Ada Yang ON dan Ada Yang Harus OFF

ON OFF ( sumber ; Google )

Postingan ini murni opini pribadi, isinya mungkin tidak tepat tapi sama sekali tidak ada campur tangan pihak lain dan postingan ini tidak mewakili komunitas apapun.

Malam sebelum digelarnya Pesta Blogger Oktober 2010 lalu saya diculik sekawanan anak muda dan dibawa ke salah satu tempat yang saya sendiri tidak tahu pastinya ada di mana. Malam itu mata saya terbuka melihat sebuah realitas yang selama ini tidak begitu saya pedulikan.

Dunia blogsphere di Indonesia ternyata tidak sesederhana yang saya kira selama ini. Sejak mulai ngeblog sekitar tahun 2007 saya hanya memandang blog sebagai tempat untuk menumpahkan isi kepala saja. Cukup sampai di situ, persoalan kemudian saya bertemu banyak teman-teman yang luar biasa, itu adalah bonus.

Tapi ternyata saya terlalu naif. Dunia blog Indonesia tidak sesederhana itu. Ada pergeseran, ada pergesekan dan ada kepentingan di dalamnya. Semua berputar pada dua poros utama, popularitas dan tentu saja materi. Penculikan malam itu menumbuhkan perspektif baru dalam pemahaman saya tentang dunia blog di Indonesia.

Ketika sesuatu berhubungan dengan kepentingan tertentu, maka bisa dipastikan akan ada banyak intrik di dalamnya. Strategi atau apapun itu pasti akan jadi sebuah warna dalam roda perputarannya. Lengkap dengan warna hitam atau putihnya.

Rabu (27/7) kemarin sebuah gerakan baru diluncurkan di Jakarta. Namanya ON|OFF. Terus terang saya tidak paham detailnya seperti apa, di website resminya saya juga tidak bisa mencerna gerakan seperti apa yang ingin mereka sampaikan. Websitenya penuh berisi kalimat berbahasa Inggris dan kebetulan saya bukan orang yang fasih dengan bahasa dari benua seberang itu.

Saya tidak tertarik untuk mencari tahu lebih jauh tentang gerakan itu. Saya lebih tertarik untuk mencari tahu apa yang ada di belakang gerakan itu, terlebih ketika mengetahui kalau ternyata ON|OFF adalah wajah lain dari Pesta Blogger. Pesta Blogger yang formatnya diubah dan [katanya] diperluas cakupannya.

Ada hal aneh yang langsung saya tangkap pada sesi peluncuran ON|OFF. Rara, chairwoman Pesta Blogger 2010 ternyata sama sekali tidak tahu menahu tentang acara itu. Dia sendiri mengaku kalau tahu tentang acara itu dari lini masa di twitter.

Buat saya ini aneh, seorang chairwoman, ketua pelaksana pesta blogger sebelumnya sama sekali tidak diberi tahu kalau acara yang dulu jadi tanggung jawabnya sekarang nama dan formatnya sudah diganti ? Hanya karena masa tugasnya sudah selesai maka dia kemudian tidak dianggap lagi ?

Mungkin memang tidak ada aturan tertulis yang mengharuskan sang EO memberitahu mantan chairwoman tentang perubahan format dan perubahan nama dari Pesta Blogger, tapi pada titik inilah etika berbicara. ?Etika tentang bagaimana kita menghargai hasil kerja keras orang lain, apalagi kerja kerasnya itu juga memberi keuntungan buat kita.

Pesta blogger 2010 sudah terlaksana dengan lancar, meriah dan aman. Kekurangan pasti ada, tidak ada yang bisa memuaskan semua pihak. Saya juga baru sekali itu hadir langsung dalam perhelatan Pesta Blogger dan saya bisa melihat sendiri kerja keras Rara dan timnya selama kurang lebih 7 bulan. Pesta Blogger juga sudah berusaha memberi ruang yang luas untuk ragam komunitas di tanah air, bahkan komunitas Pearl Jam Indonesia juga diberi ruang untuk tampil.

Jajaran Board of Advisor

Saya tidak tahu apa indikasi ketidakberhasilan Pesta Blogger 2010 itu, apa alasan utama sehingga kemudian sang chairwoman sama sekali tidak dianggap, kerja kerasnya dikerdilkan dan bahkan mungkin catatan keberadaannya dalam acara itu diberangus.

Ketika menengok ke website resmi acara ON|OFF saya makin kaget ketika saya mendapati di jajaran Board of Advisor, semua nama chairman Pesta Blogger dari tahun 2007 sampai 2009 ada di sana. Hanya sampai tahun 2009, chairwoman 2010 tidak ada.

Saya kenal Rara sejak tahun 2007, saya tahu dia bukan tipe orang yang mementingkan popularitas atau kepentingan pribadinya. Saya tahu Rara adalah orang yang tulus dalam membangun sebuah komunitas, dan saya juga yakin kalaupun ditawari masuk ke dalam jajaran BoA dia tidak akan serta merta menerima, bahkan mungkin menolaknya.

Bagi saya ini bukan masalah dia masuk ke dalam jajaran BoA atau tidak, itu urusan mereka. Acara itu adalah acara mereka, mereka punya hak untuk memasukkan siapa saja ke dalam jajaran pelaksana dan penasehat. Mereka juga punya hak penuh untuk mengubah nama dan format acara atau mengubah nama akun twitter sesuai nama acara yang baru daripada harus bikin akun baru dan mengumpulkan follower baru. Itu sepenuhnya hak mereka dan tidak ada satu orangpun yang bisa melarang.

Masalahnya hanya ada pada etika dan bagaimana kita menghargai hasil kerja keras orang lain. Titik.

Saya tidak sendirian berpikir seperti itu, banyak juga yang bertanya-tanya. Sayangnya tidak ada penjelasan resmi tentang keputusan kontroversial ini. Di twitter, akun resminya sama sekali tidak memberi jawaban atas pertanyaan itu, yang beredar hanya dugaan atau tudingan saja.

Sudahlah, tak perlu membuang banyak energi untuk urusan yang sebenarnya tidak terlalu penting. Sebagai blogger saya hanya ingin tetap ngeblog, menulis, membagi dan mencatat banyak hal. Persetan dengan popularitas atau gesekan-gesekan tidak penting itu.

Buat ajang ON|OFF, selamat. Semoga niat baiknya – apapun itu – bisa terlaksana. Mengutip kalimat seorang teman, semoga komunitas tidak menjadi komoditas. Memang ada saat di mana sesuatu tetap ON , sementara yang lain harus OFF.

About The Author

Leave a Reply

126 Comments on "Ada Yang ON dan Ada Yang Harus OFF"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
giewahyudi
Guest

Iya absennya Mbak Rara dari list nama itu juga membuat saya kaget tapi saya enggak ngerti sih inti permasalahannya..
Menyimak saja dulu Daeng..
*blogger baru*

aLdyPutRa
Guest

Aduh..

Serem juga ya Daeng..
kerja keras yang ndak dianggap ??
kalo saya no problem..biar orang lain yang menilai..hiihii..

Sampaikan Salam Sabar buat mba Rara ya.. 😀

indobrad
Guest

hmm mau ngomong apa lagi ya? sudah pusing juga 😀
semoga AM tetap terjaga militansi dan kemurnian misinya. itu saja.

nawir
Guest

iyah
semoga tetap militan
karena kita ini adalah anak muda yg aktip dan dinamit :p
#ntar lagi meledak

Hilman
Guest

Gw suka bingung, kalo diluar ada ngga si semacam asosiasi atau perkumpulan blogger? Blogging kan meant to be private/individual. Gw blogging dari 2003 tapi belum pernah sekalipun dateng ke Pesta Blogger. Hehehe.

nawir
Guest

huhuhu
yg bikin saya kaget juga adalah selain tidak adanya nama CP PB2010 itu adalah munculnya beberapa “wajah baru” yg tidak asing,
jadi terpikir, wow.. ternyata…
argh.. sudahlah, ntarlah kita buat mreka bungkam,
#hayuu… bikin event juga 😀 #kompor belum meledak

Adda
Guest

dan hari semakin banyak pertanyaan yang mengusik hati saya.Apa hubungan dari semua hal ini dengan berbagai rumor yang beredar di dunia blogsphere.

melivedder
Guest

sebenarnya ON/OFF itu gera’an oldskool, dulu penerbit buku, satu2nya buku yg diterbitin cuman Dian Sastro for President, aq punya lho bukunya hahaha! *gak nyambung*

n t a n?
Guest

iya baru tau juga saya
😀

n t a n?
Guest

semua nama-nama yg tercantum dalam BoA itu punya saham lah pastinya
kan sudah komersil, ditambah start-up yang menang visinya komersil juga

lebih enak memang tinggal di daerah loh, ndak pusing sama segala macam bloglitik yg terjadi di jekarda. mau ngeblog aja ribet bener, sekarang harus memperhatikan pencitraan juga, kalo konten sih bisa berdasarkan “pesanan”

wani piro?
😀

nawir
Guest

bgitu ji mmg kakak
seperti kalimat yg sudah kita ketahui bersama
“keuangan yang maha kuasa”… :p

n t a n?
Guest

tapi kembali lagi sih yg dipertanyakan sama daeng ipul
etika-nya dimana?

eh tapi bukannya memang sejak dulu sudah gitu ya?
panitia2 PB 2007 juga pada didepak seperti om Wimar, mas BP
😀

DV
Guest

Pernah nonton Bruce the Almighty? Bagaimana repotnya menjadi Tuhan karena Ia tahu segalanya dan harus mempertimbangkan semuanya.

Saya bersyukur menjadi manusia, dan dalam dunia perbloggeran, saya lebih suka menjadi blogger saja yang menulis dan menulis tanpa perlu tau intrik-intriknya karena saya tak mau jadi Tuhan.

Salam kenal, turut prihatin, saya pun mengikutinya di lini massa.
Salam untuk Rara..

Oh ya, salam kenal 😉

daengrusle
Guest

Hmm
Inimi mungkin dibilang ada interest yg sedikit demi sedikit menampakkan wujud aslinya. Ada yg mau membawa PB ke ranah komersial, jelas trlihat di tag nya “ideas meet opportunities”..anyway, itu sih urusan mereka sbnrnya..
Mgk dgn sedikit popularitas mereka merasa bisa menjual ‘massa’ mereka di dunia maya utk dijadikan lapangan empuk utk menggaruk profit.
Soal Rara, sa kira cewek periang itu akan maklum adanya. Secara sudah paham betul bgmana ‘mereka-mereka’ itu bekerja dan bergaul. Setelah PB berakhir, baru beberapa pekan, banyak yg “unfollow” rara di twitter nya kan? So, you see….this not just happen..

indobrad
Guest

bukan beberapa pekan lagi deRus, besoknya juga udah diunfollow =))

gajah_pesing
Guest

On-Off alias Byar Pet (bahasa Jawa)
jadi benar adanya, setelah gebyar-gebyar lalu makpet gak ada kabarnya 😀
salam buat rekan-rekan Angin Mamiri om Ipul gasing

anbhar
Guest

you know lah daeng…
bagi mereka, kalau tidak sejalan yah minggir, klo gk bisa diatur/disetir sesuai keinginan mereka, yah disingkirkan.

Dunia blogsphere kita sekarang ini tidak jauh bedalah dengan keadaan negara kita dengan tingkah politikusnya.

bagi? #kartunama & #amplop dalam #gudibeg

Indonesian Blogger
Guest

Maunya blogger: bisa bikin acara silaturahmi.

Maunya mereka: blogger itu komoditas yang harus diuangkan.
Alhasil, blogger Indonesia terpecah belah, hanya karena mereka itu haus akan uang.

Kalau mereka punya malu, harusnya mereka stop pura-pura jadi malaikat yang ceritanya mempersatukan para blogger, karena pada kenyatannya, mereka itulah *biang* perpecahan komunitas-komunitas blogger indonesia lewat ajang “pesta blogger” yang namanya pun sudah mereka rampas hak ciptanya.

Bodoh sekali blogger-blogger Indonesia bisa dipecah belah oleh orang asing dari negara lain!

sibair
Guest

Mas kok pake anonim sih? kenapa urlnya gak di ikutin? 😀

Tule
Guest

iyo di’ saya juga heran kenapa kakak Rara tdk masuk sbg BoA. Apakah kk Rara tidak gahuul ? Apakah kk Rara kurang populer ? Apakah kk Rara kurang komersil ? Apakah kk Rara kurang cantik & mempesona ? ataukah karna kk Rara perempuan dan BoA lainnya adalah laki-laki ?

pun itu hak mereka, tapi paling tidak kodong kasih ki penjelasan ttg alasan mengapa Chairwoman PB2010 tdk masuk sbg BoA. jangan mi ikut-ikutan kayak politisi yg suka serba kabur. kabur penjelasan dan kabur ke luar negeri …

sekian dan terimakasih

PremanG
Guest

Halaaaaahhh…. keanehan ini sudah saya lihat dan diskusikan dengan beberapa teman sejak PB2008. Kebetulan gak pernah absen tiap ada PB walau hanya sekedar lihat sebentar, lalu pulang dengan berbagai alasan. Oh iyah.., setelah makan ding.
Intinya semuanya bebas berbuat, asal tidak merugikan orang lain, dan tidak melanggar hukum.
Etika? Nurani? Itu mah setelah urusan perut dulu.
Namun… dari situ bisa kelihatan kwalitas manusia yang sesungguhnya.

anbhar
Guest

11-12 ji kualitasnya dengan politikus sekarang yah om premanG 😀

Grandchief
Guest

Tahu Pesta blogger sejak tahun 2009 tetapi tidak pernah ikut datang langsung ke acaranya,apalagi menilik siapa yang ada di dalamnya selama tetap meriah dan menarik,siapapun di belakangnya ikut dukung saja deh 🙂

bukik
Guest

*menyimak saja dulu

unggulcenter
Guest
Wah kalau melihat situsnya sih, orang ngga bakal tau kalau PERNAH ADA PB 2010 loh.. Kalau liat para penasihat itu. Kalau tak ada link ke http://www.pestablogger.com yang isinya masih ada sisa-sisa PB2010, pasti banyak yg bertanya adakah PB2010. Itu.. menyakitkan padahal PB2010 (Saya datang di 2009 dan 2010) itu menurut saya paling oke. Lihat berbagai sisi, mulai yang paling sederhana, yaitu gudibeg (halah).. mantap pisan.. Hanya bisa berharap, kalau etikanya jalan nih. Ga tau ada apa dibelakang itu, mudah2an baik2 saja n para blogger bersatulah. Organisasi apapun, biasanya punya cara menghargai pendahulunya, paling tidak menjadikannya tercatat dalam sejarah organisasi tersebut.… Read more »
niQue
Guest

eh? sudah ramai ginih? tumben!:D
tapi saya bisa merasakan apa yang sedang dirasani teman2 #eh?

dan mungkin, saya juga merasakan apa yg sedang dirasakan Rara *sok tau*
karena saya juga pernah merasakan hal seperti ini
wlo konteksnya sedikit beda *curcol*
memang menyakitkan, tapi begitulah …
keikhlasan Rara dan teman2 di sekitarnya sedang diuji,
tidak mudah, tapi pastilah bisa 🙂
orang2 besar kan pasti bisa berbesar hati.

yang sabar ya semua 😀

niQue
Guest

tulisan ini masuk halaman pertama mbah gugel ya 😀 *komen ga penting*

yons
Guest

Nggak asik neh nggak ada ide yg subversif misal sabotase acr byar pet itu he he :-p

ajengkol
Guest

Lupakan PB lupakan OnOff blogger to blogger dengan kekuatan komunitas bangun kegiatan masing masing dan saling menggandeng lebih terjalin kekeluargaan

efullhanggono
Guest

Setuju 🙂

sevenco
Guest

sudah waktunya ada yg berani mengungkapkan pendapat seperti ini. +1! ya sudahlah, kita serahkan saja pada si empunya acara. berarti selama ini blogger cuma dianggap konsumen buat dijual ke sponsor. ini nih kalo di sunda ungkapannya adalah, “acara aing kumaha aing!”

Kirman
Guest

Saya malah sempat cari-cari info sama om Google, soalnya rasanya Rara pernah jadi Chairperson PB, tapi kok gak ada namanya di BoA. Apa hanya perasaan saya saja gitu ya… 🙂

dentaQ
Guest

“Tidak akan bersyukur kepada Tuhannya, orang yang tidak bisa berterima kasih pada sesama.”

heuran dan sedih

bisot
Guest

ini pasti ada hubungannnya sama ONCLINIC… klinin yg bikin ON terus
#ini sih bener2 spaming hehehehe
gak ada tos sumpah bukan spammernya nih 🙂

dhodie
Guest

Memang tidak elok rasanya menghilangkan “jejak” Rara dkk dalam history ByarPet ini. Tidak elok dan tidak patut.

Semakin saya melihat carut-marut blogosphere, saya malah ingin balik lagi ke niatan saya ngeblog.. buat nulis. Titik. *tolong jangan liat postingan terakhir si saya* :))

Brave posting.. Thumbs up!

Sandhi Asmoro
Guest

Ditunggu mas postinganya,

niQue
Guest

gara2 bilang jangan liat postingan terakhir, malah gatel niy telunjuk ngeliat ke sana, ealahhhh … jadi kapan bikin tulisan nemenin tulisan om daeng ini, dod?

nurikidy
Guest

Darth Vader: If you’re not with me, then you’re my enemy.
Obi-Wan Kenobi: Only a Sith deals in absolutes.

Sandhi Asmoro
Guest

Sundul gan

aRuL
Guest

Biasanya pemilihan chairperson utk pesta blogger selanjutnya dilakukan oleh chairperson sebelumnya… Kalo yang 2011 ngak ya? oh iya, EO punya sih ya.

Mustamar Natsir
Guest

Wah, belum ada tanggapan dari yang bersangkutan. Mungkin blognya dg.ipul:
1. kurang penting,
2. kurang terkenal,

atau, dg.ipul:
1. kurang penting,
2. kurang terkenal.

Tapi saya ndak heran kok. Soalnya saya sempat liat di bawah AC ada beberapa pasang kuping menggantung. Mungkin lagi ngadem. :))

Sandhi Asmoro
Guest

Kalo ngak koment dari yang bersangkutan berarti urat malunya udah putus :p

Sandhi Asmoro
Guest

Saya orang pertama yang tidak akan hadir di acara #ONOFF. Alasanya simpel aja karena berbau asing, Saya blogger nusantara yang anti pihak asing.

Please, jangan racuni kami dengan bahasa dan uang asing.

ais ariani
Guest

*mencoba menyimak*
heleh, ketahuan banget aku ini blogger abal-abal karena banyak gak paham sama apa yang diomongin. aku gak tahu sama apa yang diomongin..aku gak tahu sama apppa yang diomongiiin
*drama*
daeng, aku tertarik membaca ini karena suka sama judulnya, on off; bukankah memang begitu: get some loose some. kek listrik ituloh: dapet jatah. giliran
*heleh.analoginya mangkin ngawur*

btw, boleh gak sih kalau aku jadi bagian yang tidak paham?
😀

niQue
Guest

duh, ais! kamu ini bikin malu saya sajah!!!
mbok lain x tanya2 dulu klo ga tahu,
kasak kusuk gitu loh
kan biar keliatan blogger itu keren2
seperti ……….

ups ini bulan puasa ya? ga jadi deh…

hahahahhahaa ….. hampir aja kelepasan
hampir saja hari ini saya cuma dapet aus dan laparnya duank

xixixixi

Dhymalk DhykTa
Guest

suka dengan kata2 yg terakhirnya daeng”semoga komunitas tidak menjadi komoditas”

sy baru dlm dunia blogging, mencoba menelusuri tulisan2 daeng dulu dan tak lupa sy ucapkan Slamat shaum semog aibadah kita di terima semuanya,amin

Erdien
Guest

Jadi penasaran, ada apa ya?

san
Guest

hmmm dg marowa udah komen, berarti saya ndak perlu komen lagi

almascatie
Guest

Indonesia Timur Merdekaaa!!!

*dilempar mangkuk*

Fadli Idris
Guest

Indonesia Barat idem. hahahaha. Apa website ON|OFF itu?

jarwadi
Guest

wah, aku cuman baca sekilas di twitter ada on off, baru tahu di sini kalau itu adalah lanjutan atau pengganti? pesta blogger …

nich
Guest
Saya juga pernah baca dari linimasa twitter, kalau PB berganti nama jadi ON|OFF. Dan itu langsung saya pelajari, sehingga mulut ini membentuk linkgaran sempuran .. “ooOOoo” Saya pernah ambil ilmu Raditya Dika, tentang “modal menulis itu apa?” Ternyata, dia sarankan, untuk menulis kita cari apa yang membuat kita gelisah. Kita sama-sama blogger, saya gak tahu apa opini abang di atas, dituliskan karena kegelisahan sahaja. Atau memang menuntut sebuah solusi konkrit. Atau mengajak untuk membuat sebuah aksi tolak-tolakan (yang sepertinya selalu saja ada setiap tahun). Ya, pastinya tulisan ini memperkaya pengetahuan saya (karena kemarin gak sampai bongkar-bongkar halaman BoA). Buat Kak… Read more »
rara
Guest

pasti, nich!! hahaha..
lagi mencari2 waktu agar bisa merapat ke Medan lagi, dan kali ini bener2 travelling saja 😀

*numpang chatting di komen ini 😀

suryaden
Guest

#mdrcct

Kaget
Guest

Sepertinya belakangan komunitas semakin membentuk kelompok2. Ko’ jadi mirip partai ya, masing2 punya pendirian berbeda?

Fp
Guest

haduh kasihanilah diriku ..
baru juga mau aktif ternyata sudah dipertontonkan pergesekan-pergesekan..
*mau seperti Hilman aja ah kalau begitu

budiono
Guest

sejak awal saya sudah tidak minat dengan pesta blogger karena sangat kental dengan nuansa pemanfaatan blogger untuk mengeruk keuntungan pribadi penyelenggaranya..

blontankpoer
Guest

kita tunggu 2011 saja. siapa tahu Ollie juga gak masuk me jajaran dewan pemrakarsa. jika demikian, berarti itu memang dunia maskulin. perempuan diharapkan duduk mania di belakang saja. Hahahaha……

dobelden
Guest

ah kenapa pula PB2011 menjadi tidak ada… :((

menjadi malas pun ikutan event penggantinya 🙁

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
Guest

Terima kasih kak Ipul
wawasanku akhirnya sedikit terbuka dengan tulisan ini
setelah sebulan ini kemudian saya dihantui rasa ingin tahu yg besar ttg kegiatan ini, akhirnya saya menemukan jawabannya…
saya hanya berada ditengah kontroversi soal hal ini, namun setelah membaca ini saya kemudian bisa mengambil sikap dengan segala konsekwensi yang tentu akan ada.
sekali lagi, terima kasih

khusus untuk mas angki, terima kasih untuk link-ini

angki
Guest

Terima kasih juga Rahma telah mampir dari blog yang saya tautkan ini.
*daeng akomodasi acara AM yess – nyogok* 😛

angki
Guest

BLOGGER NUSANTARAA…!!!!!
LUAR BIASAAAA

*nyruput rawon*

#latecomment

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
Guest

ga ada yang telat… 😀

sri
Guest

wah bru semapt jalan2 kemari kak, wah gak nyangka mba rara digituin (fans berat) ..protes nih… masa mba rara chairwoman PB 2010 dicuekin (-_-)

Wahyu Alam
Guest

*heh hela nafas*
cerita itu ternyata ada disini! 🙁

wpDiscuz
%d bloggers like this: