Tags: ,

10 Tips Menemukan Ide

Sumber ; http://abduzeedo.com


Tulisan ini adalah sebuah terjemahan bebas dari sebuah artikel yang aslinya adalah artikel milik : Jeffrey Baumgartner, seorang seniman pematung terkenal pendiri jpb.com. Semoga berguna

Dengarkan musik dari Johann Sebastian Bach. Jika music Bach tidak bisa membuatmu lebih kreatif maka sepertinya ada yang salah dengan otakmu. Segera temui dokter atau ahli bedah otak, utamanya jika kamu sering menderita sakit kepala, halusinasi atau mimpi buruk di malam hari.

Brainstorm. Jika dilakukan dengan benar, brainstorm bisa membantu anda bukan hanya muncul dengan banyak ide segar tapi juga memilih mana yang terbaik. Klik di sini untuk tambahan informasi tentang brainstorm (link berbahasa Inggris)

Bawalah selalu catatan kecil dan pulpen atau pencil ke mana saja anda pergi. Dengan cara itu saat anda mendapatkan ide anda bisa segera menuliskannya. Suatu saat nanti saat membaca ulang catatan tersebut maka anda mungkin saja menemukan 90% dari ide anda masih berbentuk draft. Jangan kuatir, itu normal. Yang paling penting adalah sisa yang 10% untuk membuatnya sempurna.

Saat anda kehabisan ide, buka kamus dan pilih kata secara acak. Setelah itu cobalah memformulasikan ide berdasarkan kata tersebut. Anda akan kaget melihat bagaimanca cara ini berhasil. Konsep ini berangkat dari sebuah konsep sederhana tapi selalu benar : jangan membatasi kreatifitas. Tak ada larangan dan aturan baku dalam cara berpikir.

Rumuskan masalahmu. Ambil selembar kertas, netbook, computer atau apa sakja yang bisa digunakan untuk membuat catatan dan mulailah merumuskan masalahmu dengan detail. Anda mungkin akan menemukan ide positif dengan melalukan langkah ini.

Saat anda tidak dapat berpikir, cobalah untuk keluar dan berjalan-jalan. Perubahan atmosfer dan suasana sangat bagus untuk anda. Sebuah latihan terus menerus dan banyak berjalan-jalan dapat membantu merangsang sel-sel otak anda.

Jangan menonton TV. Sebuah eksperiman yang dilakukan oleh JPB Creative Laboratory menunjukkan hasil kalau menonton TV menyebabkan otak pelan-pelan akan meleleh melalui hidung dan kuping anda. Kedengarannya tidak menyenangkan bukan ? tapi itu benar-benar terjadi.

Jangan sentuh narkoba. Mereka yang menggunakan narkoba merasa dirinya kreatif. Bagi orang normal, mereka terlihat seperti pengguna narkoba.

Membacalah sebanyak mungkin tentang berbagai macam topik. Buku melatih otak anda, member inspirasi dan memberikan bayak informasi yang memungkinkan anda untuk menggali ide kapan saja dengan mudah.

Latih otak anda. Otak, seperti juga tubuh butuh latihan untuk membuatnya tetap fit. Tanpa latihan yang cukup otak akan menjadi lembek dan tidak berguna. Latih otak anda dengan banyak membaca ( lihat poin 9 ), ngobrol dengan orang pintar, dan berdebat dengan orang lain. Berdebat dan diskusi bisa menjadi sebuah latihan yang luar biasa bagi sel otak. Tapi ingat, berdebat tentang sebuah topik yang menarik ( misalnya tentang politik atau film ) akan bagus untuk anda, tapi berdebat tentang hal yang remeh temeh hanya membuang-buang waktu

About The Author

Leave a Reply

9 Comments on "10 Tips Menemukan Ide"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
slamsr
Guest

kalo kehilangan ide aku mesti baca-baca apa aja mas
tapi yg paling manjur tadi, MBOLANG dolan kemana aja refreshing

slamsr
Guest

asyemmmm tadi nulis banyak malah kehapus gara gara lupa kasi bukan spamer
males nulis maneh
1. baca buku
2. mbolang, dolan kemana aja

oya, kadang TV juga bikin muncul ide, ide buat mengolok olok acara tv

Debby
Guest

untung saya juga ga suka nonton TV Mas… 😀

indobrad
Guest

hehehe udah baca buku 100 (atau 200? 300?) ide menulis di blog? ada di Gramedia tuh.

niQue
Guest

ooo…
begitu rupanya … *sambil manggut2 ngelus2 dagu yang ga ada jenggotnya* 😛

Makasi tips yap 🙂

rianadhivira
Guest

Jangan menonton TV. Sebuah eksperiman yang dilakukan oleh JPB Creative Laboratory menunjukkan hasil kalau menonton TV menyebabkan otak pelan-pelan akan meleleh melalui hidung dan kuping anda. Kedengarannya tidak menyenangkan bukan ? tapi itu benar-benar terjadi. <—– hahaha untung aku rak pernah nonton tipi mas :). tv indo tayangane rak mutu-mutu hedeeeh

daengrusle
Guest

keren….
eh, kapan terakhir dikau brainstroming dengan daku?

*cari2 kartu anggota AM*

anugrha13
Guest

“Jangan menonton TV. Sebuah eksperiman yang dilakukan oleh JPB Creative Laboratory menunjukkan hasil kalau menonton TV menyebabkan otak pelan-pelan akan meleleh melalui hidung dan kuping anda. Kedengarannya tidak menyenangkan bukan ? tapi itu benar-benar terjadi.”
setuju sekali saya mah…bahkan klo pas ujian pun sy plg anti dgn yg namany tipi hehehe

melivedder
Guest

hahaha sepertinya ada yg salah dengan otakku, gak mudeng dengerin bach!

wpDiscuz
%d bloggers like this: