Tags: ,

Catatan Kecil di Tahun 2012

kalender Maya (foto: Google)

kalender Maya (foto: Google)

Ini hari terahir di tahun 2012, seperti biasa saya selalu tergoda untuk membuat catatan kecil di akhir tahun.

Tahun baru hanya soal kesepakatan bukan? Karena hampir seluruh penduduk bumi menggunakan penanggalan yang sama dan kemudian sepakat bahwa satu tahun diakhiri oleh tanggal 31 Desember maka hampir seluruh penduduk bumi kemudian merayakan pergantian tahun tepat di detik terakhir pukul 23:59 di tanggal 31 Desember.

Sayapun akhirnya ikut dalam kesepakatan massal itu. Akhir 2012 saya sudah mempersiapkan diri untuk pergantian tahun. Tepatnya mempersiapkan catatan kecil tentang perjalanan selama 365 hari di tahun 2012.

Catatan ini akan saya bagi dalam beberapa point, point yang menurut saya mempengaruhi banyak perjalanan hidup dalam tahun 2012.

Tentang kehidupan pribadi.

Januari 2012, awal tahun yang penting buat saya. Di bulan pertama tahun 2012 saya resmi melepas status sebagai karyawan setelah 15 tahun berlalu. Langkah yang sangat krusial karena saat melepas status itu jujur saya belum punya pegangan yang kuat. Saya hanya yakin kalau ladang rejeki bukan cuma ada di kantor tempat saya mengabdi 6 hari seminggu dari jam 8 sampai jam 5 sore itu.

Keputusan ini mengundang pro dan kontra, bahkan dalam diri sendiri. Apa yang akan saya lakukan untuk menyambung hidup? Di mana saya harus mencari rupiah untuk sekadar memperpanjang nafas?

Berkali-kali saya menanyakan pertanyaan yang sama. Berkali-kali pula saya seakan menyesali keputusan yang sudah saya ambil. Tapi hidup harus terus berjalan bukan? Tahun sebentar lagi berganti, toh saya bisa tetap bertahan selama ini. Memang saya belum berada di sebuah tempat yang cocok dengan kata kesuksesan finansial tapi setidaknya saya masih bertahan dan bahkan kadang-kadang merasa lebih bebas dan menikmati situasi yang ada sekarang.

Tahun 2012 juga adalah tahun yang menyedihkan ketika sebuah biduk akhirnya terhempas karena sebuah kebodohan. Berat, tapi tidak sekali lagi hidup harus terus berjalan. Ada kesempatan untuk memperbaiki semuanya. Demi masa depan yang lebih baik dan memperbaiki kesalahan tentu saja.

Tentang perjalanan.

Posisi sebagai ketua panitia Kopdar Blogger Nusantara 2012 membuka sebuah pintu baru. Saya jadi punya banyak kesempatan untuk berkunjung ke berbagai kota dalam kaitan sosialisasi ajang KBN 2012.

Malang adalah pembukanya, menyusul kota-kota lainnya seperti Surabaya, Jogja dan Banjar Baru. Saya akhirnya bisa menginjakkan kaki untuk pertamakalinya di tanah Kalimantan meski sayangnya tidak punya banyak kesempatan untuk menjelajahinya.

2012 juga tahun di mana saya makin akrab dengan Jakarta. Entah sudah berapa kali saya ke kota yang dulu tak begitu menarik bagi saya. Program UKD dengan Rujak juga memberi saya kesempatan untuk berkali-kali datang ke Jakarta. Selain itu, beberapa kali juga saya hinggap di Jakarta untuk urusan pribadi.

Tahun 2012 saya tutup dengan perjalanan panjang melintasi 5 propinsi, termasuk di dalamnya berlama-lama di Jogja bersama anak-anak. Jogja sudah jadi kota yang begitu memikat, tak pernah bosan menginjakkan kaki di propinsi ini.

Satu kesenangan juga ketika saya akhirnya menginjakkan kaki di tanah Papua, tepatnya di kota Sorong. Kesempatan ini tidak lepas dari kebaikan hati teman-teman dari Telkomsel yang mengajak saya menyebarkan virus blog di kota Sorong.

Tentang Blogging

Blog dan blogging sudah jadi bagian penting dalam hidup saya. Saya selalu serius setiap kali berbicara tentang blogging. Karena blog juga saya bertemu banyak teman-teman luar biasa dan sekaligus membuka banyak kesempatan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Satu kenangan indah adalah ketika saya dan teman-teman terbaik dari Anging Mammiri merayakan ulang tahun komunitas kami di sebuah pantai yang indah. Selalu menyenangkan bersama mereka, apalagi di sebuah tempat yang tepat.

Mereka adalah orang-orang yang sudah berjuang super keras di belakang kesuksesan acara Blogger Nusantara 2012 di Makassar. Tak mungkin acara berjalan tanpa kerjas keras mereka. Mereka yang tak pernah bertanya: kita digaji berapa untuk event ini? Kalau ada yang bilang saya berhasil, itu karena saya bekerja bersama orang-orang terbaik di samping saya.

Blog daenggassing juga semakin stabil. Tahun 2011 ada 172 postingan, tahun 2012 meningkat jadi 173 postingan, belum termasuk postingan ini. Memang peningkatannya hanya sedikit, tapi yang membuat saya senang adalah karena jumlah kunjungan secara rata-rata naik hingga 3 kali lipat.

Bohong kalau seorang blogger tidak senang melihat ada orang yang berkunjung ke blognya. Ini juga yang saya rasakan. Konsistensi yang tetap terjaga jadi senjata saya untuk membuat blog ini makin kuat. Saya memang selalu serius kalau bicara tentang blog.

Tahun 2013 akan datang sebentar lagi. Apa harapan saya di tahun yang baru? Tak muluk-muluk, saya hanya ingin meneruskan apa yang sudah bagus serta tentu saja memperbaiki apa yang sedang tak baik. Tak ada yang sempurna, tapi setidaknya kita bisa membuatnya lebih baik.

Terima kasih untuk kalian semua yang sudah mewarnai tahun 2012-ku. Tak peduli apapun warnanya.

[dG]

About The Author

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: