Mari Membantu Mereka Yang Telah Membantu

Sokola Pesisir Mariso

Sekola Pesisir atau Sokola Makassar, sebuah oase di tengah padang bagi warga pesisir Mariso. Selama 10 tahun mereka sudah membantu warga miskin kota di pesisir pantai Makassar untuk bisa mengenal huruf dan memiliki keterampilan. Sekarang mereka sedang kesulitan dan butuh bantuan kita.

Namanya Habibie, tubuh jangkungnya dibalut kulit legam. Tampilannya agak sangar dengan rambut gondrong sebahu. Tapi siapa yang sangka kalau hatinya sangat lembut. Habibie adalah salah satu relawan di Sekola Pesisir atau kadang disebut Sokola Makassar. Selama bertahun-tahun dia mengabdikan hidupnya bersama relawan lainnya membantu anak-anak dan warga pesisir Mariso untuk hidup lebih layak.

Sekolah Pesisir adalah sebuah oase, dia lahir di tengah-tengah pemukiman kumuh di pesisir pantai Makassar tidak jauh dari landmark kota ini, Pantai Losari. Awalnya mereka hanya ingin membantu anak-anak miskin yang tidak sempat bersekolah formal itu agar bisa mengenal huruf, membaca dan menulis. Perlahan-lahan mereka diterima dengan baik oleh warga di sana. Bukan hanya anak-anak kecil yang ikut larut bersama mereka tapi juga anak remaja dan bahkan orang tua yang dengan diam-diam meminta diajarkan tulis dan baca.

Mereka bukan cuma mengajarkan baca tulis, belakangan Sekola Pesisir mulai mengajarkan keterampilan. Komputer, photoshop, membuat kerajinan tangan, dan bahkan fotografi mereka ajarkan kepada anak-anak dan remaja itu. Berharap bisa menjadi bekal mereka untuk hidup lebih layak di masa depan.

Habibie, Salah satu relawan pengajar di Sokola Pesisir

Sekola Pesisir berdiri di atas tanah pinjaman milik seorang warga setempat. Bangunan dari kayu milik mereka adalah sumbangan dari Pertamina. Untuk operasional tiap bulan mereka mendapat bantuan dari Sokola pusat di Jakarta. Sekola Pesisir memang berafiliasi pada Sokola Rimba punya Butet Manurung. Selebihnya mereka memutar roda aktifitas dari sumbangan para sukarelawan.

” Selalu saja ada sumbangan yang bisa membuat kami bertahan hidup,” Kata Habibie.

Akhir tahun 2011 berita tidak mengenakkan menghampiri Sekola Pesisir. Pemilik tanah yang meminjamkan tanahnya berharap mereka bisa pindah secepatnya, sang pemilik ingin mengambil tanahnya kembali. Tak soal apa alasannya, toh itu memang haknya dia. Sekola Pesisir diberi waktu sampai bulan Mei 2012 untuk pindah dan mencari tempat baru.

Sekarang teman-teman dari Sekola Pesisir sedang meretas jalan mengumpulkan donasi untuk membiayai kepindahan mereka. Sempat terbetik niat untuk menutup sekolah itu, tapi warga setempat bersikeras agar mereka tidak pindah, mereka sudah terlanjur jatuh hati pada Sekola Pesisir yang sudah banyak membantu mereka selama ini.

Jaringan komunitas di Makassar sekarang ini sedang berusaha merapatkan barisan, melakukan segala macam cara untuk bisa membantu agar Sekola Pesisir tetap berdiri dan memberi manfaat untuk warga kurang mampu di pesisir Makassar itu.

Bagi anda yang berniat untuk mengulurkan tangan, ada banyak ragam cara. Di antaranya :

Memberikan donasi sukarela kepada mereka melalui akun :

BNI Cab. Mattoangin,

a.n. Andi Sulfiani qq Sokola Pesisir

no. 0243682214

Menyumbangkan pakaian layak pakai anda yang nantinya akan dijual murah kepada masyarakat setempat dan hasil penjualannya akan ditabung untuk penggalangan dana sekolah mereka. Sumbangan pakaian layak pakai anda bisa diberikan langsung ke alamat

  • Sokola Pesisir Mariso di Jl. Nuri lr. 300, no 131, Makassar (a.n Efi Sulfiani di 081355505895,?Habibi?di? 081242249056 dan Imran di 082190358797)
  • Kampung Buku, Komp. CV Dewi, Jl. Abd. Dg. Sirua 192E, Makassar (a.n Anwar Jimpe Rahman, 081342398338)

Membeli produk karya anak-anak Pesisir Mariso berupa kerajinan tangan, buku, foto, lukisan dan film. Info mengenai produk anak-anak Pesisir Mariso bisa menghubungi : Efi Sulfiani (081355505895)

Menyebarluaskan informasi ini ke sanak, kerabat, teman dan handai taulan lainnya.

Memberitahu bos, pimpinan, direksi kantor tempat anda bekerja agar diikutkan kedalam program CSR kantor anda.

Turut hadir dan berpartisipasi pada acara penggalangan dana yang pelaksanaannya akan diumumkan dalam waktu dekat.

Mari luangkan sedikit waktu, tenaga dan mungkin rejeki anda untuk ikut bersama-sama membantu Sekola Pesisir. Bantuan sekecil apapun akan sangat berarti bagi mereka, bagi warga kurang beruntung di pesisir Mariso.

Sekarang saatnya membantu mereka yang sudah membantu. Help Sokola Makassar

?Tulisan lain tentang Sokola Pesisir bisa diklik di sini :

1. Sekolah Pesisir

2. Radioholicz.

 

[dG]

About The Author

3 Comments

  1. ndop
    19/01/2012
  2. indobrad
    19/01/2012
  3. Mugniar
    19/01/2012

Add Comment