Belajar Vektor [lagi blank…]


Beberapa hari belakangan ini saya sedang keranjingan belajar vector. Sebenarnya sih sudah lama, cuman baru 2 minggu ini saya punya waktu luang di malam hari. Sebelumnya, setiap kali sehabis matahari tenggelam, saya harus mulai bertugas. Eittss…jangan salah sangka dulu, saya tugasnya bukan kayak sodara-sodara kita di Taman Lawang ato Karebosi, itu mah sudah lama saya tinggalkan..halah..!!. surely, tugas yang saya jalankan tiap malamnya adalah tugas mencari lembaran rupiah dengan memanfaatkan kemampuan menggambar. Yup..apalagi kalau bukan menggunakan AutoCAD, dan gambarnya ya tau sendirilah….gak jauh-jauh dari profesi di Taman Lawang, eitss…maksudnya profesi sebagai drafter. Begitulah, saat orang lain asyik terlelap dalam tidurnya, saya malah asyik melotot didepan monitor 15โ€. Yaa…namanya kepala keluarga, tanggung jawab mencari nafkah emang sudah seharusnya ada di pundak saya kan..?,namanya juga mencari sesuap berlian…

Kembali ke laptop..eh, vektor. Awalnya saya terkesan banget sama karya friend-ku nun jauh di Surabaya sana, Helman. Waktu jamannya liga Champion lagi hangat-hangatnya, teman ini sibuk mengganti avatar di Friendsternya dengan foto-foto bintang AC Milan. Hasilnya cakep euy..makanya saya kemudian jadi pengen juga bikin kayak gituan..vektor maksudnya.

Berbekal pengarahan singkat dari Helman, mulailah saya secara membabi katarak (ndak sampe buta) memulai belajar vektor. Pake CorelDraw kayak saran Helman. Hasilnya..?, hancur..!!!!. tapi bukan Ipul namanya kalau langsung patah semangat (trus siapa dong..?). Tahap berikutnya..?, jalan ke Gramedia, cari buku yang membahas tentang vektor dan….baca ditempat. Belum punya duit boss…catat di kepala, pulangnya langsung dipraktekkan…hasilnya ?, masih ancur juga….!!!!.

Nah, minggu lalu setelah kerjaan sampingan (yang kadang-kadang jadi kerjaan utama) udah kelar semua, saya punya waktu luang lagi untuk memulai belajar vektor. Oke deh, perlahan tapi pasti hasilnya mulai meninggalkan status hancur menuju ke lumayan…Hasil pertama yang saya anggap setingkat di atas level hancur langsung membakar samangat di dada yang awalnya memang sudah membara (perang kali yee). Kemudian belajar lagi, dan kemudian merasa sudah cukup bagus. Tapi….setelah melihat hasil kerja orang lain kok masih kalah jauh ya….

Berikutnya, mulai belajar vektor pake Photoshop. Donlot tutorial dari internet, tapi sayangnya pake bahasa Inggris. Mo mina tolong sama istri buat ditranslate, kasian..beliau juga lagi sibuk sama tugas utama sebagai istri dan ibu. Ya sudahlah…raba-raba aja, toh nggak bakal dikemplang sama tuh Tutorial, nggak kayak kalo meraba-raba cewek orang…hehehe..

Sipp…dari hari senin kemarin sudah mulai sibuk-sibuk belajar vektor pake Photoshop. Kadang sampe jam 12 malam…keasyikan. kalau tidak ingat lagunya Bang Oma, โ€œbegadang jangan begadang, kalau tiada artinya..โ€, mungkin saya nggak bakal berenti belajar. Tapi sebenarnya ada artinya juga koq…minimal jadi tau cara-cara yang salah buat bikin sketsa pake vektor…

Oya, gara-gara belajar vektor ini juga salah satu hasil karya saya akhirnya terpasang di pinggir jalan besar di Makassar. Bagi teman-teman yang tau lokasi pembangunan Kalla Tower jalan Ratulangi mungkin sudah pernah liat pagar protek yang dihiasi gambar siluet gedung Kalla Tower. Naaaa…itu dia hasil karya saya…hehehe…narsis dikit ndak papalah…jarang-jarang lho saya narsis..biasanya cuma jalla..(makassar:sombong-red), hehehe…

Oke deh, besok-besok kalau ada kesempatan saya mo beli buku yang banyak tentang vektor ini. Baik yang pake Corel atopun Photoshop. Untuk sementara belajar otodidak dulu deh….see ya..!!

*lagi blank, gak tau mo nulis apaan…*

hasil belajar vektor n trace pake Corel

nah, kalo ini nge-trace pake Photoshop….masih kasar euyy..



About The Author

Leave a Reply

8 Comments on "Belajar Vektor [lagi blank…]"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
| A | d | i | N | k |
Guest
| A | d | i | N | k |

Wuih.. keren!!

yang begituan namanya vektor ya? sudah lamami Sy mau belajar begituan..eh, vektor karena nda PD-ka pasangki poto-potoku di blog.

siap-siap berguru ke Dg Ipul nih ๐Ÿ˜€

Ifool
Guest

@Adink:
samaji alasanta’ cess…sy juga awalnya mau belajar vektor krna tdk PD pasang foto sendiri….
mau belajar…?, bagaimana mungkin…?, membaca saja aku sulit..eh, maksudnya,..sy juga baru belajar..jadi..?, sama2ki’ belajar…:D

vectorize-me
Guest

salam kenal…
bagi2 info ajah, sampai saat ini setahu saya enggak ada buku ttg vector (terutama tracing foto) yang memuaskan.
mendingan belajar sendiri aja. kalo saya pake corelDRAW. yg penting bisa organisasi layer dan tracing dengan pen tools.
semangat terus!
http://vectorize-me.blogspot.com

Ifool
Guest

@vectorize-me
waah…mantafff…keren2 euy hasil kerjanya mas…
mohon diajar yak…?

tengs before..

isnuansa_maharani
Guest

saya juga nggak pede masang foto, tapi masalahnya, saya nggak bisa bikin vektor…

Mohammad Helman Taofani
Guest
Mohammad Helman Taofani

Curve-nya kurang lembut dikit bos. ๐Ÿ˜€

Ifool
Guest

@Helman:
iyya nih Man…masih perlu banyak belajar..sayangnya gw kadang2 kurang tekun, jadinya masih asal2an…
but thanks for your tips…

LieZMaya
Guest

aduh kereeeeeeen banget, pengen belajar, tapi pada peliit ndak mau ngajarin hiks hiks

wpDiscuz
%d bloggers like this: