Tags:

Pelajaran Kehidupan dari Linepop

Linepop

Linepop

Ada game online yang sedang marak belakangan ini, khususnya bagi pengguna android dan iOs. Namanya linepop.

Pemandangan saat kopdar komunitas kami sekarang agak berbeda. Dulu sebelum media sosial marak kami kopdar dengan cerah ceria, bertukar cerita dan kadang gosip. Kemudian hadirlah facebook dan belakangan twitter, kopdar kami ditambah satu agenda: mengecek linimasa dan mengobrolkan isinya. Sekarang ada satu tambahan lagi, bermain linepop!

Game online produksi Naver ini lagi trend. Produsen yang sebelumnya meluncurkan paltform chatting bernama Line ini berhasil memikat banyak orang untuk mencoba game linepop. Saya yang awalnya tidak tertarik akhirnya jadi kecanduan juga sebulan belakangan ini.

Tapi saya bukan cuma bermain karena kemudian ada beberapa pelajaran tentang kehidupan yang berkelebat di pikiran saya setiap kali bermain linepop. Apa saja itu? Mari kita lihat.

Jika memberi maka kau juga akan menerima

Untuk bisa bermain linepop kita harus punya tenaga yang digambarkan dalam bentuk hati. Satu hati untuk satu permainan sepanjang 1 menit. Untuk mendapatkan hati ada beberapa cara, ada yang otomatis diberikan oleh linepop sebagai reward atas level yang didapat, bisa ditukar dengan bonus berupa batu rubi dan yang paling sering adalah pemberian dari teman yang sama-sama bermain linepop.

Ada satu cara lagi, ketika memberi hati kepada teman-teman yang bermain linepop maka otomatis cadangan hati kita juga akan bertambah. Ini pelajaran penting bahwa ketika kita memberi kepada seseorang maka sesungguhnya hanya masalah waktu ketika kita juga akan menerima pemberian dari orang lain. Ini sama dengan konsep sedekah yang diajarkan orang-orang bijak bukan?

Ambil resiko dan jangan terlalu lama menimbang

Satu permainan linepop durasinya 1 menit, kita harus bisa bergerak cepat mencocok-cocokkan karakter yang ada dalam permainan untuk mendapatkan nilai tinggi. Waktu 1 menit itu sangat cepat dan kadang tidak terasa. Waktu 1 menit tidak memberi ruang kepada kita untuk berpikir lama menganalisa posisi karakter yang harus dicocokkan. Tetaplah bergerak meski resiko ketidakcocokan tetap ada.

Ini pelajaran penting bahwa dalam hidup setiap ada kesempatan kita tidak boleh membiarkannya berlalu begitu saja. Jangan terlalu lama menganalisa, beranilah mengambil resiko apapun itu.

Fokus dan konsentrasi

Waktu yang singkat, hanya 1 menit itu memang membutuhkan konsentrasi tinggi bila benar-benar ingin mendapatkan angka tertinggi. Memang sih ada beberapa teman yang bisa bermain tanpa berkonsentrasi penuh karena jarinya bergerak secara acak mencocokkan karakter linepop. Tapi saya yakin kalau sebagian besar atlit linepop pasti setuju kalau konsentrasi adalah kunci utama dari permainan ini.

Begitu juga dalam hidup. Ketika menentukan satu tujuan maka berikutnya kita harus fokus dan konsentrasi pada tujuan itu, jangan mudah tergoda dan mengaburkan tujuan utama. Bukan begitu?

Hidup butuh keberuntungan

Skill tinggi bukan jaminan utama dalam permainan linepop. Setiap satu permainan dimulai, karakter akan diacak sedemikian rupa. Di sinilah keberuntungan berperan, kadang kita mendapatkan susunan karakter yang begitu renyah hingga mudah untuk dicocok-cocokkan tapi tidak jarang juga kita mendapat susunan karakter yang begitu sulit untuk dicocok-cocokkan.

Hidup juga begitu bukan? Tidak semua orang pandai dan berkemampuan tinggi itu hidup lebih nyaman dari mereka yang kepandaian dan kemampuannya biasa saja. Usaha keras kadang tidak cukup, kita tetap butuh keberuntungan.

Tidak selamanya kita di atas

Linepop adalah permainan antara kita melawan teman kita. Deretan skor akan diisi dengan nama-nama teman kita beserta nilai yang mereka raih. Ini salah satu penyebab kenapa game ini begitu digemari karena bagaimanapun berkompetisi melawan teman sendiri adalah sebuah permainan yang menyenangkan.

Uniknya karena deretan skor itu akan diatur ulang setiap senin pagi, dan ketika itulah semua pemain akan punya kesempatan yang sama untuk duduk di peringkat teratas. Mereka yang minggu sebelumnya menguasai klasemen bisa jadi akan terlempar di minggu berikutnya. Begitu juga sebaliknya.

Hidup terus berputar, banyak hal yang terjadi di sekitar kita dan itu semua membuat kita tidak bisa berbangga diri ketika berada di atas atau berkecil hati ketika terus berada di bawah. Setiap orang punya kesempatannya sendiri, tinggal bagaimana usahanya dan bagaimana keberuntungannya.

Mungkin saya berlebihan, tapi selama hampir sebulan bermain linepop hal-hal di atas itulah yang bisa saya pikirkan. Mengambil hikmah tentang kehidupan bisa dari mana saja bukan? Bagaimana dengan anda? Sudah bermain linepop?

[dG]

About The Author

9 Comments

  1. okky
    09/01/2013
    • iPul Gassing
      09/01/2013
  2. astridarum
    09/01/2013
  3. nining
    09/01/2013
  4. Kirman
    09/01/2013
  5. fadly biluping
    09/01/2013
  6. greenfaj
    10/01/2013
  7. anbhar
    10/01/2013

Add Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: