50 Fakta Tentang Pearl Jam

Pearl Jam 20

Tidak banyak band yang bisa bertahan selama dua dekade dengan sedikit perubahan personel. Pearl Jam salah satunya. Terasa lebih spesial lagi karena Pearl Jam adalah band yang pada awal kehadirannya diklaim sebagai band beraliran grunge, aliran yang tumbuh di Seattle, Washington.

Grunge pernah sangat populer pada periode tahun 90an dengan beberapa pengusung seperti Pearl Jam, Nirvana, Alice in Chains dan Soundgarden. Selepas kematian Kurt Cobain, genre Grunge perlahan pudar. Para pengusungnyapun perlahan menghilang dari hingar bingar musik rock.

Dua dekade setelah masa jayanya aliran grunge, Pearl Jam ternyata masih ada meski mereka sekarang menyebut diri sebagai rock band. Pearl Jam masih aktif dengan jutaan fans fanatiknya di seluruh dunia.

September 2011, Pearl Jam akan genap berusia 20 tahun. Beragam acara digelar untuk memperingati 20 tahun Pearl Jam, salah satunya adalah peluncuran film dokumenter besutan Cameron Crowe ( sutradara Vanillay Sky, Almost Famous, Jerry McGuire, dll ). Di Indonesia, atas prakarsa ?komunitas Pearl Jam Indonesia film dokumenter ini akan tayang di XXI Epicentrum Walk 20 September nanti.

Sebelum menengok film tersebut, mungkin ada baiknya anda tahu dulu beberapa fakta tentang band asal Seattle ini. berikut ada 50 fakta tentang Pearl Jam :

50. Selepas debut album mereka TEN, Pearl Jam disebut kritikus sebagai band komersil, tapi kemudian terbukti bahwa mereka adalah sebaliknya ketika mereka menolak untuk membuat banyak video klip padahal biasanya video klip dianggap sebagai alat marketing terbaik untuk banyak artis

49. Gitaris Mike McCready lebih memilih bermain “dengan kuping” daripada bertumpu pada teknis. Mike mengatakan kalau dia tidak terlalu peduli pada hal-hal teknis.

48. Sebagai bagian dari Rock the Vote dan Vote for Change bersama pemusik lainnya, Pearl Jam berusaha menarik calon pemilih sebanyak mungkin untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum di AS.

47. Pada tahun 2010, Pearl Jam mengumumkan bahwa mereka akan mengganti rugi atas pengeluaran karbon mereka selama tur Backspacer di tahun 2009 dengan mendonasikan USD 210,000 ?untuk program penanaman pohon di wilayah Puget Sound, Washington.

46. Majalah Rolling Stone menyebut Pearl Jam sebagai band yang menggelar tour secara konstan sekaligus sebagai band yang punya aksi panggung terbaik, mampu menarik fans fanatic, menyamai Grateful Death, penerus jiwa Bruce Springsteen, the Who dan U2.

45. Dalam setiap rangkaian tour, Pearl Jam selalu membuat official bootlegs berisi lagu-lagu yang mereka bawakan dalam tur yang dikemas dalam kualitas tinggi untuk para fans.

44. Dalam rangkaian tour VS (1994) Pearl Jam menetapkan patokan harga tertinggi untuk tiket mereka demi mencegah penyalahgunaan oleh calo.

43. Lagu Jeremy ( album Ten 1992 ) beserta video klipnya terinspirasi oleh kisah nyata di sebuah sekolah menengah atas di AS yang mengisahkan seorang pelajar yang menembak kepalanya sendiri di depan kelas.

42. Stone Gossard ( gitar) dan Jeff Ament ( bass) adalah anggota dari pelopor aliran grunge bernama Green River pada pertengahan tahun 1980an.

41. Jeff Ament, Stone Gossard dan Eddie Vedder muncul di film berjudul Singles sebagai anggota band bernama Citizen Dick.

40. Pearl Jam menyumbang dua buah lagu sebagai soundtrack untuk film besutan Cameron Crowe tahun 1992 itu. Dua lagu yang disumbang Pearl Jam adalah : State of Love and Trust serta Breath.

39. Eddie Vedder mendapatkan inspirasi lagu BUGS dalam perjalanan pulang setelah membeli akordion. FYI, lagu BUGS adalah salah satu lagu Pearl Jam yang “paling aneh”

38. Eddie Vedder sang vocalist mulai bermain rhythm gitar sejak album Vitalogy untuk membuat gitaris Stone Gossard dan Mike McCready mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.

37. Gitaris utama Mike McCready sangat terpengaruh oleh Jimi Hendrix. Salah satu pengaruh besarnya bisa dilihat di lagu Yellow Ledbetter.

36. Chris Cornell sering bermain bersama Pearl Jam di panggung dan tampil atas nama Temple Of The Dog, duet bersama Eddie Vedder. Salah satunya adalah hits berjudul Hunger Strike.

35. Meski Kurt Cobain mengkritik dengan pedas album perdana Pearl Jam berjudul Ten, namun frontman Nirvana itu sempat berdamai dengan Eddie Vedder menjelang kematiannya.

34. Selepas tragedy 9/11 Vedder dan McCready bergabung bersama Neil Young untuk membawakan lagu Long Road dari Merkin Ball EP pada konser bertajuk America : Tribute to Heroes Benefit Concert.

33. Sutradara Tim Burton mendekati Pearl Jam dan meminta mereka mengisi soundtrack filmnya dengan lagu orisinil untuk film Big Fish. Setelah menonton cuplikan film tersebut, Pearl Jam kemudian merekam sebuah lagu berjudul Man Of The Hour yang kemudian mendapatkan nominasi Golden Globe Award. Lagu ini dapat didengarkan di akhir film Big Fish.

32. Pada bulan Juli 2008 Pearl Jam tampil pada VH1 tribute to The Who bersama Foo Fighters, Incubus dan The Flaming Lips.

31. Pearl Jam adalah sedikit dari band asli aliran grunge yang tumbuh di awal 90’an dan masih aktif sampai sekarang.

30. Film documenter yang disutradai oleh Cameron Crow dan berjudul Pearl Jam Twenty akan dirilis sebagai bagian dari perayaan 20 tahun Pearl Jam.

29. Pada tanggal 22 April 2011 Pearl Jam dianugerahi gelar Pelindung Bumi ( Planet Defenders )oleh Rock The Earth karena aktifitas cinta lingkungan mereka dan keseriusan mereka mengurangi emisi karbon.

28. Para penggemar Pearl Jam sering disebut sebagai Jamily.

27. Polling pembaca di USA Today pada tahun 2005 memilih Pearl Jam sebagai greatest American rock band of all time.

26. Tahun 1993, Eddie Vedder ditunjuk sebagai pengarah untuk memperkenalkan The Doors masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame dan menyanyikan lagu seperti, Break on Through ( To The Other Side ), Light My Fire dan Roadhouse Blues.

25. Dalam setiap rekaman Pearl Jam, Eddie Vedder menggunakan nama alias Jerome Turner untuk karya non musical-nya seperti design dan artwork

24. Single paling terkenal dan laris dari Pearl Jam adalah Last Kiss yang merupakan daur ulang dari lagu 1960 karya J. Frank Wilson. Seluruh keuntungan dari single tersebut diserahkan Pearl Jam kepada aksi sosial bernama Benefit for Kosovo yang merupakan pengumpulan dana untuk pengungsi Kosovo waktu itu.

23. Eddie Vedder menyatakan kalau beberapa lirik dari lagu-lagu awal Pearl Jam seperti Alive datang ketika dia sedang asyik berselancar.

22. Eddie Vedder adalah seorang peselancar yang lihai.

21. Music video dari lagu Jeremy dinominasikan untuk 5 award pada MTV Video Music Award tahun 1993, Jeremy memenangkan penghargaan meski harus diputar secara terbatas karena ada bagian yang dianggap mempertunjukkan kekerasan.

20. Pada konser Lollapalooza 2007 Eddie Vedder murka kepada AT&T yang menyensor sebagian ucapan Vedder yang dicetuskannya sebagai bagian dari anti-Bush.

19. Nama lengkap Eddie Vedder adalah Edward Louis Severson III tapi kemudian dia menggunakan nama belakang ibunya : Vedder setelah orang tuanya bercerai.

18. Eddie Vedder menulis soundtrack untuk film Into The Wild yang disutradai oleh Sean Penn yang berkisah tentang kehidupan seorang pemuda bernama Christopher McCandless yang meninggalkan kehidupan nyamannya dan berkawan dengan alam liar. Vedder dan Sean Penn adalah sobat karib.

17. Gitaris Stone Gossard punya label rekaman sendiri bernama Loosegroove records.

16. Drummer Pearl Jam yang sekarang, Matt Cameron juga adalah drummer band Soundgarden.

15. Dulu Eddie Vedder dikenal dengan aksi panggungnya yang liar, termasuk diving dan memanjat kerangka panggung.

14. Pearl Jam pernah berseteru dengan Ticketmaster dan bahkan sampai ke depan pengadilan dengan Stone Gossard dan Jeff Ament sebagai saksi di Washington DC. Mereka melawan Ticketmaster dengan dugaan praktek bisnis penjualan tiket yang tidak etis.

13. Perseteruan dimulai ketika Pearl Jam menemukan fakta kalau Ticketmaster menambahkan servis ekstra pada konser di Chicago. Setelah itu Pearl Jam memulai aksi boikot terhadap Ticketmaster dan menolak bermain di venue yang disediakan oleh mereka.

12. Bassist Jeff Ament terkenal sering menggunakan asesories yang menunjukkan kebenciannya pada mereka yang sok meniru rasta pada konser-konser awal Pearl Jam di tahun 90an.

11. Eddie Vedder besar di Evanston, Illinois sebelum pindah ke California saat remaja.

10. Ketika merilis debut album mereka, TEN ?majalah musik NME mengatakan kalau Pearl Jam berusaha mencuri uang dari kantong penggemar musik alterbatif.

9. Album debut Pearl Jam, TEN diambil dari nomor punggung pebasket Mookie Blaylock. Mookie adalah pemain New Jersey Nets waktu itu.

8. Nama Pearl diambil dari nama nenek Eddie Vedder dan Jam diinspirasi dari penampilan konser Neil Young di mana waktu itu dia nge-jam sebuah lagu selama 15-20 menit. Untuk urusan nama ini ada versi lain yang mengatakan bahwa Pearl Jam diambil dari nama nenek Eddie bernama Pearl yang senang mencampur obat bius ke dalam selai ( jam) nya, tapi di DVD Imagine in Cornice dalam sebuah percakapan Eddie sendiri mengaku bingung darimana asal nama Pearl Jam.

7. Sebelum akhirnya resmi menggunakan nama Pearl Jam, mereka awalnya menggunakan nama Temple of The Dog dan Mookie Blaylock.

6. Eddie Vedder diperkenalkan ke Pearl Jam melalui (mantan) drummer Red Hot Chili Peppers bernama Jack Irons.

5. Sebelum Eddie Vedder bergabung, band menawarkan posisi drummer kepada Jack Irons.

4. Pearl Jam adalah gabungan mantan personil dari dua band bernama Mother Love Bone dan Shadow.

3. Tahun 2006, Rolling Stone menggambarkan Pearl Jam sebagai band yang dengan sengaja menjauh dari popularitas dalam satu decade.

2. Pearl Jam telah berkali-kali menyatakan kalau Alpine Valley East Troy, Wisconsin sebagai salah satu venue favorit mereka.

1. Pearl Jam telah menjual lebih dari 60 juta rekaman di seluruh dunia.

sumber diambil di sini

Informasi tentang penayangan film Pearl Jam 20 di Indonesia dapat dibaca di sini

 

Hail hail Pearl Jam !!

 

Trailer film PJ20

About The Author

Leave a Reply

4 Comments on "50 Fakta Tentang Pearl Jam"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
julie
Guest

wah lengkap nih infonya
saya paling inget lagu Pearl Jam itu yang Last Kiss karena adek saya penggemar berat dan gak tau kenapa sering aja pas dengerin lagu itu 😀

Wan
Guest

good ones!

yoszca
Guest

Wahh,ternyata Daeng Ipul penggemar berat Grunge 😀

nuno
Guest

“TEN” emang album terbaik pearl jam..wah jdi inget msa SMA dlu nihh.
goood post bang..lam knal

wpDiscuz
%d bloggers like this: