Tags: ,

SEO, Pentingkah?

SEO

SEO

Blogger pasti sudah sering mendengar kata SEO meski beberapa di antaranya masih tidak paham apa itu SEO. Sebenarnya seberapa pentingkah SEO itu?

Sejak pertama kali ngeblog, salah satu harapan saya adalah blog ini banyak dikunjungi orang. Syukur-syukur kalau bisa sampai angka ratusan kunjungan per hari meski saya sendiri tidak yakin apa konten di blog ini memang pantas dikunjungi ratusan orang. Bohong kalau saya bilang saya tidak peduli berapa orang yang berkunjung ke blog ini. Saya memang menulis semau saya, tidak peduli pada isu yang lagi hangat atau pada kata kunci yang lagi ramai dikejar orang tapi tetap saja saya merasa senang ketika melihat ada peningkatan dari kunjungan di blog saya.

Saya sudah sering mendengar kata SEO, saya tahu itu adalah kependekan dari Searh Engine Optimization atau optimasi mesin pencari khususnya Google. Tapi pengetahuan saya cuma sebatas itu, saya belum pernah tertarik untuk tahu lebih jauh tentang teknis pengelolaan SEO yang bisa membuat blog atau website kita masuk halaman pertama mesin pencari Google.

Sejak beberapa tahun terakhir ini saya memang mulai menerapkan metode SEO sederhana. Minimal membuat inbound, menggunakan H1, H2 atau H3, menetukan tag dan sebagainya. Benar-benar SEO dasar yang diajarkan oleh teman-teman pegiat SEO. Sampai kemudian dengan beberapa kata kunci tertentu saya menemukan blog ini bertengger di halaman pertama Google, bahkan urutan pertama!

Senang? Tentu saja, saya tidak akan bohong. Menemukan blog kita rasanya (mungkin) sama dengan menemukan nama kita di daftar pemenang sebuah kompetisi. Menyenangkan.

Tapi apakah benar semua itu karena teknik dasar SEO yang saya terapkan? Kata seorang kawan yang memang pegiat SEO, blog ini dapat keistimewaan dari Google sang raja mesin pencari karena usianya yang sudah tergolong tua. Blog ini memang sudah ada sejak 2007, berarti tahun ini memasuki usia 7 tahun. Umur yang mungkin lumayan tua buat mesin pencari, pantas saja dia memberi keistimewaan khusus seperti layaknya kita biasa memberi perlakuan istimewa pada orang yang lebih tua.

Sebab lainnya, kata teman saya lagi- adalah karena blog ini rajin di-update. Katanya, blog yang rajin di-update memang selalu dapat keistimewaan dari Google, apalagi kalau menurut Google isinya bukan salin tempel dan bermutu. Saya memang menjaga keberlanjutan update dari blog ini karena saya sudah menganggapnya sebagai pekerjaan, sebagai hasrat dan bagian dari diri saya. Mungkin sudah jadi anak ketiga saya. Makanya saya selalu tidak nyaman kalau membiarkannya berhari-hari tanpa disentuh atau sekadar ditengok.

Tapi meski rajin di-update saya juga tidak lantas menyebut kalau isi blog ini banyak gunanya. Kebanyakan isinya hanya curhatan tidak penting, atau opini yang tidak berdasar. Saya hanya menulis apa yang ada di kepala saya, kadang kala dengan mengikuti kaidah jurnalistik yang baik tapi lebih seringnya tidak. Jadi saya tidak mau menyebut isi blog ini berguna meski mungkin memang tergolong rajin diperbaharui.

Tapi pentingkah SEO itu? Buat Anda yang mengerjakan web atau blog dengan tujuan mencari uang maka tentu saja SEO penting. Ada jutaan laman di internet, kalau Anda tidak berusaha membuat laman Anda terlihat unik dan cepat ditemukan mesin pencari maka impian menjadikannya ladang uang atau sumber pendapatan tentu hanya tinggal kenangan.

Buat blogger “murni” (saya beri tanda kutip) maka SEO bisa penting bisa tidak. Blogger juga pasti senang menemukan jumlah pengunjung blognya bertambah dari hari ke hari, kecuali mereka yang benar-benar ngeblog tanpa peduli blognya dibaca orang atau tidak. Buat saya pengunjung adalah mereka yang memberi apresiasi dan penghargaan yang ujung-ujungnya membuat saya makin bersemangat untuk mengisi blog ini.

Sampai sekarang saya belum tertarik untuk mempelajari SEO secara lebih mendalam. Saya cukup pada tingkatan dasar saja, mengetahui pola kerjanya dan mengamalkannya secara sederhana. Saya lebih tertarik mencari tahu cara terbaik untuk bisa menghasilkan tulisan yang menggigit, tulisan yang menurut saya bagus seperti tulisan orang-orang yang saya kagumi. [dG]

About The Author

Leave a Reply

4 Comments on "SEO, Pentingkah?"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
whizisme
Guest

Saya juga dasar mempelajari SEO Daeng …
Btw keyword : “design & Creativity” Insyalloh selalu nangkring di blogku 🙂

Anggara
Guest

Ajarin dong mas hehehe

Ade Setiadi Truna
Guest

Iya blog yang berumur (aged) dapat tempat yg spesial di mesin pencari, apalagi search engine (SE) Google. Apalagi merata di semua SE; Bing, Yandex, dan banyak lagi SE lainnya.

Saya sepakat blog ini memang lebih menunjukkan tulisan yg berkualitas dan cukup mengaplikasikan kaidah SEO dasar saja.

wpDiscuz
%d bloggers like this: