Tutorial Selective Color di Photosop

Contoh foto yang diolah dengan teknik Selective Color

Pertama saya minta maaf dulu kalau saya lancang membuat tutorial Photoshop di tengah tingkatan ilmu yang masih cetek ini. Sekedar ingin berbagi sebuah tips sederhana yang saya tahu. Mudah-mudahan berguna.

Tips berikut ini adalah tips bagaimana membuat selective color. Selective color sendiri bisa dimaknai sebagai sebuah proses di mana kita memberi warna yang lain pada fokus sebuah foto dari warna-warna lainnya yang ada di sekitarnya.

Lihat foto di atas. Aslinya foto itu adalah foto berwarna yang saya ambil di kawasan kota lama Semarang, setelah dioprek menggunakan teknik selective color warnanya menjadi separuh BW separuh color.

Oke, mari kita mulai proses pengerjaannya.

Gambar 1

Buka Photoshop anda, pada kasus ini kebetulan saya menggunakan Photoshop CS.4 (dan yes, bajakan). Setelah terbuka anda bisa memulai membuka file yang ingin dioprek dengan teknik selective color.

Mengaktifkan Channel Mixer

Nah, setelah bahan siap kita mulai dengan memilih channel mixer pada gambar yang ada di tab layer sebelah bawah.

Mengubah channel warna

Hasil setelah mengubah channel

Hasil setelah channel mixer

Setting channel menjadi monochrome dan sesuaikan kepekatannya sesuai selera.

Memulai proses masking

Setelah itu kita mulai proses masking. Kembali ke tab layer, di sana sudah ada dua layer. Layer background berisi gambar asli dan layer channel mixer yang fungsinya mengubah foto menjadi BW.

set color

Sekarang aktif di mask layer channel mixer. Siapkan brush dan jangan lupa untuk mengeset warna menjadi hitam sebagai foreground dan putih sebagai background.

Proses masking

Setelah siap, mari kita mulai proses masking. Sapukan kuas ke seluruh bagian becak yang mau dijadikan sebagai fokus dan dikembalikan warnanya. Ingat, lakukan dengan hati-hati supaya warna tidak ke mana-mana. Kalau perlu melakukannya pada bidang yang detail mainkan zoom-nya. Jangan lupa juga untuk mengatur besaran kuas sesuai bidang yang diinginkan, tekan [ dan ] untuk mengatur besaran kuas.

Dan voila !! selesai sudah.. Anda sudah mendapatkan foto yang kelihatan berbeda dari foto biasa. ?Perlu saya tegaskan kalau cara di atas memerlukan ketelatenan dan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang sempurna, detail dan sesuai keinginan. Bila sudah selesai anda bisa menambahkan efek dengan mengubah brightness/contrass, level, atau Sharpen. Terserah kreatifitas anda saja.

Dan oh ya, cara ini juga hanya salah satu cara dari sekian banyak cara untuk membuat foto dengan teknik Selective Color. Kalau ada waktu lagi, saya akan mencoba membagi tips dan trick Photosop lainnya.

Itupun bila tidak ada yang keberatan.

Silakan Kakak, Dibaca Juga Kakak...

About The Author

3 Comments

  1. indobrad
    21/01/2011
  2. Zippy
    21/01/2011
  3. miyanto yanto
    19/05/2012

Add Comment