Bukan Saweran Dangdut

Saweran Sosial

Saweran Sosial, bukan saweran dangdut

Pernah menyawer? Tahu kan kalau menyawer atau saweran bukan semata milik panggung dangdut saja?

Pernah menonton pertunjukan dangdut dalam sebuah acara kecil? Maksudnya acara dangdutan yang bukan sebuah konser. Di beberapa daerah di Indonesia, pertunjukan musik dangdut adalah sesuatu yang dinantikan. Musik yang akrab dengan golongan menengah ke bawah Indonesia itu jadi primadona dan salah satu opsi untuk melupakan beragam masalah. Berjoget bersama dalam alunan musik yang menghentak dan memberi semangat adalah cara paling pas melonggarkan pikiran dari banyak masalah. Itulah kenapa pertunjukan dangdut di daerah pinggiran kota dan pedesaan selalu dinantikan.

Dari sebuah gelaran musik dangdut, satu hal yang juga selalu hadir adalah kebiasaan menyawer. Istilah ini berasal dari dialek Melayu Jakarta, artinya: meminta uang kepada penonton atau penonton memberi uang kepada pemain (pada pertunjukan keliling, seperti kuda kepang, topeng). Dana dari kegiatan menyawer itu disebut saweran.

Kata saweran awalnya memang lebih akrab dengan pertunjukan seni keliling, termasuk pertunjukan musik dangdut. Namun, perlahan kata ini mulai bergeser bidang-bidang lain. Saweran mulai diartikan sebagai dana yang dikumpulkan oleh banyak orang untuk beragam keperluan, dari yang sekadar senang-senang sampai yang bermakna sosial.

Pergeseran makna saweran ini juga digunakan oleh sekelompok warga Indonesia untuk membentuk sebuah platform website bernama saweransosial.com. Website ini merupakan sebuah platform fundraising berbasis website. Platform ini dibuat untuk memudahkan para relawan maupun komunitas dalam menggalang dana. Ini merupakan salah satu strategi fundraising, atau pengumpulan dana.

Di Indonesia ada banyak NGO atau komunitas yang konsen pada kegiatan-kegiatan sosial. Sebagian besar dari mereka punya masalah dalam pencarian dana, sulit menjaring para donatur yang mau mengulurkan tangan dan membantu pendanaan mereka. Masalah inilah yang coba untuk dicari pemecahannya oleh website saweransosial.com (SS).

Dari namanya sendiri saweransosial.com hanya digunakan untuk menggalang donasi yang sifatnya sosial kemanusiaan. Di dalamnya ada beberapa kategori seperti sosial, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan bencana alam. Kategori tersebut untuk mempermudah siapapun dalam membuat “project sosial”. Siapapun bisa ikut berpartisipasi, membuat sebuah gerakan atau proyek sosial dan kemudian menggalang dana dengan menggunakan platform ini.

Ada banyak proyek sosial yang menanti uluran tangan

Ada banyak proyek sosial yang menanti uluran tangan

Mereka yang membuat proyek sosial dan penggalangan dana di website SS akan melalui proses verifikasi dan assesment. Pihak SS akan mengumpulkan data yang mendukung kebenaran dari pembuat proyek dan penggalanan dana tersebut. Setelahnya, proyek sosial dan penggalangan dana tersebut baru bisa ditayangkan di website SS. Selain itu, para penggalang dana diharuskan membuat laporan perkembangan progress dan penggunaan dana sebagai pertanggungjawaban kepada para donatur.

Untuk setiap donasi yang terkumpul, Saweran Sosial mengenakan biaya administrasi sebesar 5%, kecuali untuk kategori bencana alam dan darurat medis (0%). Sebagai social enterprise, Saweran Sosial menggunakan fee ini sebagai penunjang kebutuhan operasional.

Sementara itu untuk para donatur, langkah-langkahnya dipermudah. Dimulai dengan memilih salah satu proyek sosial atau penggalangan dana yang ingin dibantu, lalu kita akan masuk ke salah satu halaman. Klik IKUT DONASI dan lalu masuk ke halaman untuk mengisi jumlah donasi dan nama bank tempat transfer. Semudah itu.

Gotong royong dan tolong menolong sebenarnya sudah ada dalam darah kita orang Indonesia, turun temurun dari generasi ke generasi. Sayangnya, perubahan dunia juga sedikit banyak menggerus kebiasaan itu, membawa kebiasaan lain yang lebih individu dan ego sentris. Apa yang dilakukan oleh paltform saweransosial.com ini sedikit banyak berusaha mengembalikan kebiasaan itu. Sebuah crowfounding Indonesia yang bisa menjadi alternatif pengumpulan dana.

Sesuai dengan tagline mereka; Bersama, semua jadi mungkin. Karena saweran bukan hanya untuk panggung musik dangdut, saweran pun bisa untuk membantu mereka yang sedang kesusahan. [dG]

Lebih lanjut tentang Saweran Sosial bisa dicek di sini, atau di kontak mereka: Jl. Sulawesi No.3, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16421. Phone (021) 22910698

Silakan Kakak, Dibaca Juga Kakak...

About The Author

Add Comment