Tags:

Writer’s Block

sumber: praxisinternational.blogspot.com

sumber: praxisinternational.blogspot.com

Sudah belasan menit saya habiskan di depan komputer, satu persatu perangkat lunak saya buka. Tentu saja salah satunya adalah peramban untuk menjelajahi dunia maya. Selain sudah jadi kebiasaan, membuka peramban biasanya sekaligus untuk menstimulasi otak untuk mencari ide apa yang bisa dituliskan. Tapi hari ini berbeda, belasan menit sudah terlewat tapi belum satupun ide yang tersangkut di kepala.

Beberapa hari ini kepala memang sedang kosong, tidak ada ide yang benar-benar menarik untuk dituliskan di blog. Sebenarnya ada sih, tapi temanya tidak sesuai dengan hari. Oh ya, sejak 2 tahun lalu saya sudah menentukan untuk membagi tulisan dengan tema berbeda tiap harinya. Nah ide yang muncul di kepala kebetulan tidak sesuai dengan tema per hari yang sudah saya tetapkan.

Sepertinya orang-orang yang bergiat di dunia tulis menulis memang pernah mengalami masa ketika sama sekali tidak ada ide yang bisa dituliskan. Orang barat menyebutnya writer’s block, entah apa terjemahan bebasnya dalam bahasa Indonesia. Kebetulan pula saya benar-benar menganggap ngeblog adalah pekerjaan utama sehingga tentu saja saya merasa bertanggung jawab untuk terus menjaga ke-update-an dari blog ini.

Ada masa ketika saya benar-benar kehabisan ide dan kemudian memaksakan diri untuk menulis apa saja yang terlintas di kepala dan menjadikannya sebagai postingan. Ketika masa ini datang maka dapat ditebak, hasilnya juga sangat dangkal. Kesan kalau tulisan itu asal jadi pasti bisa langsung terasa kalau Anda mau bersusah-susah membangdingkannya dengan tulisan lain yang benar-benar saya garap serius.

Blogging (dan menulis) bahan bakarnya memang adalah passion. Ketika passion itu ada dan membara maka rintangan sebesar apapun rasanya bisa terlewatkan dengan mudah, tapi ketika passion itu redup maka kemudahan sebesar apapun tidak akan membantu kita untuk bisa menuntaskan satu tulisan yang baik. Hidup mungkin memang seperti gelombang di lautan, ada masa ketika gelombang itu begitu bergemuruh dan ada masa ketika gelombang itu tenang dan nyaris hilang.

Begitulah, tulisan ini harus berakhir sampai di sini sebelum menjadi terlalu panjang dan terkesan bertele-tele. Saya hanya mau bilang kalau hari ini saya sedang berada dalam masa writer’s block alias tidak punya ide untuk menulis apapun sesuai tema hari ini.

Selesai [dG]

About The Author

2 Comments

  1. nengbiker
    30/01/2014
  2. MuchtarAlim
    01/02/2014

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: