Main Forum, Masih Trendkah?

Forum Kaskus

Forum Kaskus

Mantap gan! Cendol gan! Ijo-ijo meluncur gan! Jangan dibata dong gan!

Ada yang tidak akrab dengan kalimat di atas? Minimal pernah mendengarnya? Deretan kalimat di atas itu lekat dengan salah satu forum online terbesar di Indonesia. Apalagi kalau bukan KasKus. Tahun lalu, forum yang berganti domain dari kaskus.us menjadi kaskus.co.id ini sudah mempunyai anggota 3 juta orang lebih. Jumlah yang luar biasa untuk ukuran sebuah forum.

Anak-anak Kaskus memang terkenal militan di mana-mana. Di Makassar sendiri mereka selalu jadi ?biang keributan? dalam arti positif tentu saja. Hati-hati mengundang mereka dalam sebuah acara karena bisa jadi mereka akan datang bergerombol dengan tanda pengenal khusus dan tentu dengan keributan dan kehebohan mereka.

Kaskus adalah contoh forum yang sukses. Entah bagaimana para adminnya mengatur sampai forum itu jadi besar dan bertahan selama ini. Kalau ditanya jawabannya pasti beragam. Selain Kaskus sebenarnya ada banyak forum lain, tapi sebagian sudah almarhum dan sebagian masih bertahan meski tidak sebesar Kaskus.

Pertengahan tahun 2000an, forum memang menjamur di Indonesia. Komunitas Anging Mammiri dulu juga punya forum. Tapi mengelola forum memang butuh konsentrasi dan dedikasi tinggi karena tingkat kesulitannya yang luar biasa. Ini yang kemudian membuat forum Anging Mammiri kemudian mati suri dan akhirnya ditutup. Tidak ada orang yang benar-benar bisa meluangkan waktu untuk konsentrasi mengurusnya.

Jaman ketika media sosial makin mudah dan cepat, forum ternyata masih mendapat tempat meski mungkin jumlah peminatnya berkurang. Nasibnya sama seperti blog, sama-sama produk awal internet yang dapat tantangan berat dari produk terbaru lainnya.

Menurut Wikipedia, cikal bakal forum sudah ada sejak tahun 1970 meski forum pertama yang dibuat adalah tahun 1994 tentu dengan model yang sangat sederhana. Perjalanan hampir 20 tahun tentu membuat forum makin sempurna dengan beragam aplikasi dan penyempurnaan. Termasuk penyempurnaan aturan di dalam forum itu sendiri.

Saya sendiri tidak terlalu sering bermain forum. Masalah utama adalah di waktu. Kalau ingin aktif di forum tentu butuh waktu yang panjang supaya bisa konsentrasi. Beragam thread di sana biasanya sangat menggoda untuk dikomentari atau sekadar dibaca. Ini yang menjadi masalah bagi saya sehinga memilih untuk tidak terlalu sering berlama-lama di forum.

Padahal dulu saya ikut beberapa forum, termasuk yah..forum dewasa yang sekarang sudah almarhum. Forum sepakbola dan tentu saja Kaskus juga saya ikuti. Khusus untuk Kaskus, entah sudah berapa juta rupiah uang saya yang disedotnya. Tahu sendiri, sub forum jual beli Kaskus memang menggoda. Barang-barangnya banyak yang aneh, unik dan tentu saja murah. Sekarang saya tidak berani membuka forum jual beli Kaskus karena sadar keuangan sedang tidak longgar.

Di jaman ketika Indonesia siap memilih presiden baru, forum online ternyata masih ada. Keramaiannya mungkin tidak sama lagi seperti dulu, tapi forum tetap jadi bagian penting dalam dunia internet. Entah sampai kapan dia akan bertahan, mungkin sama seperti blog. Tetap ada meski jumlah aktifisnya makin kurang. Ngomong-ngomong, anda main forum juga?

[dG]

Silakan Kakak, Dibaca Juga Kakak...

About The Author

3 Comments

  1. Khalid Mustafa
    19/02/2013
  2. shinta
    10/09/2014
  3. ziuma
    04/10/2014

Add Comment