Anging Mammiri di SCFM

Suasana siaran dengan SCFM

Minggu 16 Januari 2010, Anging Mammiri mendapatkan undangan dari radio Suara Celebes 90,9 FM untuk mengisi acara Community Time, acara ini memang mereka gelar setiap hari minggu mulai jam 10-12. Bintang tamunya adalah wakil berbagai komunitas yang ada di Makassar, online maupun offline.

Minggu itu saya datang bersama Iqko, ?Nanie dan Anbhar di tengah guyuran hujan yang begitu rajin membasahi kota Makassar. Setelah berkenalan dengan kru SCFM kami mulai masuk ke ruang siaran. Sesi pertama dimulai dengan bincang-bincang soal blogger Makassar, mulai dari sejarah pendirian hingga sifat keanggotaan.

Ketika sesi pertama baru saja selesai dan iklan mulai meluncur, di luar cuaca makin tidak bersahabat. Angin kencang diiringi petir menyambar-nyambar, ujung-ujungnya listrik terputus. Seluruh ruangan menjadi gelap gulita sementara di luar hujan, angin dan petir makin menggila. Akhirnya karena pertimbangan cuaca itu siaran dibatalkan. Kami menanti dalam kegelapan sambil menunggu hujan reda. Oleh pihak SCFM kami diminta untuk datang 2 minggu kemudian untuk kembali hadir di acara yang sama.

2 minggu kemudian, atau tanggal 30 Januari saya dan Iqko kembali hadir di SCFM. Kali ini cuaca sangat bersahabat sehingga kemudian pihak SCFM berinisiatif menggelar acara di halaman depan kantor mereka yang jaraknya hanya beberapa meter dari jalan raya yang betul-betul ramai.

Ada enaknya juga sih, suasana lebih santai dan tidak terlalu kaku seperti waktu pertama kali siaran di bilik siar, tapi masalahnya adalah karena suara lalu lalang kendaraan kadang begitu mengganggu, belum lagi konsentrasi yang kadang teralih akibat para pemakai jalan yang lalu lalang. Begitupun, acara tetap berlangsung lancar.

Berbeda dengan pengalaman pertama saat saya masih sangat kaku, kali ini saya jauh lebih rileks. Kalau Iqko, tidak usah dibilang lagi karena toh aslinya dia pernah jadi penyiar radio jadi soal tampil di radio pasti sudah bukan barang baru lagi buat dia.

Sesi pertama diawali dengan perkenalan tentang Anging Mammiri, tentang sejarah berdirinya AM, tentang sifat keanggotaan dan tentang apa saja kegiatan AM selama inim. Acara berjalan lancar, toh apa yang ditanyakan adalah hal-hal yang selama kurang lebih 4 tahun ini sudah sering kami ulang-ulang di berbagai kesempatan.

Ada satu pertanyaan kritis yang dilontarkan sang penyiar tentang sejauh mana kontribusi AM dalam mengajukan saran dan kritik terhadap pemerintahan. Agak susah menjawabnya karena selama ini kami mungkin memang belum sampai pada tahap mengumpulkan ide, saran ataupun kritik yang kemudian diserahkan langsung kepada pihak pemerintah, baik pemerintah kota maupun pemerintah daerah. Selama ini kami di AM hanya menggunakan status kami sebagai blogger untuk berbicara banyak hal soal pemerintahan yang kemudian kami tuangkan di blog masing-masing ataupun di blog Anging Mammiri. Kami belum punya akses ke pemerintah dan memang belum sampai kepada tahap mengkritisi secara langsung tentang kebijakan pemerintah.

Oh ya, dalam kesempatan siaran tadi kami juga terang-terangan mengungkapkan kebanggaan atas prestasi Rara yang berhasil menjalankan tugas sebagai chairwoman pada Pesta Blogger 2010 kemarin.

Menjelang pukul 12, sampailah kami pada puncak acara. Syukurlah bahwa siaran Community Time dengan bintang tamu AM berjalan dengan lancar. Terima kasih kepada SCFM yang sudah mengundang kami sebagai bintang tamu. Sampai ketemu di lain kesempatan.

Happy blogging !!

About The Author

5 Comments

  1. indobrad
    30/01/2011
    • ipul
      30/01/2011
  2. Videotutsy
    30/01/2011
    • ipul
      31/01/2011
  3. rara
    07/03/2011

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: