Sembilan Tahun

Selamat ulang tahun!

Selamat ulang tahun!

Masih ingat apa yang kamu lakukan ketika berusia sembilan tahun?

Bagi orang seumuran saya mungkin bayangan ketika masih berusia sembilan tahun sudah mulai mengabur. Lupa apa yang dilakukan di umur segitu. Mungkin baru duduk di kelas dua atau tiga SD, sudah cukup besar untuk berpikir logis tapi tidak cukup tua untuk meninggalkan sifat kekanak-kanakan.

25 Nopember 2015 jadi tanggal yang spesial untuk Anging Mammiri dengan Paccarita sebagai ikonnya. Tanggal itu menandai usia kesembilan komunitas blogger Makassar itu. Komunitas yang selama sejak 2007 sudah menerima saya salah satu bagiannya.

Saya tidak ikut membidani kelahirannya, tapi sempat ikut menakhodainya selama kurang lebih tiga tahun. Banyak sekali cerita yang sudah berpendar selama masa sembilan tahun atau delapan tahun sejak saya bergabung di dalamnya.

Sejak saya dipercaya menjadi nakhoda, banyak sekali pintu-pintu baru dan kesempatan-kesempatan baru yang terbuka. Saya tak bisa jadi seperti sekarang kalau saya tidak diterima sebagai bagian dari Anging Mammiri. Apa yang saya dapat sekarang, sedikit banyaknya adalah karena Anging Mammiri.

Sembilan tahun bukan masa yang pendek, tapi juga bukan masa yang cukup panjang. Tergantung dari mana kita melihatnya.

Selama sembilan tahun ada banyak tangan-tangan yang terulur membantu Anging Mammiri berdiri, berjalan dan tetap berjalan. Tahun ini tangan-tangan itu akan bertambah lagi. Anging Mammiri butuh tangan-tangan baru yang lebih segar, lebih kuat dan tentu saja lebih muda.

Selalu ada tantangan dalam sebuah komunitas. Anging Mammiri sudah melewatkan banyak tantangan, dari yang termudah sampai yang terberat yang membawa perpecahan. Tapi semua itu dinamika. Tak perlu melihat ke belakang selain mengambil pelajaran.

Mulai hari ini, Anging Mammiri yang genap berusia sembilan tahun akan memandang jauh ke depan. Tangan-tangan baru yang lebih segar dan muda akan menuntunnya berjalan, lebih tegap, lebih ceria dan mudah-mudahan lebih berguna bagi lingkungan.

Selamat ulang tahun Anging Mammiri, selamat ulang tahun Paccarita. Semoga tahun ini adalah awal yang baru untuk jalan baru yang lebih lebar. Terima kasih sudah menjadi rumah bagi saya selama ini.

Salamakki. [dG]

Silakan Kakak, Dibaca Juga Kakak...

About The Author

4 Comments

  1. roda2makassar
    25/11/2015
  2. nunu
    25/11/2015
  3. bisot
    25/11/2015
  4. Dg. Tyar Ganteng
    26/11/2015

Add Comment