Daftar Kecepatan Internet Beberapa Tempat Di Makassar

Karena internet sudah jadi kebutuhan umum orang jaman sekarang, maka tidak heran kalau koneksi internet juga ikut tumbuh di berbagai tempat.

Jaman sekarang sudah umum rasanya kita mencari tempat nongkrong atau tempat bertemu yang menyediakan koneksi internet. Beberapa orang malah menjadikan cafe, warkop atau tempat lainnya sebagai ruang kerja. Tentu karena pekerjaan mereka memang membutuhkan internet.

Selama beberapa bulan ini saya mencoba melakukan inventarisasi terhadap beberapa cafe atau warkop yang menyediakan koneksi internet di seputar Makassar. Ini berawal dari pengalaman ketika saya kesulitan mencari warkop atau cafe dengan kecepatan internet memadai yang mendukung pekerjaan atau kebutuhan saya ketika itu.

Berikut ini adalah beberapa kecepatan cafe yang sudah sempat saya inventarisir.

Cafe Dzaki Pelita Raya

Cafe Dzaki Pelita Raya

#1. Cafe Dzaki Pelita Raya

Cafe ini berada di salah satu sudut Jl. Pelita Raya. Kecepatannya lumayan, ditest sekitar bulan Januari 2013 kecepatan downloadnya 338 Kbps. Untuk nongkrong cafe ini bisa jadi pilihan. Kopi hitamnya yang berasal dari Kalosi enak dengan harga yang terjangkau. Satu lagi, koneksinya menggunakan mikrotik jadi tidak usah berebutan dengan pengguna lain.

Cafe Abbey Road

Cafe Abbey Road

#2. Cafe Abbey Road Boulevard.

Sebenarnya tidak pas di Jl. Boulevard, tapi agak ke dalam di deretan ruko di belakang bank Niaga. Cafe dengan interior penuh dengan memorabilia Beatles ini sayangnya kurang menarik dari segi menu. Dari beberapa deretan menu hanya beberapa yang tersedia. Kecepatan internetnya juga agak menyedihkan. Test pada periode Januari 2013 memberikan hasil download cuma 61 Kbps.

Coffee Lover Jl. Hertasning

Coffee Lover Jl. Hertasning

#3. Coffee Lover Jl. Hertasning.

Tempatnya enak,sebandinglah dengan harga makanan dan minumannya yang lumayan mahal. Kekurangannya hanya pada suara musik yang kadang memaksa kita harus berteriak agak kencang. Kecepatan internetnya juga kurang bisa diandalkan. Hasil test bulan Februari 2013 menunjukkan kecepatan download hanya 95 Kbps.

Yun Kaya Toast Panakkukang Square

Yun Kaya Toast Panakkukang Square

#4. Yun Kaya Toast Mall Panakkukang Square.

Buat nongkrong lama sepertinya kurang asyik karena terlalu ramai. Mungkin bisa jadi pilihan untuk sekadar mampir dan online barang sejam atau dua jam. Tapi koneksinya tidak bisa terlalu diandalkan, kecepatan yang ditest bulan April 2013 hanya menunjukkan angka 40 Kbps.

Dunkin Donuts Sultan Hasanuddin

Dunkin Donuts Sultan Hasanuddin

#5. Dunkin Donuts Jl. Sultan Hasanuddin.

Umumnya Dunkin Donuts, tempatnya enak buat nongkrong berlama-lama. Kecepatannya juga lumayan. Ditest bulan Mei 2013 kecepatan yang didapatkan 188 Kbps untuk download. Satu kekurangannya: Donkin Donuts tidak punya colokan! Jadi kalau batere laptop Anda tidak bisa tahan lama maka ini bukan tempat yang baik untuk berlama-lama.

Kampung Buku Jl. Abdullah Dg. Sirua

Kampung Buku Jl. Abdullah Dg. Sirua

#6. Kampung Buku Jl. Abdullah Dg. Sirua.

Ini bukan cafe atau warkop, tapi perpustakaan. Pertama, lupakan dulu suasana perpustakaan yang dingin dan membosankan. Kampung Buku adalah perpustakaan yang hangat, terbuka dan santai. Di sini kadang ada banyak ide-ide liar yang bertebaran dan siap ditangkap dan direalisasikan. Kecepatan koneksinya? Lumayan. Dicatat sekitar bulan Februari 2013 hasilnya adalah: 407 Kbps.

Hotel Shantika Jl. Sultan Hasanuddin

Hotel Shantika Jl. Sultan Hasanuddin

#7. Hotel Santika Jl. Sultan Hasanuddin.

Ini juga bukan cafe atau warkop, tapi hotel. Kecepatan internetnya juga lumayanlah, cocok buat Anda yang mungkin mau mengadakan kegiatan yang membutuhkan internet. Ketika ditest di akhir bulan Februari kecepatan yang didapatkan adalah: 384 Kbps.

Sementara itu dulu yang bisa saya catat. Sebenarnya ada beberapa cafe dan warkop lainnya yang sempat saya singgahi hanya saja saya lupa mencatat kecepatan internetnya. Daftar ini akan terus diperbaharui sebagai bahan pertimbangan untuk teman-teman yang mungkin butuh koneksi internet. [dG]

 

Silakan Kakak, Dibaca Juga Kakak...

About The Author

One Response

  1. ILHAM HIMAWAN
    15/06/2014

Add Comment