Blog : Voice of Freedom

Sejak tahun 2006, tanggal 25 Nopember tiba-tiba menjadi tanggal yang sangat berarti bagi para blogger Makassar, khususnya yang tergabung dalam komunitas Blogger Makassar, AngingMammiri.org. Tanggal tersebut diperingati sebagai hari lahir komunitas yang menyebut dirinya sebagai “tempat kumpulna Blogger Makassar”.

AngingMammiri.org sendiri adalah wadah untuk menyatukan para blogger yang berada di kawasan Sulawesi Selatan pada khususnya dan Makassar pada umumnya. Awalnya hanya dari rasa “iri” hati beberapa orang blogger Makassar yang ikut bergabung di Blogfam (wadah komunitas Blogger Indonesia) melihat kompaknya para blogger di kota-kota besar lain di Indonesia yang berkumpul dalam satu wadah.

Penggagas utama dari terbentuknya komunitas ini adalah Rara, usulannya meluncur saat bertemu dengan beberapa blogger lain asal kota Makassar. Gayung bersambut, hingga terbentuklah group mailing list bernama Blogger Makassar.

Komunitas AngingMammiri lahir kemudian sebagai perpanjangan tangan dari komunitas mailing list Blogger Makassar resmi terbentuk. Awalnya hanya menumpang di hosting milik Rara, namun kemudian mampu berdiri sendiri dengan menggunakan alamat www.angingmammiri.org dengan memilih slogan “tempat kumpulna Blogger Makassar”. Hal yang unik dari situs komunitas ini adalah penggunaan bahasa dan idiom-idiom khas Makassar. Misalnya, Tudang Sipulung, Langsung Maki’, Lego-Lego, Tabe’ Cedde’ dll.

Saat ini, anggota komunitas AngingMammiri terdiri dari berbagai kalangan usia dan latar belakang pendidikan. Domisili para anggota pun sangat beragam, selain anggota yang berdomisili di SulSel,ada juga yang berdomisili di Aceh, Balikpapan, Bogor, Jakarta, Cikarang, Papua, Tokyo, Kuwait, hingga di Birmingham-Inggris.

Syarat utama untuk bisa bergabung dengan komunitas ini adalah harus memiliki blog, kemudian anggota harus orang yang berdomisili di Makassar atau SulSel, pernah tinggal/kerja/kuliah/sekolah di Makassar atau SulSel, atau punya ikatan batin dengan Makassar atau Sulsel. Suku tidak menjadi masalah, tidak heran bila Anging Mammiri juga memiliki anggota yang berdarah Sunda, Jawa, dll. Sepanjang mereka memiliki ikatan batin dengan Makassar, tidak ada masalah.


Berbagai ajang telah digelar oleh komunitas ini, dari yang sekedar ajang ringan yang bersifat silaturrahmi semisal kopi darat, nonton bareng atau makan rame-rame, hingga ke ajang-ajang yang agak berat. Dalam kaitan dengan Hardiknas bulan Mei kemarin, komunitas Blogger Makassar menggelar ajang lomba entry blog bertema “ internet dan pendidikan”, kemudian dilanjutkan dengan lomba foto entry bertema “ingat Makassar”. Puncak dari keseriusan anggota komunitas Anging Mammiri dalam menggelar acara adalah ajang Blog For Life, Juli kemarin.

Khusus untuk ulang tahun pertama komunitas ini, rencananya akan diadakan acara Talk Show tentang Blog yang bertempat di MTC Karebosi, lantai 4 (dekat area foodcourt). Tampil sebagai pembicara adalah Budi Putra, CEO Asia Blogging Network dan profesional blogger pertama di Indonesia, berikutnya ada Amril Taufik Gobel, seorang blogger yang juga sudah menerbitkan beberapa buku dan saat ini menjadi salah seorang redaksi untuk majalan Online BZ! Blogfam dan terakhir adalah bapak Hasymi Ibrahim, seorang Blogger dan penggagas berdirinya situs jurnalisme orang biasa, Panyingkul.com.

Ketiga orang ini akan tampil dengan tiga tema yang berbeda. Budi Putra akan tampil dengan tema “ Blog : Voices of Freedom”, Amril Taufik Gobel dengan tema “ Blog dan segala keajaiban yang menyertainya”, serta Hasymi Ibrahim dengan tema “ Blog sebagai media alternatif menyuarakan kebebasan”.

Tema utama dari ajang talk show ini adalah “Voice of Freedom”, suara kebebasan. Tak bisa dipungkiri bahwa blog telah tumbuh sebagai sebuah kekuatan baru, sebagai sebuah ajang mempererat ikatan silaturahmi dan pelengkap media-media pemberitaan yang sudah terlanjur lahir sebelumnya. Blog mengirim jutaan hal-hal positif kepada para pembaca dan pemiliknya, blog juga terkadang menjadi sahabat dekat seseorang saat sedang gundah atau bersedih dan tak punya teman untuk berbagi. Blog punya seribu wajah, wajah buruk maupun wajah cantik. Blog juga sudah berhasil mempengaruhi kehidupan banyak orang, entah dari segi finansial maupun dari segi sosial.

Acara yang diadakan oleh komunitas Anging Mammiri ini juga sebagai ajang mempromosikan blog kepada masyarakat umum, khususnya kepada generasi muda. Dengan ini diharapkan tujuan utama untuk menciptakan sejuta Blog seperti yang dicanangkan pada Pesta Blogger beberapa waktu yang lalu bisa tercapai tahun depan.

Jadi, bila anda berada di kota Makassar dan sekitarnya pada hari Minggu, 25 Nopember 2007 ini maka bolehlah anda meluangkan waktu sejenak untuk ikut bersama merasakan kegembiraan ulang tahun pertama komunitas Blogger Makassar serta memperoleh gambaran yang jelas tentang manfaat dan sisi positif sebuah blog.

About The Author

Leave a Reply

2 Comments on "Blog : Voice of Freedom"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
rara
Guest

Wow!
Makasih yah udah bantuin publikasi hehehehe

Ifool
Guest

@rara :
yah..setidak2nya ini sebagai penebusan dosa karena saya tidak bisa seaktip kalian dalam mengurus acara ini…

kalo bukan kita, siapa lagi..?
kalau bukan sekarang, kapan lagi..?

halah…

wpDiscuz
%d bloggers like this: