Bisnis Online ; Sekarang dan Besok

Bisnis Online ( sumber : Google )

Jaman sekarang, bagi masyarakat di perkotaan Internet sudah jadi bahan pokok kesepuluh. Melengkapi 9 bahan pokok lainnya. Internet ada di mana-mana dan digunakan siapa saja. Perlahan, bisnis online jadi salah satu celah yang dimanfaatkan pelaku Internet.

Suatu hari seperti biasa saya menyambungkan diri dengan internet. Sebuah kebiasaan yang susah untuk dihilangkan, minimal dalam 5 tahun belakangan ini. Satu persatu laman saya kunjungi, sampai akhirnya berhenti di sebuah laman luar negeri yang khusus dibuat sebagai toko online. Satu persatu itemnya saya amati dan kemudian jatuh cinta pada sebuah item yang memang sudah lama saya inginkan.

Pilih barang, ikuti prosedurnya, masukkan nomor kartu kredit dan voila !! Selesai sudah. Beberapa minggu kemudian barang yang saya inginkan sudah ada di tangan. Tak perlu repot ke toko, apalagi item yang saya inginkan memang tidak tersedia di toko manapun di Makassar.

Sekali berhasil, selanjutnya ketagihan. Kali ini bukan cuma laman dari luar, tapi juga beberapa laman dari dalam negeri. Buku, kaos, hingga kamera dan perlengkapannya sukses tiba di tangan saya tanpa ada ritual belanja konvensional yang terlibat di dalamnya.

Itulah bisnis online. Ketika makin banyak orang terhubung ke internet, makin banyak pula yang merasa nyaman dengan interaksi dunia maya yang menghapus kontak mata dan sentuhan fisik. Belanjapun tak perlu capek ke toko dan kadang berdesakan. Semua prosesnya hanya sebatas layar monitor dan papan kunci.

“Dapat uang dari blog itu mudah, asal tahu caranya”

Tagline itu saya temukan di sebuah weblog. Melihat isinya, blog itu memang menawarkan cara mudah untuk menjaring uang menggunakan blog dan internet tentu saja. Itu bukan satu-satunya blog yang menawarkan cara seperti itu. Gunakan Google, tuliskan kata kunci “Bisnis Online” dan akan ada jutaan hasil temuan. Menakjubkan bukan ?

Satu dasawarsa terakhir bisnis online jadi pilihan hidup bagi para praktisi internet. Lupakan bisnis konvensional, internet sudah menawarkan banyak peluang untuk jadi ladang uang yang baru. Ragam bisnisnyapun bermacam-macam, dari yang jualan benda, jualan jasa hingga hanya jualan spot untuk iklan. Selalu saja ada sesuatu yang baru yang bisa dijadikan alat untuk menggarap ladang uang itu.

Lupakan cara lama ketika kita harus masuk ke toko, menyentuh sebuah benda, merasakan teksturnya, mematutnya di kaca dan membayarnya di kasir. Lupakan juga cara lama ketika kita membuka halaman demi halaman sebuah koran, mencari deretan iklan di iklan baris hanya demi sebuah layanan jasa.

Cara itu perlahan akan menjadi cara yang purba.

Toko jaman sekarang sudah banyak berubah. Tak perlu susah payah memacu kendaraan ke toko, tinggal menghubungkan diri dengan internet, bukan laman, pilih barangnya, lakukan transaksi online dan bersabarlah, barangnya akan datang.

Tapi memang tidak segampang itu. Orang Indonesia masih banyak yang tidak percaya pada toko online. Ritual melihat langsung barang yang dimaksud, menyentuhnya, merasakan tekturnya, mencium aromanya dan mematutnya di cermin masih jadi ritual yang susah untuk dilepaskan. Salah satu penghambat bisnis online memang adalah ritual itu. Tapi semua akan berjalan alami, toko online akan jadi pilihan pada waktunya.

Tapi bisnis online juga ibarat pisau yang tajam. Jatuh di tangan koki akan jadi alat membuat masakan yang lezat, tapi jatuh di tangan pembunuh akan jadi senjata mematikan.

Bisnis online dengan segala plus dan minusnya tidak hanya memudahkan orang mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkannya, tapi juga memudahkan orang untuk tertipu. Bukan hanya satu dua orang yang terjatuh pada kenyataan barang yang dipesannya tidak sebagus impian, atau bahkan sama sekali tertipu. Uang melayang, barang tak datang.

Celah selalu ada, dan orang jahat selalu hidup di mana saja untuk mengintip celah kecil itu dan memanfaatkannya. Tapi dunia memang begitu bukan ? Semua punya sisi buruk dan baik, malaikat berbaju putih selalu bersanding dengan setan berbaju hitam.

Bisnis online juga jadi celah untuk mereka yang berniat membantu orang-orang yang mau terjun ke dalamnya. Weblog yang saya sebut di atas salah satunya. Menawarkan cara yang jitu untuk terjun ke dunia bisnis online, termasuk tentu saja bagaimana mensiasatinya agar benar-benar bisa menjadi alat panen di ladang uang.

Selain cara seperti itu, sekolah blog juga sudah hadir. Cara yang mungkin lebih rumit karena ada proses pendaftaran dan tatap muka di kelas, tapi hasilnya lebih bisa dipertanggungjawabkan bukan ? Sekolah blog yang baik adalah yang tidak sekadar mengajarkan cara berbisnis online, tapi juga bagaimana menggunakan etika dalam berbisnis online. Percuma punya toko online kalau cuma menyesatkan konsumen. Ini tentu jadi tantangan untuk mereka yang berniat menularkan cara berbisnis online lewat sekolah blog.

Jaman terus berubah,suatu hari nanti internet akan jadi kebutuhan yang luar biasa besar melampaui apa yang kita bayangkan sekarang. Saat itulah bisnis online akan menghadapi tantangan yang semakin besar dan tentu saja keuntungan yang semakin besar. Hanya yang kuat dan jujurlah yang akan bertahan, karena dunia maya sesungguhnya sangat kejam. Bersiaplah untuk menantikan masa itu.

Tulisan ini diikutkan pada lomba blog yang diadakan oleh Astamedia Group.

About The Author

Leave a Reply

18 Comments on "Bisnis Online ; Sekarang dan Besok"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
giewahyudi
Guest

Sekolah blog? Cukup menarik..
Jika selama ini kita bagaikan bergerak di bawah tanah kelak akan jadi kegiatan resmi..

ndy
Guest

Keren!
Semoga menang ya kakak.. 🙂

ekoikhyar
Guest

semoga memang 🙂 eh iya, toko online itu memang paling simple dan efektif, sewa ruko muahall. di asta di ajar bikin toko online juga kah, kirain cuma blog sama seo saja, kreennn

DeO(daeng oprek)
Guest
Astamedia cukup jeli melihat peluang ini, maka terbentuklah sekolah blog, Dan seperti yg dikatakan bahwa “karena dunia maya sesungguhnya sangat kejam” maka tentu saja saingan bisnis serupa akan ada, misalnya “Sekolah Internet Marketing”, atau ada juga, “Sekolah Meraup Duit di internet”, “atau juga “Virtual Schools of blogging for earn Money”, dan lain-lain, dan lain-lain. bahkan produk dan jasa, juga akan saling bersaing, beruntunglah kalau tidak saling sikut. Dari kesemua hal ini, maka yg bertahan tentu saja yang jujur, bertanggungjawab, penuh dedikasi dan melayani dengan ikhlas. Sebab, dunia ini, meski dunia maya namanya tetap berlaku hukum karma, jika si penipu kali… Read more »
indobrad
Guest

jadi sekolah blog secara offline itu intinya adalah bentuk tanggung jawab terhadap kualitas pelatihan ya. hmmmmmm

taufan punya blog
Guest

terakhir saya mendengar jasa tambal ban online…
apa pun jenis usaha bisa di online-kan…

Asop
Guest

Benar, Bang Ipul, bisnis online itu harus saling percaya. Kepercayaan adalah kata kuncinya. Dan memang butuh usaha keras untuk bisa meraih kepercayaan dari orang banyak.

Dan saya tersentak pas mbaca “…orang jahat selalu hidup di mana saja untuk mengintip celah kecil itu dan memanfaatkannya.” Ups, saya harus waspada akan hal ini dimanapun saya berada. 😐

Lomar Dasika
Guest
walaupun saya juga sudah termasuk orang yang berada di kategori “keranjingan belanja online”, namun ritual menyentuh barang, merasakan, nanya-nanya bawel perlu saya lakukan biar bener-bener puas dan sreg sama apa yang saya beli loh, Daeng. Apalagi kalau benda tersebut harganya mahal. Saya sih lagi keranjingan belanja di eBay. Sistemnya bagus, dia ada mekanisme perlindungan apabila tidak terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli, maka pengadilan eBay akan menyidangkan masalah ini. Keputusan akhir ditentukan oleh mereka, apakah uang dikembalikan atau bagaimana. Namun, saya masih belum bisa membeli elektronik atau benda berharga agak mahal (yang butuh maintenance) secara online. Simpel aja. Saya suka… Read more »
lelakibugis
Guest

salam kk..

tulisannnya mencerahkan, membuka mata akan banyak peluang dalam dunia maya..
saya jadi tertarik membuka biro jodoh online 😀

Mugniar
Guest

Mantap postingannya. Mudah2an menang yah.
Galeri foto ta’ juga bagus2 isinya.
Salam sama ibunya Nadaa
^__^

herlan
Guest

wah barukah masuk di blog ta’ ini daeng gassing, mantap tawwa blog ta’ ini. Semoga kita menang di lomba blog AstaMedia. Berkunjung ki juga nah

Payabo
Guest

Selamat atas terpilihnya Daeng Gassing sebagai pemenang ke-4 kontes bisnis online AstaMedia…

jasa seo 5 besar
Guest
Cheap Search engine optimisation services have come to be extremely fundamental in the promotion of net properties and their goods and solutions. Search engine optimization is actually a procedure that has been created to help you in gaining relevance page placement on Google’s search pages. Exceptionally reliable Search engine optimisation service providers more than particular quantity if time can take your website or weblog for the web page one utopia you need. The Search engine optimization specialists use various tools to attain the top outcomes. A single of newest tools on the shelf is known as the link wheel. The… Read more »
wpDiscuz
%d bloggers like this: