Menikmati Liburan Sambil Belajar di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (sumber : wikiwisata.com)

Kebun Raya Bogor (sumber : wikiwisata.com)

Tentang kebun raya paling terkenal se-Indonesia

Ada orang Indonesia yang tidak pernah mendengar Kebun Raya Bogor? Rasanya hanya sedikit yang tidak kenal. Kebun Raya Bogor yang terletak di jantung kota Bogor ini memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu tujuan wisata yang paling digemari di kota Bogor. Jika biasanya liburan singkat dihabiskan dengan berwisata ke mall atau pusat keramaian lainnya, maka Kebun Raya Bogor bisa dijadikan pilihan. Alasannya, Kebun Raya Bogor yang sering disingkat KRB memang pantas jadi tujuan wisata karena suasananya yang tenang serta pas untuk sarana belajar bagi si kecil.

Kebun satu ini berada tepat di jantung kota Bogor dan tak jauh dari Istana Bogor. Dibangun pada tahun 1817, kebun ini mendapatkan perhatian tersendiri dari pemerintahan Belanda. Dengan luas kurang lebih 87 hektare, setidaknya ada sekitar 15.000 spesies flora dan fauna yang dibudidayakan. Tak salah bila akhirnya kita akan menjumpai begitu banyak tumbuhan yang terasa asing namun rimbun. Di sini kita dapat belajar dan mengetahui beberapa pohon maupun tumbuhan asli dari Indonesia.

Kebun Raya Bogor sendiri sebenarnya merupakan salah satu kebun raya yang dibangun di kawasan Asia. Berawal dari minat besar Sir Thomas Stamford Raffles akan botani, halaman Istana Bogor pun disulap menjadi sebuah taman. Beliau pun meminta bantuan dari ahli botani bernama W. Kent yang turut serta pula membangun Kew Garden di London. Alhasil, terciptalah taman mungil bergaya Inggris klasik yang kemudian dikembangkan dan menjadi kebun raya saat ini.

Sayangnya memang tak banyak tulisan yang siap menjadi petunjuk untuk para pengunjung. Hal ini pula yang membuat beberapa orang merasa kebingungan untuk menjelajahi kebun raya. Meskipun begitu, tak ada salahnya untuk menjajal sendiri perjalanan wisata ke kebun nan asri tersebut. Setidaknya ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi saat berada di dalam kebun raya. Simak tempat-tempat tersebut di bawah ini:

Monumen Lady Raffles (sumber : lovelybogor.com)

Monumen Lady Raffles (sumber : lovelybogor.com)

Monumen Lady Raffles  

Bila memasuki kebun raya dari gerbang utama, kita akan langsung disambut oleh monumen satu ini. Tak ada yang terlihat terlalu spesial memang saat pertama kali melihatnya. Tapi cobalah untuk melongok lebih dekat, karena di sini kita akan menemukan pahatan puisi romantis. Monuman Lady Raffles di Kebun Raya Bogor dibangun bukan tanpa alasan. Pembuatannya dilatarbelakangi kisah cinta romantis yang harus terpisahkan oleh keadaan.

 

Danau Gintung

Banyak memang kisah mistis yang melatarbelakangi lokasi satu ini, namun tak perlu khawatir. Pasalnya pemandangan yang disajikan oleh Danau Gintung siap membuat hati meleleh. Bagi para fotografer pun, banyak spot menarik yang siap dieksplor untuk memperkaya hasil foto. Di tengah danau saja misalnya, akan dijumpai hamparan Teratai atau Lotus berwarna pink. Di bagian tengah danau terdapat pulau kecil yang memang dikenal mistis oleh masyarakat.

Pemakaman Belanda Kuno

Kesan pertama kali yang ditangkap biasanya adalah suasana sepi. Tak banyak memang pengunjung yang memilih melihat-lihat ke tempat ini, walaupun sekadar ingin tahu. Hanya saja di bagian Kebun Raya Bogor yang satu ini, kita bisa mendapati pemakaman orang berpengaruh dalam pembangunannya. Setidaknya ada nama-nama penting, seperti Heinrich Kuhl dan J.C. Van Hasselt yang kebetulan dimakamkan dalam satu liang lahat yang sama.

museum zoologi kebun raya bogor (sumber : hot.detik.com)

museum zoologi kebun raya bogor (sumber : hot.detik.com)

Museum Zoologi 

Ingin membawa buah hati ke sini untuk belajar sejarah fauna? Jangan khawatir, di bagian dalam kebun raya ini juga terdapat museum zoologi yang siap menjadi guide ilmu pengetahuan. Ada begitu banyak diorama tentang binatang purba dan binatang asli dari Indonesia. Bahkan di salah satu ruangan dalam museum disediakan spot khusus untuk memajang tulang-belulang paus biru. Paus biru merupakan salah satu binatang terbesar di dunia yang memang mengagumkan.

Cara ke Kebun Raya Bogor

Kalau memang tertarik untuk ke tempat ini, alamatnya berada di Jalan Ir. Haji Juanda No.13, 16122, Bogor, Jawa Barat. Pintu gerbang Kebun Raya Bogor hanya berjarak 1 km saja dari stasiun kereta api Bogor, jadi kalau ke Bogor dengan naik kereta, kita bisa jalan kaki dari stasiun Bogor ataupun menumpang angkot.

Nah kalau tinggal di tempat yang jauh dari Bogor, tentunya kita perlu untuk menginap di hotel atau penginapan kan? Pilihan terbaik adalah menginap di hotel Airy Pakuan Bogor. Karena jaraknya lumayan dekat dengan Kebun Raya Bogor, hanya sekira 1,5 km saja. Lumayan kan, bisa jalan kaki sambil olahraga sedikit. Alamat hotel ini berada di Jl. Ciheuleut No. 25, Pakuan, Bogor, 16143.

Kamar hotel Airy Pakuan Bogor (sumber : airyrooms.com)

Kamar hotel Airy Pakuan Bogor (sumber : airyrooms.com)

Harga hotel Airy Pakuan Bogor juga murah loh, hanya 299 ribu saja (tapi harga bisa berubah sewaktu-waktu). Dengan harga yang cukup murah, kita sudah bisa mendapatkan fasilitas wifi gratis, AC, air hangat, air minum gratis, dan harga sudah termasuk sarapan.

Sumber : airyrooms.com

Sumber : airyrooms.com

 

Kalau mau booking hotelnya, tinggal pesan saja via whatsapp atau nomor teleponnya. Dengan begini kita bisa dapat hotel yang dekat dengan Kebun Raya Bogor tanpa perlu pusing masalah biaya akomodasi yang mahal karena booking hotelnya di AiryRooms.

So, sepertinya Kebun Raya Bogor bisa dijadikan pilihan untuk liburan. Entah liburan sendiri, ataupun bersama si kecil. Selamat jalan-jalan di Bogor. [dG]

About The Author

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: