Selamat Tinggal Blog Multiply

Laman Multiply-ku

Sebenarnya kalau dibandingkan dengan Facebook misalnya, Multiply lebih lengkap.

Di milis loenpia senin kemarin (7/8) muncul satu berita yang kemudian langsung ditanggapi banyak orang. Berita itu adalah tentang rencana penutupan blog di layanan Multiply. Berikut laman beritanya: http://www.merdeka.com/teknologi/multiply-tutup-layanan-blognya-ganti-haluan-ke-e-commerce.html

Mulai tanggal 1 Desember mendatang, dengan penuh hormat, kami mengatakan bahwa Multiply tidak lagi melayani jasa layanan blog lagi, ungkap Stefan Magdalinski, CEO Multiply seperti yang dikutip Daily Social (07/08).

Layanan yang mulai diluncurkan tahun 2004 ini sempat populer di jagad internet. Saya sendiri mulai bergabung di Multiply sekitar awal tahun 2007, ketika pertama mengenal dunia blog. Terus terang pertama membuat akun Multiply hanya karena ingin mengunduh lagu-lagu yang dipunyai orang. Untuk mengunduhnya, syaratnya harus punya akun Multiply juga.

Sebenarnya kalau dibandingkan dengan Facebook misalnya, Multiply lebih lengkap. Multiply punya layanan khusus untuk membuat blog, review, album foto, album video dan koleksi lagu lengkap dengan pemutarnya. Ini yang membuat Multiply disukai banyak orang waktu itu.

Saya cukup aktif di Multiply waktu itu. Di sana saya mulai akrab dengan teman-teman dari Anging Mammiri, apalagi karena Multiply juga punya layanan khusus untuk membuat grup dan berinteraksi di sana. Karena Multiply juga saya makin akrab dengan teman-teman di grup Pearl Jam Indonesia dan Panyingkul.

Hampir 2 tahun kemudian, Facebook jadi fenomenal. Dengan deras layanan Facebook membanjiri kanal-kanal di dunia maya dan kemudian jadi favorit di mana saja. Perlahan Multiply mulai ditinggalkan. Masih ada yang aktif di sana, tapi jumlahnya makin sedikit dari hari ke hari.

Awalnya saya juga masih aktif di Multiply. Postingan blog masih saya sandingkan antara blog pribadi dengan blog di Multiply, tapi lama kelamaan itu juga tidak berlanjut lagi.

Awal tahun lalu Multiply mengubah core business-nya. Mereka lebih berkonsentrasi kepada e-commerce atau jadi layanan online shop. Bentuknya secara keseluruhan juga berubah, jadi lebih mirip toko online memang. Ini juga yang jadi alasan kenapa mereka kemudian berniat menutup layanan blognya dan kemudian berkonsentrasi ke layanan e-commerce.

Demikianlah, Multiply akan segera menutup layanan blognya per 1 Desember 2012. Para blogger yang bertahan di Multiply diberi kesempatan untuk menyelamatkan harta mereka sebelum benar-benar ditutup. Selamat tinggal ngeblog di Multiply, terima kasih untuk kenangan yang pernah ada.

[dG]

About The Author

Leave a Reply

2 Comments on "Selamat Tinggal Blog Multiply"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
angki
Guest

Wwaaah sayang banget, etapi aku pake MP buat aplot foto ding 😀

anbhar
Guest

lumayan banyak albumku di multiply, album jadul 😀 pas liat statusnya arham klo mau ditutup MP langsungka buka2 lagi album di sana 😀

koreksi daeng, Senin lalu tanggal 6/8 bukan 7/8 😀

wpDiscuz
%d bloggers like this: