukan perubahan-perubahan yang tidak perlu dalam merenovasi rumah. Dengan membuat RAB (Rancangan Anggaran Biaya), hal tersebut dapat dihindari. RAB merupakan estimasi biaya yang diperlukan dalam mengatur dan merencanakan anggaran renovasi rumah secara hemat dan akurat. Dengan adanya RAB, Anda tidak akan mengalami over budgeting.

2. Gunakan Jasa Arsitek untuk Desain Bangunan

Tak sedikit orang yang mengalami kerugian dalam merenovasi rumah karena pengerjaan renovasi rumah dilakukan tanpa perencanaan yang baik. Banyak orang yang merenovasi rumah tanpa melibatkan orang yang kompeten di bidangnya. Gunakan jasa arsitek agar proyek renovasi rumah Anda berjalan mulus. Arsitek tak hanya berperan dalam membuat gambar rumah, tetapi juga berperan dalam perencanaan dan pembuatan desain rumah, seperti denah rumah dan detail arsitektur.

3. Gunakan Jasa kontraktor jika sudah memiliki rencana

Jika budget sudah ada, desain bangunan pun sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah pengerjaan. Gunakan jasa kontraktor yang jelas dan berpengalaman untuk mengerjakannya. Jasa kontraktor dapat melakukan apa yang Anda minta sesuai desain yang diberikan. Kontraktor tidak hanya kontraktor besar saja, Anda bisa menggunakan jasa tukang yang cukup terpercaya.

4. Renovasi Ruangan yang Diperlukan Saja

Renovasi rumah secara keseluruhan atau dengan kata lain membuat struktur rumah baru akan memakan biaya renovasi rumah dan waktu yang besar. Anda cukup merenovasi pada bagian tertentu saja agar dapat mengirit budget. Tahan diri dan keinginan Anda dengan tetap fokus dan prioritaskan bagian rumah yang memang membutuhkan renovasi.

5. Pilih Penyedia Jasa Renovasi Rumah yang Terpercaya

Sejasa.com

Sejasa.com

Di Sejasa.com, Anda akan dihubungkan dengan penyedia jasa renovasi rumah yang terpercaya dan berkualitas. Kunjungi Sejasa.com, lalu isi form request singkat. Nantikan penawaran berupa estimasi harga dari beberapa penyedia jasa renovasi rumah. Anda dapat memilih yang sesuai dengan budget. Untuk lebih meyakinkan dalam merekrut penyedia jasa, Anda dapat membaca review yang telah diberikan customer sebelumnya yang sudah menggunakan jasa mereka dan membaca halaman business profile penyedia jasa yang mencakup review, portfolio hasil pekerjaan penyedia jasa renovasi rumah tersebut.

Benar-benar praktis kan? Beberapa hal memusingkan seputar renovasi rumah bisa dilangkahi hanya dengan mengakses satu situs. Rencana merenovasi rumah pun sepertinya bisa berjalan lancar. Jadi, siap merenovasi rumah Anda? [dG]

About The Author

2 Comments

  1. echaimutenan
    21/07/2016
    • Daeng Ipul
      21/07/2016

Add Comment